Sering Dilakukan, 6 Bahaya Cahaya Smartphone Jika Dipakai di Ruangan Gelap

Senin, 28 September 2020 20:11 Penulis: Dita Tamara
Sering Dilakukan, 6 Bahaya Cahaya Smartphone Jika Dipakai di Ruangan Gelap
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kebiasaan menggunakan smartphone di ruangan gelap tentunya menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Ya, hampir semua orang tentunya tidak bisa lepas dari smartphone. Rasanya mustahil tak melibatkan smartphone dalam membantu aktivitas kesehariannya.

Bahkan, wajar saja jika kebanyakan orang sudah mulai kecanduan menggunakan smartphone mulai dari pagi hari hingga menjelang tidur lagi. Namun menatap layar smartphone terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan kalian. Hal ini lantaran layar tersebut memancarkan radiasi sinar biru yang berbahaya.

Dibalik fungsi smartphone yang begitu canggih, benda kecil ini ternyata juga memberikan sederet efek negatif. Apalagi kebiasaan seseorang yang sering menggunakan smartphone di ruangan gelap pada saat menjelang tidur.

Tanpa disadari, jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, maka banyak dampak buruk juga yang dapat kalian rasakan pula. Lalu, apa saja bahaya cahaya smartphone yang sering digunakan di ruangan gelap? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Kelelahan Otak

Apabila kalian mempunyai kebiasaan menggunakan handphone pada ruangan yang gelap, mulai sekarang untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Sebab, ketika kalian bermain smartphone di ruangan gelap dan sampai lupa waktu, maka tubuh tidak mendapat tidur yang cukup sehingga bagian sistem otak yang memerintah berbagai fungsi tubuh akan melemah sehingga menurunkan daya ingat. Hal inilah yang membuat otak menjadi lemah dan lelah untuk melewati hari berikutnya dan akan mengalami kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur.

2. Menyebabkan Kanker

Selanjutnya, menatap smartphone di ruangan gelap dapat menyebabkan penyakit yang selama ini menjadi momok menakutkan yakni, kanker. Ya, menatap smartphone secara terus menerus dapat terkena paparan sinar biru yang menekan produksi hormon melatonin yang berfungsi menidurkan sel-sel kanker, dan meningkatkan produksi hormone estrogen yang memicu kanker payudara. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang biasakan untuk tidak menggunakan smartphone di ruangan gelap.

3. Kerusakan Retina

Apabila kalian kerap menggunakan smartphone di ruangan gelap, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada retina. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral atau kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan kalian. Oleh sebab itu, ada baiknya jangan terlalu dekat memancarkan layar smartphone dekat dengan retina. Gunakanlah smartphone yang masih dalam batas wajar.

4. Kurang Tidur

Pernahkah kalian merasakan ngantuk berat dan ketika mematikan lampu kamar lalu memainkan smartphone justru rasa kantuk jadi hilang? Hal ini bisa terjadi karena sinar biru yang dikeluarkan layar handphone bersifat supresif terhadap hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur seseorang.

Paparan sinar biru ini akan meningkatkan produksi melatonin dan membuat kalian merasa sulit tidur. Sinar biru juga dapat membuat otak memerintahkan tubuh untuk terus aktif dan akhirnya kesulitan tidur dan mengganggu jam tidur kalian.

5. Sebabkan Penuaan Dini

Cahaya biru dari layar smartphone dapat berpotensi menimbulkan radikal bebas. Nah, radikal bebas inilah yang dapat menimbulkan kerusakan kulit. Selain itu, cahaya biru dapat menembus lapisan kulit lebih dalam dari sinar UV-A dan UV-B yang dihasilkan oleh sinar matahari. Cahaya biru juga dapat mendorong pigmentasi lebih aktif dibandingkan sinar UV. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penuaan dini pada kulit.

6. Iritasi Mata

Seringnya menggunakan smartphone dalam kondisi ruangan gelap, biasanya akan membuat kalian merasakan gatal dan mengucek mata. Nah, hal ini bisa terjadi lantaran paparan cahaya layar smartphone akan mengurangi tingkat kedipan mata yang berdampak pada ketegangan mata, iritasi mata, kekeringan, hingga mata kabur.

Itulah sederet bahaya cahaya smartphone apabila sering digunakan di ruangan gelap. Jadi, mulai saat ini kalian harus membatasi penggunaan smartphone, apalagi dalam keadaan gelap. Manfaatkan HP sewajarnya saja jangan sampai mengganggu kesehatan pada diri sendiri.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI