Dapat Ganggu Konsentrasi, 6 Makanan yang Bisa Menurunkan Fungsi Otak yang Perlu Kalian Hindari

Jum'at, 25 September 2020 13:44 Penulis: Puput Saputro
Dapat Ganggu Konsentrasi, 6 Makanan yang Bisa Menurunkan Fungsi Otak yang Perlu Kalian Hindari
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Otak menjadi salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Organ dalam yang terletak di kepala ini, memegang kendali atas aktivitas atau gerak tubuh. Sehingga, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan menghindari makanan yang bisa menurunkan fungsi otak.

Fungsi otak manusia rata-rata memang akan mengalami penurunan fungsi seiring pertambahan usia. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat penurunan fungsi tersebut berjalan lebih cepat. Sebab seperti yang diketahui, makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Maka, nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan.

Lantas, apa sajakah makanan yang bisa menurunkan fungsi otak? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Makanan dengan Lemak Trans

Lemak trans merupakan salah satu jenis senyawa yang sebaiknya dihindari demi kesehatan otak. Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang dapat berdampak buruk pada kesehatan otak.

Lemak trans alami terdapat pada sejumlah produk hewani seperti susu atau daging. Selain itu, ada pula lemak trans buatan yang terdapat pada makanan buatan industri, seperti pada makanan instan, margarin, dan sejenisnya.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa orang dengan kandungan lemak trans yang tinggi, cenderung lebih berisiko mengalami Alzheimer dan penurunan kognitif. Tak hanya buruk bagi otak, lemak trans juga dipercaya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.

2. Makanan Instan dan Kemasan

Sudah jadi rahasia umum, kalau makanan instan dan kemasan bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan. Di balik kepraktisannya, kedua jenis makanan ini sudah melalui proses panjang, mulai dari pengolahan hingga pengemasan. Sehingga banyak yang meragukan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, makanan instan dan kemasan seperti mie, keripik, dan sejenisnya juga mengandung gula, garam, dan lemak tambahan. Kandungan lemak tambahan inilah yang dipercaya bisa mengakibatkan menurunnya metabolisme dan kinerja jaringan otak. Jangka panjang, hal ini dianggap bisa menjadi pemicu Alzheimer.

3. Minuman Kemasan

Selain makanan kemasan, minuman kemasan juga jadi hal yang perlu dihindari. Terlebih, minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan seperti soda, minuman penambah energi, dan sejenisnya. Selama ini, minuman kemasan dengan pemanis lebih dikenal bisa menyebabkan kegemukan dan diabetes.

Jadi, siapa sangka minuman kemasan juga memberi efek buruk bagi otak. Hal ini dikarenakan, kandungan pemanis fruktosa yang tinggi di dalam minuman kemasan. Fruktosa dipercaya bisa menyebabkan resistensi insulin di otak, serta penurunan fungsi otak penurunan daya ingat atau demensia.

4. Alkohol

Makanan yang bisa menurunkan fungsi otak berikutnya yaitu alkohol. Sama seperti makanan instan dan kemasan, alkohol juga sudah terkenal akan dampak buruknya bagi kesehatan. Konsumsi alkohol dalam jumlah cukup sebenarnya masih terbilang aman.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol bisa menimbulkan masalah kesehatan otak. Beberapa masalah kesehatan otak tersebut, di antaranya penurunan volume otak, gangguan neurotransmitter atau kemampuan berkomunikasi. Jangka panjang, konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada otak, termasuk kehilangan memori.

5. Gorengan

Gorengan jadi salah satu makanan yang paling banyak digemari. Padahal gorengan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Tak hanya bisa memicu kolesterol, gorengan ternyata juga termasuk jenis makanan yang bisa menurunkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan gorengan memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau secara terus menerus, gorengan bisa menyebabkan kolesterol dan hipertensi. Apabila terus berlanjut, hal ini bisa berujung pada terganggunya fungsi otak. Sebab, asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan otak juga jadi terhambat.

6. Ikan yang Mengandung Merkuri

Selama ini ikan dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bermanfaat untuk kecerdasan otak. Namun ternyata lain cerita, jika ikan yang dikonsumsi mengandung merkuri. Pasalnya, ikan yang terkontaminasi merkuri juga termasuk dalam jenis makanan yang bisa menurunkan fungsi otak.

Merkuri merupakan salah satu jenis logam yang biasa ditemukan pada ikan. Logam beracun ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan otak, ginjal, dan hati. Pada otak, kandungan merkuri bisa mengakibatkan terganggunya sistem pada pusat saraf yang bisa berujung pada kerusakan otak.

Sayangnya, memang sulit untuk mengetahui ciri ikan yang terkontaminasi merkuri. Jadi kalian harus tetap berhati-hati. Beberapa jenis ikan diketahui sering mengandung merkuri di antaranya ikan pedang, tuna, dan makarel. Sehingga, sebaiknya membatasi jumlah konsumsinya untuk langkah antisipasi.

Itulah beberapa makanan yang bisa menurunkan fungsi otak. Batasi atau bahkan hindari untuk mengonsumsinya, demi kesehatan otak yang terjaga.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI