Tak Hanya Olahraga, Ternyata 7 Asupan Ini Bisa Menambah Tinggi Badan

Rabu, 14 Oktober 2020 19:55 Penulis: Nurul Wahida
Tak Hanya Olahraga, Ternyata 7 Asupan Ini Bisa Menambah Tinggi Badan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang memiliki tinggi badan ideal menjadi dambaan. Terlebih di usia yang sudah tidak mudah lagi menambah tinggi badan diperlukan usaha ekstra untuk mendapat hasil sesuai harapan. Namun ternyata selain dengan olahraga, ada sejumlah asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan secara alami.

Seperti diketahui tinggi badan biasanya akan bertambah cukup pesat di masa pertumbuhan. Dimana masa pertumbuhan seseorang laki-laki biasanya mulai terjadi pada usia sekitar 11 sampai 12 tahun pada kategori cepat, dan usia 13 atau 14 tahun kategori lambat seperti melansir dari hellosehat.com.

Sedangkan masa pertumbuhan perempuan biasanya terjadi saat memasuki 8 tahun hingga 14 tahun. Batas pertumbuhan tinggi badan tersebut akan memasuki puncaknya pada usia 16 tahu pada wanita dan 18 tahun untuk laki-laki. Namun batas tersebut juga disesuaikan dengan masa pubertas yang dialami masing-masing individu.

Terlepas dari hal tersebut sejumlah orang mengalami masalah dengan tinggi badan mereka yang tidak ideal. Melakukan sejumlah cara menambah tinggi badan dengan berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang tak dilewatkan agar mendapatkan tinggi ideal. Terlebih seiring bertambahnya usia, tinggi badan justru mengalami penurunan dan diperlukan usaha ekstra menambah proporsi tubuh sesuai keinginan. Menariknya selain olahraga ternyata menambah tinggi badan juga dapat dilakukan dengan konsumsi asupan tertentu.

Lalu apa saja asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan?

Adapun asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Asupan makanan menambah tinggi badan tersebut sebagai berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Susu

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan salah satunya adalah susu. Seperti diketahui susu cukup familiar menjadi asupan yang diketahui bisa menambah tinggi badan. Sebab kandungan nutrisi dan vitamin seperti protein, kalsium serta vitamin A dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu pertumbuhan tulang tetap kuat sebagai dasar utama meningkatkan tinggi badan seperti melansir dari stylecraze.com.

Konsumsi 2 hingga 3 gelas susu skim bebas lemak diketahui bisa membantu mengatasi masalah pertumbuhan termasuk tinggi badan. Meski begitu diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesehatan terutama jika kalian memiliki alergi atau masalah yang berkaitan dengan makanan berbahan susu.

2. Kacang Almond

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan selanjutnya adalah kacang almond. Almond mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin diantaranya yakni vitamin E, mangan, serat, dan lemak sehat. Melansir dari healthline.com, kacang almond bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang termasuk berperan dalam masa pertumbuhan anak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 14 orang responden menemukan bahwa konsumsi kacang almond bisa menghambat pembentukan osteoklas. Selain itu kekurangan vitamin E tersebut juga dapat berdampak pada pertumbuhan yang terhambat.

3. Telur

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan lainnya yakni bisa diperoleh dari telur. Telur sendiri mengandung protein tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh termasuk tulang. Selain itu adanya vitamin B2 atau dikenal dengan riboflavin dalam telur diketahui bisa menambah tinggi badan seperti melansir dari stylecraze.com.

Sedangkan vitamin D pada telur juga berperan untuk meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak karena dapat membantu menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian yang dilakukan pada 874 anak menemukan adanya keterkaitan dengan peningkatan tinggi badan.

4. Sayur Hijau

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan selanjutnya adalah sayuran hijau. Sebab sejumlah sayuran hijau diketahui mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin C. Nutrisi tersebut cukup berperan membantu pertumbuhan badan. Selain itu sayuran hijau juga memiliki vitamin K yang menyehatkan tulang dan membantu meningkatkan tinggi badan. Diantara sayuran hijau tersebut seperti kangkung, bayam, kubis, dan lain sebagainya yang bisa dibuat dengan resep sehat.

5. Ayam

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan lainnya yakni ayam. Daging ayam diketahui mengandung protein tinggi serta vitamin B12 yang berperan penting untuk pertumbuhan badan. Melansir dari healthline.com, ayam juga memiliki senyawa asam amino yang dapat membantu mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Namun manfaat tersebut juga bergantung pada proses memasak dan pemotongan. Sejumlah resep makanan berbahan dasar ayam bisa menjadi pilihan yang nikmat untuk dikonsumsi.

6. Kacang Polong

Kandungan protein tinggi dalam kacang polong juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan tinggi badan. Tak hanya protein, kacang polong juga mengandung zat besi dan vitamin B yang bermanfaat bagi tubuh termasuk untuk pertumbuhan badan. Melansir dari healthline.com, zat besi sendiri bermanfaat untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan yang terjadi pada anak-anak. Selain bermanfaat bagi pertumbuhan diantara khasiat lain dari kacang polong seperti menyehatkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

7. Yogurt

Asupan makanan yang bisa menambah tinggi badan selanjutnya yakni yogurt. Sama halnya dengan susu, yogurt juga mengandung protein tinggi yang berperan untuk membantu meningkatkan masa pertumbuhan. Sejumlah yogurt bahkan termasuk mengandung probiotik yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh, serta membantu untuk pertumbuhan seperti melansir dari healthline.com. Selain itu kandungan kalsium, fosfor, magnesium dalam yogurt juga berperan mendukung kesehatan tulang untuk menambah tinggi badan.

Nah itulah 7 asupan ini bisa menambah tinggi badan. Selain dengan konsumsi asupan makanan tersebut diperlukan sejumlah aktivitas pendukung yang bisa dilakukan seperti olahraga. Konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan terlebih dahulu apabila kalian termasuk alergi beberapa makanan di atas.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI