Harga Capai Ratusan Juta, Ini Manfaat Tanaman Hias Janda Bolong Serta Cara Merawatnya

Senin, 28 September 2020 14:55 Penulis: Dhia Amira
Harga Capai Ratusan Juta, Ini Manfaat Tanaman Hias Janda Bolong Serta Cara Merawatnya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat ini bukan hanya fashion saja yang memiliki harga yang selangit, nyatanya tanaman hias janda bolong juga menjadi salah satu yang memiliki harga selangit. Tentu saja banyak pula yang menanyakan manfaat tanaman hias janda bolong ini.

Mengalami kelonjakan harga yang luar biasa hingga ratusan juta, membuat janda bolong saat ini sangat viral. Kira-kira apa saja yang manfaat tanaman hias satu ini, hingga memiliki harga yang fantastis?

Dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat tanaman hias janda bolong yang sedang viral. Dan bagaimana cara merawatnya dengan baik dan juga tepat. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Apa Itu Janda Bolong?

Janda bolong, atau yang biasa dikenal dengan nama latin monstera adansonii ini merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk cukup unik. Janda bolong juga memiliki nama lain seperti, keju Swiss dan tanaman 5 lubang.

Tanaman ini tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selain itu kalian juga bisa menemukan tanaman ini di Hindia Barat, yang biasanya berada di dekat lembah sungai dataran rendah.

Memiliki bentuk yang kecil, dan daun-daun kecil, membuat janda bolong dimasukkan sebagai salah satu tanaman hias. Bahkan tanaman janda bolong ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih segar dan juga indah.

2. Memperbaiki Kualitas Udara

Manfaat tumbuhan janda bolong yang pertama yaitu dapat memperbaiki kualitas udara. Yup! Memang bukan hal asing lagi bila banyak tanaman hias yang dapat memperbaiki kualitas udara, salah satunya yaitu tanaman hias janda bolong.

Hal ini karena janda bolong termasuk dalam golongan tumbuhan monstera, atau tumbuhan yang dapat menghilangkan kandungan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia dari udara. Sehingga ruangan udara lebih segar, dan terhindar dari debu dan juga polusi.

3. Menyehatkan Mata

Selain dapat memperbaiki kualitas udara, nyatanya tanaman hias janda bolong juga dapat menyehatkan mata kalian loh KLovers. Bila kalian bekerja seharian dengan menghadap layar komputer, maka kalian bisa menjadikan janda bolong sebagai tanaman untuk menyehatkan mata kalian.

Terlalu lama melihat sinar radiasi juga tidak baik, sehingga kalian butuh melihat tanaman hijau seperti janda bolong. Selain itu tanaman janda bolong ini juga dapat menghilangkan kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Memiliki bentuk yang unik dan dapat memperbaiki kualitas udara, membuat tanaman janda bolong dapat menjaga kesehatan mental kalian loh KLovers. warna hijaunya yang alami, serta bau segar langsung dari alam akan memancarkan getaran positif bagi kehidupan kalian.

Itulah mengapa meletakkan tanaman hias janda bolong di meja kantor kalian sangat bermanfaat dalam mengatur suasana kantor dan juga hati. Sehingga dapat menjaga kesehatan mental kalian dengan baik.

5. Mengurangi Stres

Masih dalam menjaga kesehatan mental, tanaman hias janda bolong ini juga dapat mempengaruhi mood kalian, dan mengurangi tingkat stres. Mengalami tekanan dalam pekerjaan, dan ruangan yang tidak memiliki kualitas udara baik dapat membuat seseorang stres berat.

Dan melihat sesuatu yang segar di mata, serta dapat mengubah kualitas udara lebih baik akan membuat mood seseorang menjadi lebih positif. Bila sudah seperti ini, maka akan mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

6. Memberikan Kesan Classy

Dan manfaat dari tanaman hias janda bolong yang terakhir yaitu, dapat memberikan kesan yang classy atau mewah. Yup! Tanaman hijau dengan bentuk yang unik dapat memberikan kesan yang mewah pada ruangan.

Bukan hanya mewah saja, tanaman hias juga mampu memberikan kesan yang segar dan luas pada ruangan yang sempit. Itulah mengapa sudah banyak sekali ruangan cafe, kantor, hotel, hingga rumah yang memiliki tanaman hias sebagai hiasan yang elegan.

7. Cara Perawatan

Walaupun memiliki harga yang fantastis, nyatanya tanaman hias janda bolong tidak terlalu sulit loh dalam perawatan. Janda bolong sama seperti tanaman hias lainnya yang mudah untuk dirawat bagi kalian yang pemula sekalipun.

Kalian hanya perlu memperhatikan hal-hal penting seperti, suhu, sinar matahari, tanah, menyiram, dan pupuk. Untuk suhu kalian harus memperhatikan tanaman ini pada suhu antara 23-30 derajat celsius. Dan pada malam hari janda bolong harus berada pada suhu ruangan setidaknya 15 derajat celsius.

Kemudian sinar matahari, memang setiap tanaman membutuhkan namanya sinar matahari. Tidak terkecuali dengan janda bolong, walaupun tanaman ini tetap bisa bertahan hidup walaupun di dalam ruangan tertutup sekalipun. Tetapi untuk disarankan letakkan tanaman ini dekat dengan jendela agar tetap terkena sinar matahari.

Dan kondisi tanah serta cara menyiram harus diperhatikan, janda bolong sama seperti tanaman hias lainnya yang mudah untuk ditanam. Kalian hanya perlu memperhatikan kondisi tanah dan mencampurkannya dengan kompos agar dapat tumbuh dengan baik. Lalu kalian hanya perlu menyiram janda bolong 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan juga sore hari.

Itulah manfaat tanaman hias janda bolong dan cara merawatnya dengan baik dan juga tepat. Bukan hanya memiliki bentuk unik dan harga yang fantastis saja, tanaman janda bolong ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI