Sehatkan Jantung, Ini 13 Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Jum'at, 20 November 2020 11:33 Penulis: Puput Saputro
Sehatkan Jantung, Ini 13 Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Jantung jadi salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, jantung juga termasuk organ yang kerap mengalami gangguan. Bahkan tak main-main, gangguan pada jantung bisa menyebabkan masalah serius hingga kematian. Salah satu gangguan jantung adalah penyumbatan arteri. Tapi, tak perlu khawatir sebab ada beberapa jenis makanan pencegah penyumbatan arteri.

Penyumbatan pada pembuluh arteri bisa disebabkan karena adanya penumpukan plak pada dinding dalam arteri. Penyumbatan ini bisa menyebabkan terganggunya aliran darah dalam tubuh. Selain itu, kondisi ini bisa semakin parah apabila penderita juga memiliki riwayat kolesterol. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja makanan pencegah penyumbatan arteri.

Disadur dari liputan6.com, berikut beberapa jenis makanan yang dipercaya berkhasiat mencegah penyumbatan arteri.

 

1. Ikan

Selain enak, ikan juga dikenal menyehatkan. Ikan mempunyai kandungan lemak omega-3 yang tinggi. Berkat kandungan ini, ikan diyakini bisa mengurangi risiko aterosklerosis. Selain itu, omega-3 juga akan membantu mencegah molekul adhesi seluler. Hal ini yang secara tidak langsung membantu mencegah terjadinya peradangan dan penyumbatan di arteri.

 

2. Oatmeal

Oatmeal sering jadi pilihan menu sarapan sehat bagi sebagian orang. Oatmeal memang sudah terbukti mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Ternyata, oatmeal juga tergolong makanan pencegah penyumbatan arteri. Sama seperti ikan, oatmeal juga dipercaya bisa mengurangi faktor risiko aterosklerosis secara signifikan. Bukan itu saja, dalam oatmeal juga terkandung antioksidan yang bersifat antiinflamasi, mencegah terjadinya aterosklerosis.

 

3. Buah-buahan Beri

Jenis buah-buahan beri seperti blueberry, stroberi, cranberry, rasberry, dan blackberry mempunyai rasa yang menyegarkan. Di samping itu, buah berukuran kecil ini juga menyimpan banyak manfaat, salah satunya bagi kesehatan jantung. Dalam buah-buahan beri terdapat serat, vitamin, mineral, antioksidan flavonoid,  yang berguna untuk kesehatan jantung. Konsumsi buah-buahan beri secara rutin juga menjauhkan kita dari risiko aterosklerosis, kolesterol, hipertensi, hingga serangan jantung.

 

4. Buah-Buahan Jeruk

Selain buah-buahan beri, buah-buahan jenis jeruk juga termasuk makanan pencegah penyumbatan arteri. Buah-buahan jenis ini menyimpan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk flavonoid. Dengan adanya flavonoid jeruk jadi berkhasiat mengatasi kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

 

5. Tomat

Sama halnya buah-buahan beri, tomat juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tomat mengandung likopen pigmen karotenoid, sehingga bisa mengurangi risiko kolesterol dan penyakit jantung. Untuk mencegah penyumbatan arteri, konsumsi tomat bisa dicampurkan dengan minyak zaitun.

 

6. Buah Bit

Dalam buah bit terkandung banyak nitrat yang saat berada dalam tubuh diproses menjadi oksida nitrat. Zat ini berfungsi menyampaikan sinyal yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Peradangan pada pembuluh darah bisa mengakibatkan penurunan produksi oksida nitrat. Oleh karena itu, mengonsumsi buah bit yang merupakan sumber nitrat bisa jadi solusi pencegahan yang efektif.

 

7. Sayuran Hijau

Sayuran jadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk terus dikonsumsi. Sayur menyimpan banyak nutrisi dan mineral. Oleh karena itu, sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terlebih sayuran hijau yang berguna untuk kesehatan jantung. Bahkan, sayuran hijau seperti selada, kangkung, kale, sawi, dan bayam dipercaya bisa mencegah tersumbatnya arteri.

 

8. Biji-Bijian

Jenis makanan pencegah penyumbatan arteri berikutnya adalah biji-bijian. Dalam biji-bijian terkandung banyak  protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sehingga tak heran, biji-bijian bisa  mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan tekanan darah dan dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik). Secara tidak langsung hal ini akan berdampak pada berkurangnya risiko penyumbatan arteri.

 

9. Kacang-Kacangan

Tak jauh beda dengan biji-bijian, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi yang tak kalah banyak. Kacang-kacangan juga berkhasiat menjaga kadar kolesterol tubuh dan mengurangi risiko penyumbatan arteri. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan juga diyakini bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

 

10. Minyak Zaitun

Sudah sejak lama minyak zaitun terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Minyak zaitun juga diyakini bisa menjaga kesehatan jantung. Konsumsi minyak zaitun secara rutin sering kali dikaitkan dengan penurunan risiko inflamasi penyumbatan arteri dan penurunan risiko penyakit jantung.

 

11. Rempah-Rempah

Rempah-rempah seperti jahe, lada, cabai, dan kayu manis  tidak hanya jadi bumbu biasa. Rempah-rempah ini juga dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Hal ini lantaran, rempah-rempah jenis ini mempunyai sifat anti-inflamasi. Sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas, meningkatkan kadar lipid darah, serta mengurangi penggumpalan trombosit pada darah.

 

12. Bawang Merah

Selain jadi bumbu masakan, bawang merah sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bawang merah memang mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa mencegah penyumbatan arteri. Di samping itu, sejumlah penelitian juga menyebut bawang merah berkhasiat mencegah peradangan pembuluh darah dan menghambat penggumpalan trombosit dalam darah.

 

13. Cokelat Hitam

Makanan pencegah penyumbatan arteri berikutnya yaitu cokelat hitam. Terbuat dari kakao, cokelat hitam dipercaya bisa mencegah terjadinya penumpukan plak di pembuluh arteri. Dengan begitu, risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh arteri juga jadi berkurang.

Itulah di antaranya 13 makanan pencegah penyumbatan arteri. Bagaimana tertarik mengonsumsi dan merasakan manfaatnya?

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI