Inilah beberapa Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan untuk Kebaikan Tubuh

Jum'at, 11 Desember 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
Inilah beberapa Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan untuk Kebaikan Tubuh
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sarapan merupakan salah satu kegiatan mengonsumsi makanan di pagi hari untuk memberikan energi dalam menjalani semua aktivitas. Namun tidak jarang orang yang menghindari melakukan sarapan karena berbagai alasan. Padahal manfaat sarapan pagi itu sangat banyak untuk kebaikan tubuh, bahkan sangat penting untuk tubuh kalian.

Banyak sekali yang melewatkan sarapan karena berbagai hal, seperti alasan terburu-buru, takut sakit perut, sedang diet dalam mengurangi makan, dan tidak terbiasa dengan kegiatan sarapan. Padahal faktanya makan yang paling penting dilakukan adalah sarapan loh KLovers. Itu karena, salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi.

Namun selain sebagai sumber energi, kira-kira apa saja ya manfaat dari sarapan pagi yang baik untuk kebaikan dan kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat sarapan pagi yang wajib banget kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Melindungi dari Penyakit Berbahaya

Manfaat sarapan pagi yang pertama yaitu, dapat melindungi diri dari berbagai penyakit berbahaya di tubuh. Yup! Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi tak hanya itu saja. Bahkan risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri dengan sarapan pagi setiap hari. Itu karena kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh cenderung lebih sedikit dibanding dengan tidak sarapan pagi.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Manfaat sarapan pagi yang kedua yaitu, dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada otak atau lebih dikenal dengan meningkatkan konsentrasi pada otak. Sarapan pagi merupakan asupan pertama setelah tubuh berpuasa semalaman. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dalam bentuk glukosa dan glikogen. Kemudian, otak akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas hari ini.

Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, maka kalian akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan merasa cepat lelah. Kebiasaan sarapan pagi ini juga bisa membuat kalian lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir bisa menurun.

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang sarapan malah membuat kalian gemuk? Hal tersebut salah besar ya KLovers. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Sarapan juga baik untuk mendukung program diet agar kalian bisa dengan cepat menurunkan berat badan.

Dengan sarapan, kalian tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Para ahli pun telah menemukan keterkaitan antara kebiasaan melewatkan sarapan dengan kondisi obesitas, walau riset perihal ini masih dalam perdebatan.

4. Metabolisme Tubuh Seimbang

Nyatanya manfaat sarapan juga sangat baik dalam menyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh loh. Saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, sehingga dalam hal ini kadar gula dalam tubuh akan menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas kalian. Namun jika sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot liver yang disebut glycogen.

Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag. Oleh karena itu, dengan memberi asupan di pagi hari dengan sarapan bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih seimbang. Tak hanya itu, tubuh kalian juga akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Mengendalikan Gula Darah

Bagi kalian penderita diabetes maupun yang tidak, rutin sarapan pagi memberikan manfaat untuk mengendalikan gula darah loh. Bagi orang dengan kadar gula darah yang normal, sarapan pagi dapat membantu menghindari resisten sel terhadap insulin, yaitu hal yang menjadi pemicu kadar diabetes naik.

Bagi kalian yang mengalami diabetes pun disarankan untuk tetap mengonsumsi sarapan pagi. Sebab, penderita diabetes yang melewatkan kebiasaan sehat ini akan berisiko mengalami hipoglikemia, atau kadar gula darah rendah. Tentu saja hipoglikemia ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya bagi mereka penderita diabetes.

Bahkan ahli dari The American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes agar mengonsumsi banyak serat, sekitar 7-10 gram serta membatasi kalori yang masuk. Sehingga energi dapat bisa dirasakan, dan kesehatan tubuh juga tetap terjaga dengan baik pula.

6. Rekomendasi Sarapan Sehat

Dan inilah beberapa rekomendasi sarapan sehat yang bisa kalian konsumsi. tidak hanya mampu memberikan energi saja, jenis sarapan ini sangat sehat untuk kesehatan tubuh.

- Omelet
- Telur rebus
- Dada ayam tanpa kulit
- Oat
- Yoghurt
- Sereal dan susu
- Roti gandum
- Nasi merah
- Jus buah dan sayuran
- Pancake pisang
- Tacos
- Salmon

Itulah beberapa manfaat sarapan yang baik bagi kebaikan dan kesehatan tubuh. Walaupun terlihat biasa saja, nyatanya manfaat sarapan sangat baik dan tidak boleh untuk dilewatkan. Bahkan untuk mereka yang memiliki kesehatan tubuh tidak prima.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI