Sering Lupa Menaruh Barang? Ini 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Jadi Pelupa

Jum'at, 25 September 2020 15:11 Penulis: Puput Saputro
Sering Lupa Menaruh Barang? Ini 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Jadi Pelupa
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sering lupa menaruh barang bisa jadi hal sepele yang kerap dialami banyak orang. Tanpa disadari hal ini bisa jadi satu pertanda daya ingat yang mulai menurun. Menurunnya daya ingat memang merupakan hal wajar. Bahkan, normalnya daya ingat seseorang akan menurun seiring pertambahan usia. Namun, ternyata ada beberapa cara meningkatkan daya ingat.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, daya ingat akan tetap terjaga bahkan bisa jadi semakin terasah. Menjaga daya ingat tentu akan memberikan banyak keuntungan, mulai dari meningkatkan kemampuan otak hingga menjauhkan risiko kepikunan di usia tua. Sebaliknya, daya ingat yang menurun bisa menghambat berbagai aktivitas.

Lantas bagaimana cara meningkatkan daya ingat? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu cara meningkatkan daya ingat yang paling mendasar ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Perhatikan asupan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi. Otak sebagai organ vital yang berperan dalam menjaga memori atau ingatan membutuhkan beberapa nutrisi asam lemak omega-3.

Jadi, untuk menjaganya tetap maksimal penuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Beberapa jenis makanan kaya omega-3, di antaranya salmon, ikan sarden, kacang-kacangan, teh hijau, dan lain-lain.

2. Olahraga Rutin

Olahraga ternyata tak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, melainkan juga baik untuk kesehatan otak atau mental. Dilansir dari healthline.com, olahraga bermanfaat bagi otak karena bisa membantu meningkatkan daya ingat. Olahraga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan neuron, sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan otak.

Manfaat ini tak terbatas pada golongan usia tertentu. Artinya, golongan orang dewasa tetap bisa merasakan manfaat olahraga untuk meningkatkan daya ingat. Jangka panjang, olahraga secara rutin juga diyakini bisa menjauhkan risiko kepikunan atau demensia di usia lanjut.

3. Cukup Istirahat

Selain konsumsi makanan bergizi dan berolahraga, pola hidup sehat tak akan lengkap tanpa istirahat yang cukup, khususnya tidur. Kurang tidur memang bisa menyebabkan memburuknya ingatan seseorang. Dilansir dari healthline.com, saat tidur terjadi proses konsolidasi memori, yaitu proses saat ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan jangka panjang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur. Sebagaimana yang kita tahu, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam per hari. Jadi, demi daya ingat yang terjaga penuhi anjuran tersebut mulai dari sekarang.

4. Meditasi

Cara meningkatkan daya ingat berikutnya yaitu bisa dengan meditasi. Selama ini, meditasi dikenal sebagai salah satu metode untuk menenangkan jiwa atau pikiran. Saat melakukan meditasi, otak kita akan dilatih untuk lebih fokus dan rileks. Relaksasi otak tersebut akan memberi dampak positif pada daya ingat jangka pendek seseorang.

5. Latihan Otak

Sama seperti otot atau bagian tubuh lainnya, otak juga bisa dilatih agar lebih kuat dan tangkas. Melatih otak juga menjadi salah satu cara meningkatkan daya ingat yang paling efektif.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk melatih otak. Salah satunya dengan bermain games edukatif, seperti puzzle, catur dan sebagainya. Selain itu, latihan otak juga bisa dilakukan melalui bermusik. Latihan otak akan semakin efektif jika dilakukan secara rutin sejak usia sedini mungkin.

6. Konsumsi Minyak Ikan

Sudah sejak lama, minyak ikan terkenal akan khasiatnya yang baik untuk kecerdasan otak. Minyak ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Hal ini membuat minyak ikan menjadi suplemen alami untuk kesehatan otak yang paling ampuh.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, bahkan pada usia lanjut. Selain itu, kandungan EPA dan DHA juga berfungsi bisa mencegah terjadinya penurunan kemampuan kognitif.

7. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga bisa merusak otak. Oleh karena itu, alkohol jadi salah satu hal yang perlu kalian hindari agar daya ingat tetap terjaga. Pada otak, alkohol bisa menimbulkan efek neurotoksik dan merusak bagian otak yang memainkan peran penting dalam mempertahankan ingatan atau memori.

8. Kurangi Konsumsi Makanan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis jadi favorit banyak orang. Sayangnya, tak banyak yang tahu, bahwa makanan dan manis ternyata bisa memberi efek buruk bagi kesehatan otak.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa makanan dan minuman manis bisa meningkatkan risiko alzaimer. Selain itu, konsumsi makanan dan minuman manis juga berpengaruh pada volume otak total yang menjadi lebih rendah. Artinya, membatasi jumlah konsumsi makanan dan minuman manis, bisa jadi salah satu cara meningkatkan daya ingat.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat. Kalian bisa mulai menerapkannya agar kesehatan otak dan daya ingat lebih terjaga. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI