Perlu Diperhatikan Konsumsinya, 8 Makanan Ini Penyebab Keputihan Berlebih

Kamis, 06 Agustus 2020 19:44 Penulis: Nurul Wahida
Perlu Diperhatikan Konsumsinya, 8 Makanan Ini Penyebab Keputihan Berlebih
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang perempuan, keputihan berlebih menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering bikin tak nyaman. Sebab, tak jarang masalah keputihan berlebih dapat membuat area kewanitaan menjadi lembab hingga terkadang menimbulkan bau tak sedap. Namun rupanya ada sejumlah makanan penyebab keputihan berlebih yang perlu diperhatikan konsumsinya agar tak memperburuk kondisi tersebut.

Keputihan merupakan keadaan normal yang biasa terjadi pada perempuan. Namun sayangnya kondisi ini bisa disebut abnormal jika terjadi secara berlebihan hingga timbulkan bau tak sedap. Bahkan sejumlah kondisi keputihan abnormal lainnya dapat mengalami perubahan warna serta tekstur berbeda dari biasanya.

Beberapa faktor penyebab keputihan berlebih bisa muncul karena perubahan hormon seperti mengalami stres ataupun sebelum siklus datang bulan. Tak hanya itu saja, ada juga sejumlah makanan penyebab keputihan berlebih yang bisa membuat masalah kewanitaan ini kerap muncul. Untuk itu sangat penting mengetahui makanan penyebab keputihan berlebih yang perlu diperhatikan konsumsinya.

Lalu apa saja makanan penyebab keputihan berlebih?

Adapun makanan penyebab keputihan berlebih terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Sehingga dapat membuat tiap perempuan yang mengalami masalah keputihan berlebih untuk selalu memerhatikan konsumsi makanan ini agar dapat menormalkan kembali area kewanitaan. Berikut x makanan penyebab keputihan berlebih bersumber dari halodocs.id, glamour.com, everydaywellness.org dan buzzfeed.com.

 

 

 

1. Aneka Jenis Bawang

Makanan penyebab keputihan berlebih yang perlu diperhatikan konsumsinya salah satunya adalah aneka jenis bawang. Sebab seperti diketahui bawang miliki aroma menyengat yang cukup tajam. Dimana bawang ini diklaim dapat membuat area kewanitaan menjadi berbau.

Bau tak sedap ini juga berhubungan erat dengan masalah keputihan berlebih yang dialami sejumlah perempuan. Tak hanya itu saja mengutip dari buzzfeed.com seorang dokter bernama D.C., Djinge Lindsay, MD, MPH. mengungkapkan jika makanan yang bisa menimbulkan keringat menjadi salah satu faktor munculnya bau tak sedap pada area kewanitaan. Hal ini dimungkinkan termasuk berbagai jenis bawang yang juga bisa membuat produksi keringat.

2. Asparagus

Makanan penyebab keputihan berlebih yang perlu diperhatikan konsumsinya selanjutnya adalah asparagus. Asparagus sendiri diketahui termasuk sejenis bahan makanan yang juga dapat membuat keringat hingga menyebabkan urin berbau.

Sehingga asparagus juga diklaim dapat membuat area kewanitaan hingga memengaruhi keputihan berlebih tersebut justru dapat berbau tak sedap. Untuk itu diperlukan batasan konsumsi makanan ini jika sedang mengalami keputihan berlebih.

3. Makanan Manis

Makanan manis memang cukup banyak digemari berbagai kalangan hingga sangat menggoda untuk dikonsumsi. Namun jenis makanan manis ini perlu diperhatikan konsumsinya saat tengah mengalami keputihan berlebih. Sebab, makanan penyebab keputihan berlebih bisa berasal dari makanan manis atau tinggi gula.

Bahkan sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 75 persen perempuan kemungkinan rentan terhadap infeksi jamur karena konsumsi makanan yang mengandung ragi. Dalam hal ini bisa terdapat pada sejumlah makanan manis atau terlalu banyak gula seperti roti dan keju. Bukan hanya itu saja makanan manis juga sangat rentan pada penderita diabetes. Untuk itu diperlukan Batasan konsumsi gula atau makanan manis agar tidak berlebihan.

4. Gorengan

Makanan penyebab keputihan berlebih yang lainnya juga dapat berasal dari berbagai jenis gorengan. Gorengan bukan saja tak baik bagi area kewanitaan namun juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh terutama karena tinggi minyak hingga dapat memengaruhi kolesterol dan tekanan darah.

Makanan yang serba digoreng tersebut dapat menjadi salah satu penyebab peningkatan risiko munculnya bakteri hingga sebabkan keputihan di area kewanitaan. Sehingga perlu diperhatikan konsumsinya untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tetap sehat.

5. Nanas

Makanan penyebab keputihan berlebih selanjutnya dapat berasal dari nanas. Meski belum diketahui bukti secara ilmiah mengenai nanas yang bisa sebabkan keputihan, namun perlu diperhatikan konsumsinya agar tak membuat keputihan berlebih. Sejumlah klaim menyebutkan jika konsumsi nanas ini bisa meningkatkan produksi keputihan berlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Kopi

Kopi juga termasuk salah satu jenis minuman dengan bau menyengat dan tajam. Sama seperti pada bawang dan asparagus, kopi juga bisa menimbulkan bau tak sedap pada area kewanitaan. Dimana bau tak sedap tersebut erat kaitannya dengan keputihan yang sering menjadi masalah umum perempuan.

Bukan hanya itu saja kopi yang kaya akan kafein ini dapat membuat seseorang menjadi lebih sering buah air kecil. Sehingga dapat berpotensi menyebabkan area kewanitaan jadi lembab yang turut serta menjadi penyebab bau tak sedap hingga membuat keputihan berlebih.

7. Keju

Keju menjadi salah satu jenis makanan yang cukup banyak diminati berbagai kalangan. Namun sayangnya diketahui keju juga dapat menjadi makanan penyebab keputihan berlebih yang terjadi pada wanita. Kondisi ini dapat terjadi jika mengonsumsi keju secara berlebihan yang dapat menyebabkan keputihan tersebut muncul dari keadaan normalnya. Tak hanya itu saja mengutip dari everydaywellness.org keju juga diketahui bisa mengganggu bakteri di area kewanitaan dan dimungkinkan sebabkan infeksi jamur.

8. Timun

Timun menjadi makanan penyebab keputihan berlebih yang cukup banyak diketahui setiap perempuan. Sebab timun miliki kandungan zat yang bisa memproduksi hormon estrogen meningkat hingga berpengaruh pada kondisi keputihan yang dapat muncul berlebih. Untuk itu perlu diperhatikan konsumsi timun terutama saat sedang mengalami keputihan berlebih.

Nah itulah 8 makanan penyebab keputihan berlebih yang perlu perhatikan konsumsinya. Selain itu sejumlah perempuan mungkin akan menunjukkan reaksi berbeda pada beberapa makanan di atas. Sehingga jika mengalami keputihan berlebih dengan waktu cukup lama disarankan untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat penanganan tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI