Nggak Hanya Spaghetti, Ini 10 Jenis Pasta yang Paling Terkenal di Indonesia

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

Nggak Hanya Spaghetti, Ini 10 Jenis Pasta yang Paling Terkenal di Indonesia
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Bagi kalian pecinta kuliner, tentu saja sudah nggak asing lagi mendengar pasta. Makanan khas Italia ini memang selalu menggoda selera dengan cita rasa yang siap menggoyangkan lidah. Dibuat dari campuran tepung terigu, telur, minyak zaitun, serta garam, pasta dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Cara membuat pasta sendiri hanya dengan direbus dan dimasak menggunakan saus tertentu. Tak heran ya, jenis makanan ini hampir disukai di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa jenis pasta sudah familiar di Indonesia dan sudah sering kalian nikmati di restoran khas Italia atau dengan membuatnya sendiri di rumah seperti jenis pasta spaghetti. Nggak hanya spaghetti, ternyata pasta mempunyai berbagai jenis yang terkadang membuat kalian bingung membedakannya. Nah, supaya nggak bingung ataupun salah pesan menu di restoran, kalian juga harus mengetahui bentuk dan nama-nama pasta. Daripada penasaran, berikut ini sederet jenis pasta yang paling terkenal di Indonesia supaya nggak bingung lagi membedakannya.

1. Spaghetti

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jenis pasta pertama yang paling populer di Indonesia yaitu spaghetti. Bahkan, tak hanya terjual di restoran-restoran ternama, kalian juga dengan mudah menemukan spaghetti instan yang bisa kalian masak sendiri di rumah. Spaghetti sendiri mempunyai bentuk yang panjang, tipis, serta padat.

Pada umumnya, spaghetti juga menyerupai bentuk mie pada umumnya, tak heran jika kebanyakan orang menyebutnya mie dari Italia. Salah satu olahan spaghetti yang paling terkenal yaitu spaghetti Bolognese dimana adanya tambahan topping berupa saus daging cincang dengan taburan keju parut di atasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Makaroni

Jenis pasta yang tak kalah populer selanjutnya yaitu macaroni. Macaroni sendiri merupakan jenis pasta kering yang dibuat dari gandum. Macaroni ini bisa berbentuk lurus atau melengkung dengan lubang di bagian tengahnya. Macaroni biasanya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju atau dijadikan isian sup.

3. Fettucine

Fettucine yang berarti pita kecil ini menjadi salah satu jenis pasta yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Fettucine sendiri memiliki ciri khas sama seperti kwetiaw dimana memiliki bentuk mie pipih yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu. Fettucine juga memiliki ukuran yang tebal dan umumnya dihidangkan bersama taburan daging atau carbonara bersama topping saus tomat.

4. Lasagna

Jenis pasta yang perlu kalian ketahui selanjutnya yaitu lasagna. Meski mempunyai bentuk yang berbeda dengan pasta lainnya, jenis pasta ini tak kalah nikmat dan wajib kalian coba. Lasagna sendiri mempunyai bentuk yang lebar dan datar dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm. Pasta ini juga mempunyai ciri khas lainnya yaitu disusun hingga 7 lapis. Jenis pasta ini berisikan daging, dengan saus tomat.

5. Fusilli

Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya. Fusilli bisa dijadikan pasta, campuran sup, hingga digoreng dengan taburan serbuk cabai. Nggak perlu khawatir, kalian bisa menjumpai jenis pasta ini sangat mudah.

6. Penne

Berbeda dengan fusilli, jenis pasta penne merupakan salah satu pasta yang berbentuk tabung dan berbentuk seperti pena sesuai dengan bahasa latin penne yang berarti pena. Penne juga biasanya diolah menjadi saus krim dan kacang polong. Penne sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera.

7. Farfalle

Jenis pasta farfalle juga menjadi salah satu pasta yang memiliki bentuk unik seperti kupu-kupu atau dasi kupu-kupu. Farfalle dapat diolah menjadi salad dengan campuran sayuran, daging atau ayam dengan saus bening ataupun saus kental. Selain itu, dapat juga diolah menjadi hidangan pasta dengan saus krim atau tomat.

8. Angel Hair

Angel hair menjadi jenis pasta yang sering disebut spaghetti. Padahal hal ini sangat berbeda dari segi adonan maupun penyajian. Cara membedakannya yaitu, angel hair mempunyai bentuk yang lebih tipis dan tidak kenyal seperti spaghetti. Namun, karena bentuknya yang tipis, maka hanya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mengolah angel hair hingga matang.

9. Ravioli

Selanjutnya, ravioli merupakan jenis pasta yang terdiri dari isian yang diselimuti adonan pasta tips seperti pangsit. Ravioli umumnya berbentuk bujur sangkar, meskipun bentuk lain juga digunakan, termasuk lingkaran dan setengah lingkaran. Selain itu, ravioli biasanya akan dihidangkan bersama hidangan laut atau bisa juga dijadikan ini sup.

10. Vermicelli

Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Secara literal, namanya berarti cacing kecil. Vermicelli sendiri adalah jenis pasta yang mirip dengan spageti. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan pendek. Pasta jenis ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan sebagai tambahan dalam isi sup.

Itulah sederet jenis pasta yang populer di Indonesia. Kira-kira jenis pasta mana nih yang belum kalian coba?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending