Bisa Ganggu Nafsu Makan - Sebabkan Sakit, Ini 8 Cara Mengatasi Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan

Senin, 28 September 2020 17:11 Penulis: Puput Saputro
Bisa Ganggu Nafsu Makan - Sebabkan Sakit, Ini 8 Cara Mengatasi Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Selain karena rasanya yang enak, ikan juga dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Itulah sebabnya, ikan kerap jadi makanan sehari-hari. Saat makan ikan, bagian tulang ikan bisa jadi satu kendala. Terlebih jika tidak sengaja tertelan dan tersangkut di tenggorokan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

Ketika tulang ikan tak sengaja tertelan dan tersangkut, tenggorokan akan terasa sakit hingga perih. Sesaat, kita juga akan merasa kesulitan menelan makanan. Akibatnya, nafsu makan kita juga bisa terganggu. Itulah sebabnya, tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan sebaiknya segera diatasi. Tapi, bagaimana caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

 

1. Jangan Pakai Tangan

Saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan, kita tidak boleh berusaha mengambilnya langsung menggunakan tangan. Seperti yang kita tahu merupakan salah satu bagian tubuh yang kotor. Apalagi setelah kita menyentuh banyak benda.

Walaupun sudah cuci tangan, mengatasi tulang ikan tersangkut dengan tangan tetap tidak dianjurkan. Sebab, selain kotor upaya mengatasi tulang ikan tersangkut memakai tangan juga bisa memicu cedera bahkan infeksi.

2. Batuk

Karena tidak bisa menggunakan tangan, sebagai gantinya kalian bisa berusaha mengeluarkan tulang ikan dengan batuk. Namun untuk melakukannya, kalian perlu melakukan batuk yang cukup kencang dengan penekanan di tenggorokan. Kalian bisa melakukannya dalam beberapa kali percobaan sampai tulang ikan berhasil keluar.

3. Minum Air

Jika setelah beberapa kali percobaan tetap tak berhasil, kalian bisa mencoba cara mengatasi tulang ikan tersangkut di tenggorokan dengan minum air putih. Cara ini terbilang mudah dan cukup efektif. Kalian hanya perlu meminum segelas air putih. Aliran air putih ke tenggorokan dapat mengatasi tulang ikan yang tersangkut.

Namun perlu diperhatikan, lakukan cara ini dengan pelan-pelan dan hati-hati. Sebab, jika terburu-buru bisa mengakibatkan tersedak.

4. Menelan Nasi

Apabila kalian mengalami tulang ikan tersangkut saat sedang makan besar, maka sebaiknya kalian segera menelan nasi. Tapi, sebelum masuk ke mulut, sebaiknya buat nasi dalam bentuk bulatan kecil seperti kelereng. Kemudian, masukkan ke mulut dan langsung telan nasi tersebut tanpa dikunyah. Tekstur nasi yang agak padat dan lembut dapat mengatasi tulang ikan yang tersangkut.

5. Makan Pisang

Selain dengan nasi, kalian juga bisa melakukan cara mengatasi tulang ikan tersangkut di tenggorokan dengan makan pisang. Pisang mempunyai tekstur yang tidak jauh beda dengan nasi. Pisang juga bertekstur padat tapi lembut. Sehingga, cocok untuk ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu.
Akan tetapi perlu diperhatikan, ukuran pisang yang dimakan. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, agar pas di tenggorokan dan bisa membawa duri atau tulang ikan ke pencernaan.

6. Minyak Zaitun

Cara mengatasi tulang ikan tersangkut di tenggorokan juga bisa dilakukan dengan minyak zaitun. Caranya cukup gampang, kalian hanya perlu mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dengan satu gelas kecil air hangat. Lalu meminum air campuran tersebut.

Campuran air hangat dan minyak zaitun akan berfungsi seperti pelumas. Dengan begitu, tulang ikan yang tersangkut akan lebih mudah ditelan. Namun tak bisa instan, kalian perlu bersabar saat melakukan cara yang satu ini.

7. Makan Marshmallow

Tak jauh beda dengan nasi dan pisang, marshmallow juga punya tekstur yang padat tapi lembut. Namun, kalian tetap perlu mengunyah marshmallow secara kasar, kemudian menelannya. Marshmallow memiliki tekstur kenyal,  akan berubah menjadi lengket saat terkena air liur. Dengan begitu, tulang ikan akan lebih mudah menempel di marshmallow lalu terbawa ke pencernaan.

8. Air Garam

Salah satu cara mengatasi tulang ikan tersangkut lainnya bisa dengan meminum air garam. Cara ini akan sangat efektif dilakukan apabila tulang ikan yang tersangkut berukuran kecil atau bertekstur lembut. Air garam dipercaya bisa meluruhkan tulang ikan kecil dan lembut. Sehingga, tulang ikan bisa langsung terbawa air garam menuju ke pencernaan.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut. Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, sebaiknya segera hubungi dokter untuk segera mendapatkan perawatan medis. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya infeksi di saluran tenggorokan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI