7 Tips Mudah Mencegah Sakit Jantung di Usia Muda

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

7 Tips Mudah Mencegah Sakit Jantung di Usia Muda
Tips mudah mencegah sakit jantung (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan yang tergolong sebagai cukup berisiko tinggi. Meski termasuk penyakit mematikan, namun ada sejumlah tips mudah mencegah sakit jantung sedini mungkin yang dapat diterapkan di usia muda.

Penyakit jantung merupakan gangguan penyakit yang menyerang organ jantung manusia. Dimana ada beberapa penyebab seseorang dapat mengidap sakit jantung diantaranya seperti usia, gaya hidup tidak sehat, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dalam darah yang tidak normal.

Tidak dapat dianggap sepele, penyakit ini cukup berisiko tinggi menjadi penyebab kematian di berbagai negara. Berdasarkan data WHO merujuk pada halaman Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 2015 menunjukkan 45 persen dari 70 persen kematian disebabkan oleh penyakit jantung di seluruh dunia. Tidak heran apabila cukup banyak orang khawatir terserang penyakit jantung terlebih pada usia yang semakin senja.

Sebab penyakit jantung diketahui lebih berisiko tinggi menyerang pada mereka yang memasuki usia yakni berkisar antara 45 tahun hingga 55 tahun ataupun lebih. Meski begitu, penyakit jantung tidak menuntut kemungkinan dapat menyerang di usia muda. Untuk itulah perlu memerhatikan kesehatan jantung dan pola hidup sehat untuk mendapat tubuh bugar sedini mungkin.

Lalu apa saja tips mencegah sakit jantung di usia muda?

Adapun tips mencegah sakit jantung di usia muda terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 7 tips mencegah sakit jantung di usia muda dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengontrol Berat Badan

Tips mencegah sakit jantung di usia muda salah satunya adalah dengan mengontrol berat badan. Sebab berat badan diketahui juga berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung. Berat badan berlebih atau obesitas berisiko memiliki kadar kolesterol LDL tinggi, tekanan darah tinggi hingga diabetes.

Seperti diketahui sebelumnya beberapa risiko yang terjadi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih tersebut termasuk dalam faktor penyebab penyakit jantung yang sering terjadi. Tidak heran apabila mengontrol berat badan menjadi salah satu aspek penting mencegah sakit jantung di usia muda.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Konsumsi Makanan Sehat

Tips mudah mencegah sakit jantung di usia muda selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat juga termasuk aspek berperan penting bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam hal ini berkaitan dengan makanan sehat untuk mencegah sakit jantung dapat diperhatikan dengan membatasi konsumsi lemak jenuh, mengandung gula tinggi, ataupun makanan tinggi natrium.

Mengutip dari medlineplus.gov, sejumlah makanan sehat seperti sayur dan buah segar serta biji-bijian termasuk dalam makanan sehat yang ramah dikonsumsi mencegah sakit jantung. Selain itu mengurangi asupan makanan cepat saji juga dapat jadi cara mudah mencegah sakit jantung di usia muda.

3. Rutin Olahraga

Tips mudah mencegah sakit jantung di usia muda juga dapat melakukan rutin olahraga agar tubuh tetap bugar. Seperti diketahui aktivitas fisik olahraga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperlancar sirkulasi darah.

Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging dan senam, bisa menjadi pilihan tepat mencegah risiko sakit jantung. Selain itu dengan melakukan rutin olahraga menjadi cara mudah mengontrol berat badan untuk mencegah obesitas.

4. Hindari Stres

Meski sering dianggap sepele ternyata mengalami stres cukup banyak menjadi penyebab penyakit kesehatan yang menyerang tubuh. Selain berkaitan dengan kesehatan mental mengalami stres juga berpengaruh pada kesehatan fisik termasuk mengalami risiko sakit jantung. Sebab stres diketahui dapat menjadi penyebab seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Untuk itulah penting menghindari stres yang dapat memicu penyakit jantung di usia muda dengan selalu mengontrol emosi agar tak terjadi secara berlebihan atau berkelanjutan. Beberapa cara mencegah stres seperti olahraga, mendengarkan musik, dan yoga bisa menjadi rekomendasi tepat.

5. Istirahat Cukup

Selain stres tips mudah mencegah sakit jantung juga dapat dilakukan dengan menerapkan istirahat cukup. Sebab dengan istirahat cukup secara tidak langsung kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit seperti sakit jantung.

Seperti diketahui bagi orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu istirahat atau tidur selama 7 hingga  jam setiap malam untuk mendapatkan tubuh bugar. Sehingga menghindari tidur begadang atau tidak cukup tidur perlu dilakukan agar tak berisiko mengalami tekanan darah tinggi, obesitas yang jadi faktor risiko penyakit jantung.

6. Hentikan Merokok

Tips mudah mencegah sakit jantung selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Sebab rokok diketahui mengandung berbagai senyawa yang menjadi penyebab seseorang mengalami risiko sakit tertentu seperti pernapasan hingga penyakit jantung. Tak hanya berisiko pada perokok aktif, melainkan juga dapat memberi dampak pada mereka yang menghirup udara terpapar asap rokok atau sering disebut sebagai perokok pasif.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah menjadi faktor penyebab sakit jantung yang umum terjadi. Sehingga selalu menjaga tekanan darah dalam batas normal penting dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Dalam hal ini tekanan darah dapat dikatakan normal dimana tidak melebihi batas 120/0 mmhg pada orang dewasa. Rutin melakukan cek kesehatan untuk mengetahui tekanan darah serta menjaga pola makan dapat dilakukan sebagai tips mudah mencegah sakit jantung di usia muda.

Nah itulah 7 tips mudah mencegah sakit jantung di usia muda. Beberapa tips di atas dapat diterapkan mudah untuk mencegah sakit jantung yang dapat menyerang tanpa batas usia. Sehingga dengan menjaga kesehatan sedini mungkin dapat memperoleh tubuh bugar dan sehat di usia senja.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending