Al Kautsar 1-3 Artinya tentang Limpahan Nikmat Allah SWT, Ketahui Juga Keutamaannya

Senin, 25 April 2022 13:44
Al Kautsar 1-3 Artinya tentang Limpahan Nikmat Allah SWT, Ketahui Juga Keutamaannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Membaca Alquran menjadi satu amalan paling dianjurkan dalam agama Islam. Bahkan tak sekadar dibaca, umat muslim juga diharuskan untuk menghafal beberapa surat pendek dalam Alquran. Pasalnya, membaca surat pendek menjadi satu rukun dalam sholat. Al Kautsar menjadi salah satu surat pendek yang paling mudah dihafal karena hanya terdiri atas 3 ayat. Lantas, kira-kira Al Kautsar ayat 1-3 artinya tentang apa?

Sebagian besar umat muslim mungkin sudah hafal bacaan surat Al Kautsar. Kendati demikian, nyatanya umat mereka yang sudah hafal belum tentu tahu arti dari setiap ayat surat Al Kautsar. Secara umum, arti Al Kautsar adalah nikmat yang melimpah. Sehingga Al Kautsar ayat 1-3 artinya juga banyak membahas nikmat Allah SWT. Namun tak sekadar itu, dalam Al Kautsar ayat 1-3 juga tersimpan kandungan makna dan keutamaan yang perlu diketahui setiap umat muslim.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk mengetahui kandungan makna dan keutamaan dalam Al Kautsar 1-3 artinya nikmat melimpah dari Allah SWT, langsung saja simak ulasan berikut ini.  

 

1. Bacaan Al Kautsar 1-3 dan Artinya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Al Kautsar merupakan surat terpendek dalam Alquran. Dalam Alquran, surat Al Kautsar menjadi surat yang ke-108. Surat ini berada di tengah-tengah antara surat Al Maun dan Al Kafirun. Surat Al Kautsar turun di kota Mekah, sehingga tergolong sebagai surat Makkiyyah.

Sebagai surat terpendek, surat Al Kautsar tentu sering dibaca sehari-hari. Tak sekadar membaca, tentu alangkah lebih baik jika kita juga mengetahui arti dan makna setiap ayatnya. Pasalnya, surat Al Kautsar 1-3 artinya begitu dalam dan penting untuk diketahui setiap muslim. Berikut bunyi bacaan surat Al Kautsar ayat 1-3 beserta artinya.

1. Innaa a'thainaakal kautsar.

Artinya:

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

2. Fa shalli lirabbika wan har.

Artinya:

"Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah."

3. Fa shalli lirabbika wan har.

artinya

"Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah."

 

2. Kandungan Tiap Ayat Surat Al Kautsar

Secara garis besar telah dijelaskan sebelumnya bahwa, Al Kautsar ayat 1-3 artinya tentang nikmat Allah SWT yang melimpah untuk umat manusia. Jika diteliti lebih mendalam, setiap ayat dalam surat Al Kautsar ternyata mengandung makna luar biasa. Berikut isi kandungan setiap ayat surat Al Kautsar.

1. Kandungan Ayat 1 Surat Al Kautsar

Isi kandungan ayat 1 surat Al Kautsar, berisi tentang isyarat bahwa melalui Nabi dan Rasul yang diutus-Nya, Allah SWT telah memberikan berkah berupa banyak kebaikan. Berkah itu bisa dirasakan dengan mengikuti apa yang telah diajarkan dan dicontohkan Nabi dan Rasul. Namun, tak semua manusia mau menikmati berkah itu.

2. Kandungan Ayat 2 Surat Al Kautsar

Isi kandungan ayat 2 surat Al Kautsar, Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk senantiasa bersyukur. Pasalnya, selama hidup di dunia, Allah SWT telah melimpahkan untuknya karunia dan rahmat luar biasa banyaknya. 

Dalam ayat 2 surat Al Kautsar juga terselip perintah umat muslim untuk mengerjakan sholat dan berkurban bila mampu. Sebab, kedua amalan tersebut merupakan ibadah utama yang bisa mendekatkan dirinya dengan Allah SWT.

3. Kandungan Ayat 3 Surat Al Kautsar

Isi kandungan ayat 3 surat Al Kautsar, menceritakan tentang tuduhan kaum kafir Quraisy yang menuduh Rasulullah abtar (terputus dari semua kebaikan). Sehingga, kaum Quraisy juga menyebut bahwa pengikut Nabi Muhammad SAW nantinya akan merugi. Selain itu, kaum Quraisy juga mengatakan bahwa keturunan Nabi kelak juga akan terputus.

Namun, tuduhan kaum Quraisy tersebut dijawab langsung oleh Allah SWT, bahwasanya  orang yang membenci Rasulullah, merekalah yang sebenarnya terputus dari kebaikan. Mereka tidak akan mendapatkan keberkahan dan hidup dipenuhi dengan penyesalan.  

 

3. Keutamaan Surat Al Kautsar

Sama halnya surat-surat lain dalam Alquran, surat Al Kautsar 1-3 artinya limpahan nikmat Allah SWT juga punya sejumlah keutamaan. Keutamaan-keutamaan ini penting untuk diketahui, agar seorang muslim bisa lebih semangat dan tulus hati dalam membaca dan mengamalkan surat Al Kautsar. Berikut beberapa kandungan surat Al Kautsar ayat 1-3. 

1. Akan Mendapatkan Limpahan Nikmat oleh Allah SWT

Seperti yang disinggung sebelumnya, surat Al Kautsar 1-3 artinya tentang limpahan nikmat Allah SWT. Surat Al Kautsar menjadi petunjuk bagi umat muslim untuk senantiasa bersyukur dan berkurban. Dengan bersyukur dan berkorban, nikmat seorang muslim juga akan ditambah oleh Allah SWT.

2. Diberi Kesembuhan

Sehat menjadi salah satu nikmat yang tiada terkira. Terlebih, bagi seseorang yang kembali sehat setelah mengalami sakit. Surat Al Kautsar dipercaya bisa membawa kesembuhan bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya dengan ikhlas dan tulus hati.

3. Membuat Keluarga Harmonis

Surat Al Kautsar juga diyakini bisa membawa keluarga menjadi lebih harmonis. Terutama, jika surat ini dibaca ketika bertahajud bersama pasangan secara rutin.

4. Menghindarkan Diri dari Kezaliman

Keutamaan lain surat Al Kautsar juga dipercaya dapat membawa seseorang lebih terhindar dari kezaliman. Untuk mendapatkan keutamaan ini seseorang harus membaca surat Al Kautsar sebanyak 71 kali dengan ikhlas.

Itulah di antaranya penjelasan tentang surat Al Kautsar 1-3 artinya tentang limpahan nikmat Allah SWT. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai muslim. Amiin.

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI