Tak Disadari, Ini 11 Manfaat Jengkol Beserta Kandungannya yang Baik Bagi Kesehatan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Tak Disadari, Ini 11 Manfaat Jengkol Beserta Kandungannya yang Baik Bagi Kesehatan
Manfaat jengkol (credit: flickr.com)

Kapanlagi.com - Jengkol atau memiliki nama lain jering, merupakan salah satu jenis tumbuhan polong-polongan. Dan menjadi salah satu lauk makan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun terlihat sederhana, dengan bau yang menyengat, nyatanya manfaat jengkol sangat banyak loh KLovers.

Walaupun memiliki bau yang menyengat, nyatanya jengkol menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya kesehatan saja, jengkol juga sangat baik bagi kecantikan kulit. Namun walaupun begitu, jengkol tidak boleh dikonsumsi dengan berlebih. Hal ini karena dapat membuat kalian keracunan.

Kira-kira apa saja ya manfaat dari jengkol bagi kesehatan dan kecantikan? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Jengkol

Sebelum melihat manfaat apa saja dari jengkol, ada baiknya kalian melihat kandungan-kandungan luar biasa dari polong dengan bau tak sedap ini. Dan inilah beberapa kandungan sehat dari 100 gram jengkol:

Protein 23,3 gram
Vitamin C 80 mg
Zat besi 4,7 gram
Kalsium 140 mg
Fosfor 166,7 mg
Karbohidrat
Vitamin A
Vitamin B
Alkaloid
Minyak atsiri
Steroid
Glikosida
Tanin
Saponin
Serat yang tinggi

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh jengkol, tidak heran bila manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak. Dan menjadi salah satu jenis polong-polongan yang dapat menutrisi tubuh dengan banyak kandungan yang dimiliki.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengatasi Maag

Manfaat jengkol yang pertama yaitu dapat mengatasi maag. Keadaan yang membuat asam lambung naik ini bisa dialami oleh siapa saja. Dan seseorang yang terkena maag biasanya karena telat untuk mengonsumsi makanan, atau salah makan sesuatu.

Gejala yang dialami oleh seseorang yang terkena maag seperti mual, perut terasa panas, sesak di ulu hati, muntah, hingga sakit kepala. Namun kalian bisa kok mengatasi maag dengan mengonsumsi jengkol. Hal ini karena jengkol memiliki kandungan nutrisi berupa enzim yang berperan penting dalam melindungi dinding lambung dari luka akibat asam lambung.

 

3. Mengatasi Anemia

Selain maag, jengkol ternyata juga bisa mencegah anemia atau penyakit kekurangan darah loh KLovers. Anemia memang menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah, atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh.

Gejala yang diberikan pada penderita anemia yaitu, kelelahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat. Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah anemia, salah satunya yaitu jengkol.

Hal ini dikarenakan jengkol mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Sementara, zat besi dalam tubuh mempunyai peran dalam mendukung produksi sel darah merah. Sehingga, kadar darah dalam tubuh akan tetap terjaga dengan mengonsumsi jengkol.

 

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Walaupun menjadi salah satu makanan yang sederhana, namun nyatanya jengkol sangat baik bagi kesehatan jantung loh KLovers. Hal ini karena, di dalam jengkol terdapat sifat diuretik. Sifat ini membuat jengkol punya kemampuan untuk membantu proses pembuangan urine halus, yang baik untuk penderita jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan pada jengkol juga mampu mencegah racun masuk ke pembuluh jantung. Sehingga dengan mengonsumsi jengkol, kalian akan mendapatkan kesehatan bagi jantung kalian secara alami.

 

5. Obat untuk Penderita Diabetes

Selain memberikan nutrisi pada jantung, nyatanya manfaat jengkol juga dapat menjadi obat yang baik bagi penderita diabetes loh KLovers. Diabetes memang sering kali menjadi momok karena bisa memicu komplikasi penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah tidak terkendali.

Itulah mengapa bagi penderita diabetes, wajib memilih makanan agar gula darah di dalam tubuh tidak naik secara drastis. Dan salah satu makanan yang dapat menjadi obat bagi penderita diabetes yaitu ada jengkol. Hal ini karena jengkol ini mampu mengendalikan kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu jengkol yang mengandung gula yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tak hanya itu saja kandungan asam jengkolat dalam jengkol juga dipercaya bisa membantu mencegah diabetes. Sehingga panganan ini sangat aman dikonsumsi bagi kalian yang memiliki riwayat diabetes.

