6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan, Mengatasi Menstruasi - Mencegah Kanker

Selasa, 04 Agustus 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan, Mengatasi Menstruasi - Mencegah Kanker
Manfaat jantung pisang (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jantung pisang merupakan sebuah bunga yang nantinya akan menjadi cikal bakal buah pisang. Di Indonesia sendiri jantung pisang sering sekali diolah menjadi lauk makan bersama dengan nasi. Dan tentu saja banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai olahan tersebut.

Tetapi selain menjadi makanan yang enak untuk dikonsumsi, ternyata jantung pisang memiliki manfaat loh KLovers. Manfaat apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat jantung pisang untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Mengatasi Anemia

Manfaat jantung pisang yang pertama yaitu dapat mengatasi anemia. Hal tersebut karena di dalam jantung pisang terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu memproduksi sel darah merah dan mengatasi anemia.

Dalam jantung pisang terdapat 56,4 miligram zat besi untuk setiap gram jantung pisang. Jadi bila kalian mengalami masalah darah rendah atau anemia, maka kalian dapat mengonsumsi jantung pisang sebagai lauk makan.

2. Mengatasi Masalah Menstruasi

Manfaat jantung pisang yang kedua yaitu dapat mengatasi masalah menstruasi. Terkadang ada saja wanita yang mengalami pendarahan yang luar biasa saat mengalami menstruasi, dan pendarahan yang berlebihan ini dapat di atasi secara alami dengan menggunakan jantung pisang.

Kalian bisa menggunakan jantung pisang bersama dengan yoghurt, karena kombinasi kedua bahan ini dapat meningkatkan progesteron dalam tubuh dan mengurangi pendarahan berlebih saat kalian mengalami menstruasi.

3. Mencegah Kanker

Selain itu manfaat jantung pisang yang selanjutnya dapat mencegah kanker. Hal itu karena di dalam jantung pisang terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, dan kandungan antioksidan inilah yang dapat memberikan daya tahan tubuh lebih.

Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi sel-sel di dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Bila sel terlindungi dari radikal bebas maka tubuh akan terjauh dari berbagai macam penyakit, salah satunya kanker. Selain itu antioksidan juga dapat memberikan daya tahan tubuh secara lebih.

4. Penyembuhan Infeksi

Manfaat jantung pisang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan infeksi luka pada tubuh. Hal tersebut karena di dalam jantung pisang terdapat kandungan etanol yang dapat membantu menyembuhkan seseorang dari infeksi. Itulah mengapa kalian bisa menggunakan jantung pisang sebagai bahan alami untuk penyembuhan infeksi.

Selain itu kandungan etanol ini bekerja mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada tubuh. Dan bila kalian mengonsumsi ekstrak jantung pisang maka akan dapat mencegah pertumbuhan parasit penyakit malaria.

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Tidak hanya buah pisang saja, nyatanya manfaat jantung pisang juga dapat menjaga saluran pencernaan dengan sangat baik. Itu karena jantung pisang memiliki kandungan serat larut dan juga serat tidak larut.

Dan kandungan inilah yang dapat mengatasi masalah pencernaan seperti mulas, sakit perut dan sembelit. Selain itu jantung pisang dapat membantu mempercepat pencernaan karena sifatnya yang mudah larut di dalam air. Sedangkan serat tidak larut berfungsi untuk mengurangi risiko sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Dan manfaat jantung pisang yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan jantung di dalam tubuh. Itu karena di dalam jantung pisang terdapat banyak sekali kandungan kalium, dan kandungan kalium inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung secara alami.

Kandungan kalium yang terdapat dalam jantung pisang dapat bekerja sebagai penawar natrium virtual, serta mampu mengurangi tekanan darah dan faktor utama terkena risiko penyakit jantung. Itulah mengapa, tidak ada salahnya bagi kalian mengonsumsi jantung pisang bila ingin memiliki jantung yang sehat.

Itulah 6 manfaat jantung pisang yang baik untuk tubuh. Selain dapat menjadi makanan yang enak untuk dikonsumsi, nyatanya jantung pisang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI