Perlu Diketahui Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Otak - Tingkatkan Daya Ingat

Rabu, 26 Agustus 2020 09:22 Penulis: Puput Saputro
Perlu Diketahui Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Otak - Tingkatkan Daya Ingat
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Makanan jadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Tak sembarang makanan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi. Sebab, asupan nutrisi dalam makanan bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan organ dalam, termasuk bagi otak. Bahkan ternyata ada sejumlah makanan yang menyehatkan otak.

Sebagaimana yang kita tahu, otak merupakan organ salah satu organ vital manusia. Otak memegang peranan penting sebagai pusat kontrol aktivitas dan pikiran seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya berkhasiat baik untuk otak.

Lantas, apa sajakah makanan yang menyehatkan otak? Berikut beberapa ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Ikan

Salah satu makanan yang dipercaya bisa menyehatkan otak adalah ikan. Hal ini dikarenakan ikan mengandung banyak omega-3. Dilansir dari healthline.com, omega-3 diperlukan tubuh untuk membangun sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, omega-3 juga diyakini bisa menjaga kesehatan mental dan mencegah Alzheimer.

Ikan yang mengandung banyak minyak merupakan pilihan yang sangat baik untuk kesehatan otak. Sebab, omega-3 banyak terkandung dalam minyak ikan. Itulah sebabnya, minyak ikan kerap diberikan pada anak dalam masa pertumbuhan. Beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan omega-3 tinggi antara lain, salmon, makarel, tuna, sarden, dan sebagainya.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Jenis makanan yang menyehatkan otak berikutnya adalah jenis kacang-kacangan atau biji-bijian. Sama halnya dengan ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung banyak omega-3. Sehingga, sangat baik untuk kesehatan otak.

Tak itu saja, dalam kacang-kacangan dan biji-bijian juga terdapat vitamin E. Jenis vitamin tersebut juga berguna untuk sel otak. Khususnya dalam mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas.

3. Telur

Telur jadi salah satu sumber protein hewani yang sering dikonsumsi banyak orang. Meski cukup populer dan banyak dikonsumsi, sepertinya banyak yang belum tahu bahwa telur juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Telur mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan otak, seperti vitamin B6 dan B12, folat dan kolin.

Kandungan kolin dalam telur bermanfaat untuk membantu tubuh mengatur suasana hati dan memori. Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kesehatan otak dan mental. Pada telur kandungan kolin terbanyak terdapat pada bagian kuningnya.

Sementara itu, folat dan vitamin B kompleks dalam telur bermanfaat memperlambat terjadinya penurunan fungsi otak pada orang tua. Artinya, ini berguna untuk mencegah alzaimer atau kepikunan.

4. Buah Alpukat

Sudah sejak lama, alpukat dikenal sebagai buah yang kaya khasiat. Alpukat juga dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil karena membawa sejumlah manfaat untuk ibu hamil dan calon bayi. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan otak. Asupan lemak tak jenuh diyakini dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mencegah terjadinya penurunan kemampuan kognitif.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung yang dibuat dari biji buah kakao juga berkhasiat untuk kesehatan otak. Kakao diketahui mengandung antioksidan flavonoid. Antioksidan tersebut sangat penting untuk kesehatan otak. Flavonoid dipercaya bisa mencegah penurunan kognitif dan penyakit otak terkait usia.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, kandungan dalam cokelat hitam dapat mendorong pertumbuhan neuron dan membantu kerja pembuluh darah di bagian otak. Dengan begitu, kemampuan otak dalam hal daya ingat dan konsentrasi dapat terjaga.

6. Kopi

Selama ini kita mengenal kopi bermanfaat untuk mengatasi rasa ngantuk. Ternyata, kopi mempunyai manfaat lain yang lebih luar biasa. Ya, kopi juga tergolong salah satu makanan yang menyehatkan otak. Kandungan kafein dalam kopi berguna menangkal zat adenosine, yang membuat seseorang mengantuk. Secara tidak langsung, hal tersebut membantu kerja otak untuk tetap fokus.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah penelitian juga menyebut kafein dalam kopi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Khususnya, dalam hal memproses informasi. Di samping itu, kopi juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan otak. Lebih lanjut, konsumsi kopi secara cukup dalam jangka panjang bisa menurunkan risiko alzaimer, parkinson, dan penyakit akibat gangguan otak lainnya.

7. Brokoli

Sayur memang jadi salah satu makanan sehat. Salah satu alasannya, karena kedua jenis makanan ini mengandung banyak serat. Salah satu jenis sayuran yang populer dan digemari adalah brokoli. Selain kaya akan serat, brokoli merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan ini selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang.

Nah itulah di antaranya beberapa jenis makanan yang menyehatkan otak. Agar kesehatan otak terjaga, kalian bisa mengonsumsi makanan-makanan di atas. Semoga bermanfaat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI