7 Cara Mengatasi Keputihan Berlebih, Berbau dan Gatal dengan Bahan Alami

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Cara Mengatasi Keputihan Berlebih, Berbau dan Gatal dengan Bahan Alami
Cara mengatasi keputihan berlebih (credit: shutterstock)

Kapanlagi.com - Keputihan merupakan salah satu masalah bagi wanita. Apalagi jika keputihan tersebut muncul secara berlebih. Tentu tidak hanya mengganggu, tapi juga perlu diwaspadai. Untuk itu kalian perlu tahu bagaimana cara mengatasi keputihan.

Sebenarnya, keputihan merupakan salah satu hal yang biasa terjadi pada miss V. bahkan, keputihan merupakan mekanisme alami miss V untuk menjaga kebersihannya. Keputihan sendiri kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina.

Selain untuk menjaga kebersihan, keputihan juga dapat melembabkan area kewanitaan. Pada dasarnya, ketika seseorang mengalami keputihan, maka cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri. Proses inilah yang melindungi vagina dari infeksi.

Namun, jika kalian mulai resah akibat keputihan yang berlebih dan timbul bau tak sedap serta gatal, ada baiknya kalian mencoba cara alami mengatasi keputihan. Langkah ini merupakan langkah aman yang bisa kalian lakukan sebagai cara mengatasi keputihan berlebih:

 

1. Kunyit

Cara mengatasi keputihan berlebih salah satunya dengan menggunakan bahan alami yakni kunyit. Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada miss V. menggunakan kunyit sebagai salah satu cara mengatasi keputihan sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Sebaiknya, kalian meminum 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bawang putih

Selanjutnya untuk mengatasi keputihan, kalian bisa menggunakan bawang putih. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang sangat kuat, Menurut sebuah studi, bawang putih yang dikonsumsi segar atau dalam bentuk suplemen dapat menjadi alternatif untuk meredakan keputihan akibat infeksi bakteri. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan penyebab keputihan.

3. Daun Sirih

Sejak dulu, daun sirih merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengatasi keputihan. Kandungan daun sirih terdapat zat yang bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat mengatasi masalah keputihan.

Jika kita amati, daun sirih sangat banyak ditemukan untuk bahan dasar produk pembersih miss V. Namun, alangkah baiknya jika kalian langsung menggunakan daun sirih asli tanpa campuran bahan kimia sebagai solusi mengatasi keputihan. Caranya, kalian cukup rutin meminum air rebusan daun sirih, atau membasuh miss V dengan rendaman daun sirih.

4. Yogurt

Siapa sangka, yogurt dipercaya dapat mengatasi keputihan. Yogurt mengandung banyak bakteri baik, sehingga mampu membantu mengatasi permasalahan keputihan. Selain itu, kandungan alami yang terdapat pada yogurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk di dalam miss V, sehingga menjadikan miss V bersih dan bebas dari keputihan.

Kalian cukup mengonsumsi yogurt 3 kali sehari jika keputihan yang kalian alami cukup banyak atau parah. Yogurt juga sangat praktis bisa dibawa ke mana saja dan diminum di mana saja.

5. Daun Sambiloto

Tahukah kalian dengan daun sambiloto? Sambiloto salah satu bahan alami yang banyak khasiatnya dan banyak digunakan untuk ramuan alami. Daun sambiloto mempunyai rasa yang sangat pahit namun kaya akan manfaat.

Caranya sangat sederhana, kalian hanya perlu merebus beberapa daun sambiloto yang sudah dicuci bersih, kemudian minum air rebusan daun secara rutin.

6. Delima Kering

Delima rupanya mempunyai manfaat yang tak kalah menariknya. Kali ini kulit delima yang sudah kering dapat membantu mengatasi masalah keputihan. Caranya dengan mengeringkan kulit delima, setelah itu rebus 30 gram kulit delima kering tersebut dan tambahkan juga 30 gram daun sambiloto dengan 600 cc air. Kemudian ramuan tersebut saring dan minum airnya secara teratur 2 kali sehari.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi masalah keputihan. Tanaman ini mampu meredam jaringan rahim untuk mencegah keluarnya cairan yang tidak normal dari miss V. untuk penggunaannya, kalian cukup blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya, kemudian rebus bersama daun sambiloto. Setelah itu ramuan tersebut dapat di minum sebanyak dua kali sehari.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan secara berlebih yang mengeluarkan bau tak sedap dan menyebabkan gatal. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending