Penyesalan Selalu Datang di Akhir, Sejumlah Penemuan yang Disesali Oleh Ilmuwan Penemunya

Sabtu, 27 Juni 2020 10:22 Penulis: Puput Saputro
Penyesalan Selalu Datang di Akhir, Sejumlah Penemuan yang Disesali Oleh Ilmuwan Penemunya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Penyesalan selalu datang di akhir, mungkin istilah inilah yang paling sesuai untuk menggambarkan para ilmuwan ini. Alih-alih merasa bangga dengan teknologi hasil penemuannya. Beberapa penemuan yang disesali penemunya disebabkan beragam alasan. Padahal, sebuah penemuan teknologi bisa membuat nama seorang ilmuwan jadi abadi dan dikenang sejarah.

Namun, di sisi lain suatu penemu teknologi memang memiliki tanggung jawab yang besar. Sebab, jika jatuh ke tangan yang salah suatu penemuan bisa digunakan dengan tidak semestinya hingga bisa merusak atau merugikan orang lain. Jadi agak wajar jika ada beberapa para penemu yang merasa menyesal karena sudah menciptakan suatu teknologi.

Seperti sejumlah penemu berikut ini, mereka punya alasan yang menyebabkan mereka menyesali penemuannya sendiri. Dilansir dari merdeka.com, berikut penemuan yang disesali oleh ilmuwan penemunya.

 

1. Bom Atom

J. Robert Oppenheimer merupakan seorang ahli fisika yang menemukan bom atom. Oppenheimer menjadi salah satu aktor utama di balik penemuan bom atom. Bahkan karena saking berperan, dia dalam penemuan tersebut, Oppenheimer mendapat julukan sebagai "Bapak Bom Atom".

Rasanya pantas saja jika Oppenheimer menyesali penemuannya yang satu ini. Pasalnya hingga saat ini, bom atom menjadi salah satu senjata pembunuh masal yang paling mematikan. Tidak hanya menelan korban nyawa, bom atom juga bisa mengakibatkan kerusakan yang dahsyat. Itulah sebabnya mengapa bom atom jadi salah satu penemuan yang disesali oleh penemunya.

2. Pesawat Terbang

Menemukan pesawat terbang nyatanya tidak membuat Wright bersaudara merasa bangga. Padahal, jika dilihat saat ini pesawat terbang bisa dibilang jadi salah satu teknologi yang paling bermanfaat. Pesawat terbang jadi sebuah teknologi transportasi paling mutakhir. Sebab, dengan pesawat kini orang-orang bisa menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang relatif singkat.

Wilbur dan Oliver menjadi orang pertama yang merancang pesawat terbang. Rancangan mereka saat itu diberi nama Wright Flyer. Berkat temuan itu, keduanya kini dikenang sebagai salah satu penemu paling terkenal di dunia.

Sayangnya sama seperti Oppenhemeir, Oliver juga menyesali teknologi yang dia temukan bersama saudaranya itu. Oliver mulai menyesali temuannya ketika mendapati, pesawat terbang temuannya dipakai untuk Perang Dunia II. Rasa menyesal Oliver disampaikan dalam sebuah koran St. Louis Post tahun 1943. Oliver mengaku menginginkan teknologi temuannya digunakan untuk kedamaian.

3. Iklan Pop Up di Internet

Pernahkah kalian mendapati iklan pop up di internet? Iklan pop up yang kerap muncul di internet sangat mengganggu. Terkadang, kemunculannya bahkan sampai membuat jengkel.

Kalian tidak sendiri, sebab iklan di internet juga termasuk salah satu penemuan yang disesali penemunya. Ya, sang penemu Ethan Zuckerman juga merasa hal yang sama. Ide Ethan untuk membuat iklan pop up ini tercetus sekitar tahun 1990-an. Saat itu, Ethan merupakan seorang desainer dan programer di tripod.com. sebuah penyedia jasa iklan.

Ethan pertama kali membuat iklan pop up untuk sebuah perusahaan mobil. Untuk menyebar iklan tersebut, Ethan kemudian menyusun konsep iklan yang tidak hanya akan muncul di laman asli sebuah web. Namun, juga akan muncul secara terpisah di halaman lainnya.

Ethan merupakan sosok yang pertama menyusun kode pemrograman tersebut, dan masih diterapkan sampai saat ini. Sekian tahun berselang, tepatnya pada 2014, Ethan Zuckherman muncul di sebuah media online bernama The Atlantic. Di sana dia meminta maaf, karena kini idenya dalam membuat iklan tersebut justru menjadi hal yang sangat mengganggu.

4. Facebook

Siapa yang tidak mengenal facebook? Facebook pernah jadi sosial media yang paling populer di akhir dekade 2000-an. Meski kini face book sudah mulai ditinggalkan karena banyak penggunanya yang mulai beralih ke media sosial lain.

Seperti yang diketahui, selama ini kita mengenal sosok Mark Zuckerberg sebagai penemu facebook. Namun, bukan sosok Mark langsung yang merasa menyesal sudah menciptakan facebook. Melainkan, orang yang merupakan bagian dari tim Mark. Orang tersebut beranama Sean Parker. Sean menjadi sosok yang sangat berperan dalam pengembangan facebook. Sean banyak menarik investor untuk facebook.

Meski begitu, ternyata Sean tidak merasa bangga dengan pencapaiannya tersebut. Terbukti, pada tahun 2017 Sean muncul menyebut bahwa facebook terlalu memanfaatkan "kerapuhan" psikologis penggunanya untuk popularitas, melalui likes, opini status, dan sebagainya. Lebih lanjut, Sean juga mengkritisi facebook yang bisa menimbulkan kecanduan bagi penggunanya.

Itulah di antaranya 4 penemuan yang disesali oleh ilmuwan penemunya. Jika kalian jadi penemu dari teknologi di atas, kira-kira kalian akan merasa bangga atau juga menyesal?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI