Rahasia Simpan Daun Jeruk Agar Tetap Awet Seminggu Tanpa Dijemur atau Simpan dalam Kulkas

Penulis: Sinta Arumayuni

Diperbarui: Diterbitkan:

Rahasia Simpan Daun Jeruk Agar Tetap Awet Seminggu Tanpa Dijemur atau Simpan dalam Kulkas
Ilustrasi daun jeruk (Sumber: Freepik/azerbaijan_stockers)

Kapanlagi.com - Daun jeruk memegang peran yang penting dalam meningkatkan cita rasa dan aroma yang lezat pada berbagai hidangan. Sebagai contoh, masakan seperti nasi daun jeruk, lotek, semur, terong raos, oseng kikil, dan lainnya sering menggunakan daun jeruk sebagai salah satu bahan bumbu. Secara umum, daun jeruk purut, yang memiliki bentuk menyerupai angka delapan, sering digunakan untuk memberikan cita rasa khas pada masakan.

Daun jeruk purut mudah ditemukan di berbagai pasar, baik pasar tradisional maupun swalayan. Biasanya, orang membelinya dalam jumlah besar agar tidak perlu sering pergi ke pasar hanya untuk mendapatkan daun jeruk. Walaupun begitu, salah satu masalah yang sering timbul saat membeli daun jeruk dalam jumlah besar adalah bagaimana cara menyimpannya dengan baik. Jika tidak disimpan dengan benar, daun jeruk dapat mengalami perubahan warna menjadi hitam, kehilangan aroma, bahkan bisa membusuk.

Untuk menjaga kesegaran daun jeruk, umumnya orang lebih suka menjemurnya terlebih dahulu atau menyimpannya di dalam freezer kulkas. Namun, berbeda dari cara umum tersebut, seorang warganet dengan akun YouTube Resep Anna Zln membagikan cara yang tidak kalah efektif. Selain itu, cara ini cukup sederhana karena tidak melibatkan proses menjemur atau penyimpanan daun jeruk di dalam kulkas.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari kanal YouTube Resep Anna Zln pada Senin (15/01/2024).

1. Langkah Pertama

Persiapkan daun jeruk yang masih segar dan pastikan daun tersebut telah dibersihkan serta benar-benar kering sebelum disimpan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Langka Kedua

Selanjutnya, siapkan kantong plastik transparan dengan kapasitas 1/2 kg atau 1 kg, atau disesuaikan dengan kebutuhan, sebagai wadah untuk menyimpan daun jeruk.

3. Langkah Ketiga

Setelah daun jeruk dimasukkan ke dalam kantong plastik, ikatlah plastik tersebut secara rapat. Saat melakukan pengikatan, pastikan ada sedikit ruang udara di dalamnya, sehingga setelah terikat, plastik terlihat membusung.

“Ikat kuat dan pastikan menggembung agar ada udara di dalam nya, udara inilah yang akan mengawetkannya,” jelasnya.

4. Hasil serta Saran

Ia memperlihatkan hasil dari daun jeruk setelah menerapkan cara penyimpanan selama 5 hari. Daun jeruk masih terlihat segar dan tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan.

Meskipun demikian, disarankan untuk membatasi penggunaan cara penyimpanan ini hingga maksimal 1 minggu. Penyebabnya adalah melebihi batas waktu tersebut, daun jeruk dapat berisiko mengalami pertumbuhan jamur dan kemungkinan membusuk.

5. Dari Mana Asal Daun Jeruk?

Daun jeruk berasal dari tanaman jeruk dan sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan Indonesia. Dengan warna hijau tua, aroma segar yang khas, daun jeruk sering menjadi tambahan pada berbagai masakan, kue, dan hidangan lainnya.

6. Apakah Daun Jeruk Bisa Mengobati Batuk?

Tidak hanya bermanfaat untuk meredakan sariawan, daun jeruk juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk. Manfaat ini diperoleh dari kandungan ekstrak vitamin C yang terdapat dalam daun jeruk purut.

7. Apa Beda Jeruk Nipis dan Jeruk Purut?

Jeruk purut dan jeruk nipis memiliki ukuran yang lebih besar. Dalam hal tekstur kulit, jeruk nipis menunjukkan permukaan yang lebih halus di antara keduanya, sementara jeruk purut memiliki kulit yang paling tebal dengan permukaan berkerut.

8. Daun Jeruk Vitamin Apa?

Daun jeruk mengandung berbagai nutrisi, termasuk serat, protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin C, antioksidan, serta nutrisi lainnya yang beragam.

9. Apakah Daun Jeruk Sehat?

Daun jeruk purut mengandung senyawa antioksidan seperti asam ascorbic dan asam ferulic, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Mereka mengurangi stres oksidatif, menjaga integritas pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/saa)

Editor:

Sinta Arumayuni

Rekomendasi
Trending