 

6. Menutrisi Tulang dan Gigi

Bukan hanya susu ataupun buah saja, nyatanya manfaat jengkol juga sangat baik bagi tulang dan gigi loh. Hal karena jengkol memiliki kandungan berupa kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Untuk membuat tulang dan gigi agar menjadi lebih kokoh serta mencegah tulah cepat rapuh, dibutuhkan dua kandungan tersebut.

Bahkan kedua kandungan ini sangat baik dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Bahkan jengkol juga sangat baik dikonsumsi pada anak yang dalam masa pertumbuhan, sehingga tulang dan gigi mereka dapat ternutrisi dengan baik.

 

7. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Secara lebih spesifik, ternyata manfaat jengkol untuk kesehatan juga baik untuk ibu hamil dan janinnya loh. Jengkol yang kaya akan protein, fosfor, serta kalsium akan membantu mempercepat proses pembentukan dan pertumbuhan jaringan tulang dan gigi pada janin.

Sementara bagi ibu hamil, zat besi pada jengkol akan menjauhkan dari anemia atau kekurangan darah. Selain itu, serat yang tinggi pada jengkol juga dapat menjauhkan ibu hamil dari sembelit atau konstipasi.

 

8. Baik untuk Ibu Hamil

Tidak hanya baik bagi ibu hamil saja, nyatanya jengkol juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil loh KLovers. Jengkol termasuk salah satu makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, sehingga mampu membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Apalagi vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui sebagai penunjang daya tahan tubuh, terlebih saat kondisi tubuh terasa lelah. Jadi bila kalian sedang dalam masa menyusui, ada baiknya untuk mengonsumsi jengkol agar nutrisi pada ibu tetap terjaga.

 

9. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Jengkol bahkan bisa mencegah berbagai penyakit kronis yang berbahaya terhadap tubuh loh KLovers. Hal ini karena jengkol mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga dengan mengonsumsi jengkol kalian bisa mencegah pertumbuhan kanker, karena antioksidan merupakan kandungan yang sangat tepat dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Kalian bisa menemukan berbagai antioksidan seperti polifenol, flavoniod, terpenoid, dan alkaloid pada jengkol. Berbagai zat antioksidan yang dimiliki oleh jengkol ini memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari bahaya penyakit jantung dan gangguan metabolisme lainnya.

 

10. Mengatasi Perut Buncit

Nyatanya jengkol bisa mengatasi perut buncit, hingga penurunan berat badan loh KLovers. Walaupun belum banyak yang mengetahui hal ini, namun manfaat jengkol yang satu ini memang sudah terbukti adanya. Hal ini karena jengkol memiliki kandungan berupa asam amino serta serat yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai macam masalah sembelit yang mengakibatkan perut buncit.

Tidak hanya itu saja, nyatanya kandungan gula dalam jengkol juga dapat memberikan manfaat jengkol dalam mempercepat pembakaran energi tubuh sehingga akan mengurangi timbunan lemak di tubuh. Sehingga jengkol sangat efektif dalam penurunan berat badan.

 

11. Meremajakan Kulit

Tidak hanya dapat memberikan kesehatan saja, nyatanya jengkol juga bisa memberikan kecantikan pada kulit wajah kalian loh KLovers. Nyatanya manfaat jengkol mampu meremajakan kulit kalian, sehingga nampak lebih cerah dan tidak kusam.

Hal ini karena jengkol mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya adalah meremajakan kulit dari dalam. Inilah yang membuat kulit wajah jadi lebih glowing dan tidak lagi kusam.

 

12. Membuat Kulit Halus

Dan manfaat jengkol yang terakhir yaitu dapat membuat kulit nampak halus. Walaupun makanan ini mengandung bau yang tidak sedap, namun nyatanya mampu membuat kulit kalian lebih halus loh KLovers. Hal ini karena jengkol memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Protein di dalam jengkol berguna untuk membentuk jaringan tubuh, terutama pada sel-sel kulit dan rambut. Senyawa organik ini dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit bisa nampak lebih halus.

Itulah 11 manfaat jengkol bagi kesehatan dan juga kecantikan. Walaupun memiliki bau yang tidak sedap, nyatanya jengkol mampu memberikan banyak nutrisi bagi tubuh. Namun perlu diingat bahwa, tidak untuk mengonsumsi jengkol dengan takaran yang berlebih ya KLovers. Karena hal ini akan membuat kalian keracunan, dan tidak baik bagi kesehatan tubuh kalian.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending