Aman untuk Semua Kalangan, Ini Beberapa Jenis Susu Sehat Non Aditif

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

Aman untuk Semua Kalangan, Ini Beberapa Jenis Susu Sehat Non Aditif
Jenis susu yang aman untuk dikonsumsi (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Susu memang menjadi salah minuman yang sehat, dan banyak dianjurkan untuk pertumbuhan serta kesehatan dalam tubuh. Tetapi ternyata ada pula loh jenis susu sehat non aditif yang baik dikonsumsi untuk semua kalangan.

Susu non aditif ini merupakan salah satu susu yang sangat alami, dan belum terkontaminasi oleh zat lainnya. Kira-kira jenis susu apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa jenis susu sehat non aditif yang aman untuk semua kalangan. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Apa Itu Zat Aditif?

Zat Aditif merupakan sebuah zat yang dapat meningkatkan penampilan, cita rasa, tekstur, aroma, hingga daya simpan makanan serta minuman. Dan terkadang zat aditif ini ditambahkan untuk meningkatkan nilai gizi dari makanan dan minuman tersebut.

Zat aditif sendiri memiliki beberapa jenis yaitu, zat pewarna, zat pemanis, zat pengawet, zat penyedap, zat pemberi aroma, dan zat pengental. Dan semua zat ini membuat makanan yang tadinya alami, menjadi tidak alami lagi.

Tentu saja zat aditif ini sengaja dimasukkan ke dalam sebuah makanan secara sengaja, untuk memberikan rasa yang dibutuhkan dari makanan tersebut. Itulah mengapa beberapa susu juga memiliki zat aditif di dalamnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kandungan Aditif Apa Saja di Susu?

Bila susu sudah memiliki kandungan aditif, maka susu tersebut tidak benar-benar murni, karena sudah ada zat lain yang dimasukkan dalam susu tersebut. Kandungan tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh susu.

Seperti zat keragian yang diberikan pada susu untuk menstabilkan dan menebalkan beberapa dairy free milks. Kandungan ini akan berbahaya bila berbasis rumput laut, karena dapat membuat masalah dalam saluran pencernaan.

Minyak juga menjadi salah satu zat aditif tambahan yang akan diberikan pada susu. Minyak digunakan dalam dairy free milks sebagai pengental dan pengemulsi. Minyak yang digunakan seperti minyak canola, minyak jagung, minyak safflower, minyak biji bunga matahari, dan minyak kedelai.

Dan ada gula yang juga menjadi salah satu zat aditif tambahan yang sering kita temukan. Kandungan gula di sini harus kita perhatikan, karena akan tidak ideal jika dicampurkan ke minuman dairy free milks.

3. Susu Kambing

Salah satu cara menghindari zat aditif yaitu dengan mengonsumsi susu non aditif. Kalian bisa mendapatkan susu tersebut dengan mengonsumsi susu kambing ettawa.

Susu kambing ettawa merupakan salah satu minuman organik, dan cukup sulit untuk ditemukan. Tetapi susu ini sangat baik dikonsumsi untuk semua kalangan, karena masih sangat alami tanpa adanya bahan zat aditif.

4. Susu Kacang Hijau

Selain susu hewani, kalian juga bisa mengonsumsi susu nabati, salah satunya yaitu susu kacang hijau. Susu dengan kandungan kacang hijau ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ibu menyusui.

Selain itu kalian bisa membuat susu menggunakan kacang hijau sendiri di rumah, dan sangat mudah untuk dibuat. Kalian bisa merendam kacang hijau selama semalaman, lalu setelah itu rebus kacang hijau selam 5 hingga 10 menit.

Kemudian blender kacang hijau hingga halus dengan 300 ml air, campurkan juga dengan jahe. Untuk rasa manis, kalian bisa menambahkan gula aren, madu, atau kurma (5-6 buah).

5. Susu Almond

Susu almond juga menjadi salah satu susu non aditif selanjutnya, dan menjadi salah satu susu yang cukup populer. Susu almond sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama lansia dan yang memiliki penyakit serius seperti jantung, diabetes, kanker, dan tulang.

Kalian juga bisa membuat susu almond sendiri di rumah, dan lebih aman. Caranya cukup mudah, rendam almond selama semalaman. Kemudian haluskan kacang almond dengan 300 ml air hingga benar-benar halus. Untuk rasa manis, kalian bisa menambahkan madu, gula aren, dan juga kurma (5-6 buah).

6. Susu Kelapa

Dan susu non aditif yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi susu kelapa. Yup! Ternyata kandungan susu pada kelapa dapat kita minum secara langsung loh KLovers.

Susu kelapa sangat baik untuk sistem imun, menjaga kesehatan kulit, hingga tulang. Kalian bisa membuat susu kelapa sendiri di rumah, pertama kalian hanya perlu parut kelapa yang sudah tua.

Setelah itu peras sari kelapa tersebut dengan menggunakan air biasa. Kalian bisa menambahkan madu ke dalam susu kelapa tersebut untuk memberikan rasa manis. Dan minum susu kelapa tersebut sebelum 2 jam.

Itulah beberapa susu non aditif yang dapat kalian buat sendiri di rumah dan lebih aman. Semua susu di atas sangat baik dikonsumsi untuk semua umur dan kalangan, bahkan baik untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending