Perlu Dihindari, Ini 9 Makanan Penyebab Kentut Semakin Bau

Senin, 28 September 2020 14:11 Penulis: Puput Saputro
Perlu Dihindari, Ini 9 Makanan Penyebab Kentut Semakin Bau
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kentut atau buang angin merupakan sebuah kondisi normal yang dialami tubuh seseorang. Kentut terjadi saat keluarnya gas dalam perut atau pencernaan melalui anus. Ketut yang bisa terjadi sewaktu-waktu bisa jadi masalah, karena sering disertai dengan bau tidak sedap. Ternyata ada beberapa jenis makanan penyebab kentut semakin bau.

Walaupun sebenarnya, sangat wajar bila kentut berbau tidak sedap. Namun, ternyata bau tak sedap saat kentut bisa diminimalisir. Salah satunya dengan menghindari konsumsi jenis-jenis makanan tertentu yang bisa sebabkan kentut semakin berbau tak sedap. Lantas, makanan apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan penyebab kentut semakin bau.

 

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk-produk olahannya atau yang sering disebut diary product, ternyata juga bisa menjadi makanan penyebab kentut semakin bau. Terlebih, bagi kalian yang mengalami alergi atau intoleran terhadap kandungan laktosa. Nah, kandungan laktosa yang tidak terproses dengan baik inilah yang mengakibatkan kentut semakin bau.

Selain itu, dalam susu dan produk olahannya juga terdapat senyawa sulfur dan bisa menyebabkan perut kembung. Padahal saat mengalami perut kembung, tubuh kita akan relatif lebih sering mengalami kentut.

2. Daging Merah

Selain susu, makanan kaya protein hewani yaitu daging merah juga bisa menyebabkan kentut semakin bau. Daging merah seperti sapi, kerbau, atau babi juga mengandung metionin, asam amino yang di dalamnya terdapat sulfur yang cukup tinggi. Sulfur inilah yang kemudian bisa membuat bau kentut semakin pekat.

3. Bawang

Selama ini bawang jadi salah satu bumbu dapur wajib bagi berbagai masakan khas Indonesia. Sayangnya, konsumsi bawang yang terlalu banyak ternyata juga bisa menyebabkan efek bau kentut yang tidak sedap. Dalam bawang terdapat kandungan zat bernama fruktosa. Kandungan ini berperan dalam menghasilkan bau. Bahkan, tak hanya bau kentut melainkan juga bau keringat dan bau mulut. 

4. Brokoli

Brokoli jadi salah satu jenis sayuran yang paling populer saat ini. Kaya akan nutrisi, brokoli jadi sayuran menyehatkan yang banyak digemari. Siapa sangka, sayuran berwarna hijau ini ternyata juga termasuk dalam jenis makanan penyebab bau kentut.

Hal ini dikarenakan, brokoli mempunyai serat yang cukup tinggi. Sementara, konsumsi serat yang terlalu tinggi justru bisa membuat makanan sulit dicerna. Namun, aktivitas bakteri dalam usus bisa membuat brokoli jadi pemicu munculnya gas. Di samping itu, tak banyak yang tahu brokoli ternyata juga mengandung belerang. Inilah yang kemudian membuat gas setelah mengonsumsi brokoli jadi cenderung lebih bau.

5. Alkohol

Meminum alkohol bisa sangat berisiko terhadap kesehatan. Bahkan, banyak yang menyebut konsumsi alkohol secara berlebih bisa merusak kondisi organ dalam seseorang. Sama seperti beberapa jenis makanan yang disebutkan sebelumnya, alkohol khususnya jenis bir juga mengandung sulfur. Oleh karena itu, bisa menimbulkan efek buang gas lebih sering dengan bau yang lebih menyengat.

6. Kacang-Kacangan

Jenis makanan penyebab kentut semakin bau berikutnya ialah kacang-kacangan. Ya, kacang-kacangan yang selama ini terkenal menyehatkan ternyata juga mempunyai efek samping. Dalam biji kacang-kacangan umumnya terdapat zat bernama rafinosa. Zat inilah yang bisa memicu bau menyengat pada gas yang tersimpan di usus.

7. Bunga Kol

Zat rafinosa juga ditemukan di sejumlah jenis sayuran lainnya, salah satunya bunga kol. Sehingga mengonsumsi bunga kol juga bisa menimbulkan efek yang sama. Oleh karena itu, salah satu cara agar bau tidak sedap saat kentut tidak terlalu pekat bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah konsumsi bunga kol.

8. Kubis

Kubis juga termasuk salah satu jenis sayuran favorit banyak orang. Praktis, bisa dikonsumsi sebagai lalapan tanpa harus diolah. Sayangnya selain kacang-kacangan dan bunga kol, zat rafinosa juga terdapat pada kubis. Bahkan tak hanya zat rafinosa, dalam kubis juga terkandung sulfur yang juga bisa membuat kentut semakin berbau tak sedap.

9. Telur

Telur sering dijadikan sumber protein hewani bagi banyak orang. Telur juga sering diduga sebagai salah satu makanan penyebab kentut semakin bau. Ternyata, dugaan tersebut ada benarnya. Pasalnya, dilansir dari bbc.co.uk, dalam telur terkandung metionin yang mengandung sulfur. Sehingga, dipercaya bisa membuat gas kentut menjadi lebih bau.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab kentut semakin bau. Bagaimana adakah di antaranya makanan favoritmu?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI