14 Makanan Mengandung Purin Tinggi, Penderita Asam Urat Wajib Tahu

Senin, 02 November 2020 18:44 Penulis: Puput Saputro
14 Makanan Mengandung Purin Tinggi, Penderita Asam Urat Wajib Tahu
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Asam urat menjadi salah satu penyakit yang selama ini identik diderita orang dari golongan usia lanjut. Meski begitu, ternyata asam urat bisa dialami siapa saja tak memandang usia. Oleh karena itu, penting untuk menghindari penyebab asam urat, salah satunya makanan mengandung purin tinggi. Pasalnya, makanan dengan kandungan purin tinggi bisa jadi pemicu asam urat.

Asam urat merupakan rasa nyeri yang kerap muncul di area persendian. Tak hanya nyeri, sakit akibat asam urat juga bisa sangat mengganggu. Asam urat bisa kambuh saat kandungan purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Itulah sebabnya kita harus menjaga asupan purin dalam tubuh. Caranya, dengan menghindari jenis makanan tertentu. Makanan apa sajakah itu?

Dilansir dari liputan6.com, berikut ini beberapa jenis makanan mengandung purin tinggi.

 

1. Daging Ayam

Daging ayam jadi salah satu sumber protein yang cukup populer dan banyak dikonsumsi. Siapa sangka, ternyata daging ayam juga termasuk dalam jenis makanan mengandung purin tinggi. Kandungan purin pada daging ayam terletak pada bagian dada serta kulit. Bahkan, dalam daging ayam terdapat setidaknya 175 mg/100 gram zat purin.

 

2. Daging Merah

Selain daging ayam, daging merah juga jadi favorit banyak orang. Sayangnya, daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda, juga mempunyai kandungan purin yang tinggi. Jadi, penderita asam urat perlu membatasi jumlah konsumsi daging-daging tersebut.

 

3. Seafood

Siapa yang tak suka seafood? Olahan laut ini begitu lezat dan nikmat. Di balik kelezatannya, olahan seafood juga perlu dibatasi jumlah konsumsinya. Sebab, bahan olahan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi juga tinggi kandungan purin. Mengonsumsinya secara berlebihan bakal memicu kambuhnya asam urat.

 

4. Jeroan

Oleh masyarakat Indonesia, jeroan biasa diolah jadi berbagai jenis masakan. Bahkan, berbagai olahan jeroan tak kalah nikmat dengan daging. Namun, selama ini jeroan memang terkenal tidak menyehatkan karena bisa picu kolesterol. Ternyata, selain kolesterol sejumlah jenis jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal juga bisa memicu asam urat.

 

5. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer. Sayuran yang diambil bagian daunnya ini sering diolah jadi berbagai menyehatkan. Dikenal bernutrisi, ternyata mengonsumsi bayam terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan. Sebab, bayam juga tergolong makanan mengandung purin tinggi.

 

6. Kembang Kol

Selain bayam, kembang kol juga termasuk makanan mengandung purin tinggi. Padahal sayuran yang satu ini juga tergolong populer dan banyak penggemar. Dalam 100 gram kembang kol terdapat setidaknya 51 gram purin.

 

7. Jamur

Punya rasa yang enak dengan tekstur kenyal yang khas, jamur juga jadi salah satu bahan masakan favorit. Jamur banyak diolah jadi berbagai jenis masakan. Jamur memang mempunyai banyak jenisnya, tapi rata-rata dalam 100 gram jamur terdapat kurang lebih 12-17 gram purin. Jadi, penderita asam urat tetap harus waspada saat mengonsumsi makanan yang satu ini.

 

8. Asparagus

Asparagus dikenal sebagai sayuran kaya akan nutrisi. Dalam asparagus terdapat kandungan folat dan kalium yang baik untuk sel darah merah. Sayangnya, asparagus juga termasuk dalam daftar makanan tinggi purin. Setidaknya, terdapat 23 gram purin dalam 100 gram asparagus.

9. Durian

Durian terkenal akan rasanya yang legit dan aromanya yang menyengat. Buah yang dijuluki rajanya buah-buahan ini punya banyak sekali penggemar. Jika kalian salah satu penggemar durian, sebaiknya kalian mulai berwaspada. Jangan terlalu mengonsumsinya terlalu banyak. Sebab durian juga mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi. Selain itu, durian juga disinyalir bisa sebabkan sejumlah penyakit seperti stroke, penyakit jantung, radang, serta hipertensi.

 

10. Nanas

Tak hanya dimakan sebagai buah, nanas juga sering dimanfaatkan jadi bahan masakan. Rasanya yang asam menyegarkan memang cocok dipadukan dalam sejumlah masakan. Akan tetapi, buah nanas mempunyai kandungan alkohol yang cukup tinggi. Saat alkohol itu terfermentasi, risiko asam urat akan meningkat.

 

11. Nangka

Selain durian dan nanas, nangka juga termasuk buah-buahan yang tinggi kandungan purin. Sehingga, perlu dibatasi jumlah konsumsinya oleh penderita asam urat. Tidak saja dalam bentuk buah, sebaiknya penderita asam urat juga menghindari konsumsi olahan nangka, seperti keripik hingga gudek.

 

12. Olahan Kedelai

Kedelai jadi salah satu sumber protein nabati yang populer. Hampir setiap hari masyarakat mengonsumsi produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Dikenal sebagai makanan menyehatkan, ternyata olahan kedelai juga perlu dihindari penderita asam urat karena tinggi akan kandungan purin. 

 

13. Alkohol

Alkohol diketahui bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Ternyata, selain merusak organ dalam alkohol juga bisa jadi pemicu kambuhnya asam urat. Pasalnya minuman beralkohol seperti bir juga mengandung banyak purin.

 

14. Susu Tinggi Lemak

Produk susu tinggi lemak seperti susu murni atau es krim, sebaiknya juga dihindari penderita asam urat. Pasalnya, susu dengan kandungan lemak tinggi juga mengandung purin yang cukup tinggi. Artinya, mengonsumsinya secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko asam urat.

Itulah beberapa jenis makanan mengandung purin tinggi. Hindari dan kurangi konsumsinya agar asam urat tidak kambuh, sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI