8 Jenis Ikan Air Tawar yang Paling Populer di Konsumsi, Salah Satunya Ikan Patin

Jum'at, 11 Desember 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Ikan Air Tawar yang Paling Populer di Konsumsi, Salah Satunya Ikan Patin
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada beragam jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi manusia. Ya, selama ini ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Tak hanya itu saja, ikan juga mengandung sumber vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Ikan tawar sendiri merupakan ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar seperti sungai dan danau.

Pada umumnya, ikan terdiri dari dua jenis yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Meski selama ini ikan laut lebih terkenal karena kekayaan gizinya, bukan berarti jenis ikan air tawar juga kalah populer lho. Perlu kalian ketahui jika harga jenis ikan air tawar lebih ekonomis dan tak kalah unggul dalam hal gizinya. Tak heran jika ikan air tawar menjadi salah satu pilihan kebanyakan orang menjadikan ikan air tawar sebagai makanan favorit.

Nah, perlu kalian ketahui pula jika jenis ikan air tawar ada banyak sekali. Beberapa diantaranya sangat populer untuk dikonsumsi. Merangkum dari beberapa sumber, inilah sederet jenis ikan air tawar yang banyak digemari dan dikonsumsi. Apa saja?

1. Ikan Gurame

Ikan gurame termasuk ikan asli perairan Indonesia yang biasa hidup di air tawar. Rasanya yang nikmat serta kandungannya yang luar biasa membuatnya tak pernah kekurangan penggemarnya. Ya, sebab, diketahui ikan gurame memiliki kandungan lebih tinggi dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya.

Ikan Gurame memiliki ciri khas bentuk tubuh yang pipih melebar dan sisik yang lebar dan rapat. Banyak pula orang yang menggemari ikan gurami lantaran memiliki daging yang tebal serta duri yang besar dan hanya berada ditengah. Itulah mengapa mengonsumsi ikan gurame tidak perlu ribet harus menghilangkan durinya dengan jeli.

2. Ikan Nila

Ikan nila juga menjadi salah satu ikan air tawar yang populer di Indonesia. Mudahnya membudidayakan ikan nila, membuat jenis ikan ini dengan mudah kalian dapatkan di pasaran. Selain memiliki rasa yang lezat, ikan nila memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ikan ini juga mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi dan babi.

Ikan Nila juga kaya akan protein, vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh. Kebanyakan ikan ini diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan sambal.

3. Ikan Patin

Ikan patin yang memiliki nama ilmiah Pangasius sp ini tergolong satu spesien dengan ikan lele. Ikan patin sendiri banyak ditemukan di danau, hingga tepi-tepian sungai. Umumnya ikan patin ini memiliki bentuk tubuh panjang dan berwarna putih serta sedikit biru di bagian punggung. Ikan patin memiliki lemak tak jenuh mencapai 50% dari total seluruh nilai gizi yang terkandung di dalam ikan. Selain itu, kandungan DHA dan Omega 3 yang tinggi membuat ikan patin cocok dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan orang tua.

4. Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasanya ada di danau, kali, hingga rawa. Ikan lele sangat mudah dikenali, dengan bentuk fisik berwarna hitam, pipih memanjang, memiliki kumis, dan juga memiliki kulit yang licin. meski harganya terjangkau lele banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang tentu saja diolah dengan masakan yang begitu lezat.

Menjadi salah satu ikan yang dikonsumsi sehari-hari, adapun manfaat ikan lele seperti membangun kesehatan otot, menutrisi tulang, mengatasi anemia, baik untuk kesehatan jantung dan otak, serta baik untuk ibu hamil.

5. Ikan Gabus

Apakah kalian salah satu orang yang menyukai ikan gabus? Jenis ikan air tawar ini memang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Selain itu ikan gabus juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Tak kalah dengan ikan salmon, ikan gabus juga mengandung protein albumin yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil sekalipun.

Meskipun harganya cukup mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan cita rasa dagingnya yang lembut dan gurih. Adapun manfaat yang paling populer dari ikan gabus yaitu dapat dengan cepat memulihkan luka.

6. Ikan Bawal

Ikan bawal menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari orang. Ikan ini memiliki tubuh seperti ikan piranha dimana memiliki warna campuran hitam dan orange dengan bentuk pipih dan lebar. Ketika dikonsumsi, ikan bawal memiliki daging yang cukup tebal dengan duri halus yang terletak pada dagingnya, oleh sebab itu kalian juga harus berhati-hati ketika mengonsumsinya. Dibalik kenikmatan ikan bawal, ternyata harga dari jenis ikan air tawar yang satu ini cukup terjangkau lho.

7. Ikan Mujair

Ikan mujair juga menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak digemari. Ciri fisik dari ikan ini bisa dilihat dari bentuk badannya yang pipih dengan warna hitam, warna keabu-abuan atau warna kuning. Untuk ukuran panjang maksimum ikan ini bisa mencapai sekitar 40 cm. Jenis ikan air tawar satu ini terkenal kaya akan fosfor dan berbagai gizi lain yang baik untuk tubuh. Selain itu, ikan ini memiliki daging yang gurih dan lezat. Tak heran jika olahan ikan mujair selalu menggugah selera.

8. Ikan Mas

Biasanya, ikan mas identik dikategorikan sebagai ikan hias. Meski begitu, ada juga ikan mas yang untuk dikonsumsi. Ikan mas juga memiliki bentuk yang indah yakni tubuh tegak pipih dengan sisik yang normal dan siripnya yang memanjang. Daging dari ikan mas juga cenderung memiliki tekstur yang sangat lembut. Namun, ketika mengonsumsinya kalian juga harus berhati-hati lantaran ikan mas memiliki duri yang kecil dan halus.

Inilah sederet jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi. Jenis ikan air tawar manakah yang menjadi favorit kalian?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI