Sering Timbulkan Rasa Tak Nyaman, Ini 6 Cara Mengatasi Tangan Panas Akibat Cabai

Kamis, 01 Oktober 2020 15:44 Penulis: Nurul Wahida
Sering Timbulkan Rasa Tak Nyaman, Ini 6 Cara Mengatasi Tangan Panas Akibat Cabai
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bagi pecinta makanan pedas, sensasi panas yang menggigit biasanya tak hanya dirasakan di mulut. Sebab, rasa panas tersebut dapat timbul di telapak tangan, terlebih saat tangan bersentuhan langsung dengan cabai. Nggak heran rasa panas yang tertinggal di tangan kerap menimbulkan ketidaknyamanan hingga terasa perih. Namun rupanya ada cara mengatasi tangan panas akibat cabai dengan sejumlah bahan alami.

Kandungan senyawa bernama capsaicin dalam cabai ataupun bahan pedas lainnya memang dapat menimbulkan sensasi panas dan pedas. Karena kandungan senyawa tersebutlah saat kalian menyantap hidangan pedas akan timbul rasa panas di mulut hingga perut. Meski timbulkan rasa panas, namun capsaicin juga menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meredakan rasa nyeri hingga  menurunkan berat badan.

Meski begitu, terkadang makanan pedas salah satunya diperoleh dari cabai cukup sering membuat sensasi panas terbakar di mulut. Sensasi tersebut juga dapat timbul pada tangan atau bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan cabai. Kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga nyeri pada kulit. Namun jangan khawatir sebab ada cara mengatasi tangan panas akibat cabai dengan bahan alami.

Lalu bagaimana cara mengatasi tangan panas akibat cabai?

Adapun cara mengatasi tangan panas akibat cabai secara alami terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 6 cara mengatasi tangan panas akibat cabai yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pakai Susu

Cara mengatasi tangan panas akibat cabai secara alami salah satunya dapat mengenakan susu sebagai bahan pilihan. Seperti melansir dari liputan6.com, susu mengandung sejumlah senyawa yang dapat menetralkan kandungan capsaicin dalam cabai. Diantara kandungan tersebut yakni asam tinggi yang mampu meredakan rasa panas. Selain itu kandungan kasein serta lemak dalam produk susu diketahui mampu memecah capsaicin yang dapat timbulkan rasa panas serta pedas.

Untuk menggunakan berbagai produk susu sebagai salah satu cara mengatasi tangan panas akibat cabai dapat dilakukan mudah dengan merendam tangan ke dalam semangkuk susu. Pastikan menggunakan air dingin untuk membuat larutan susu. Diamkan tangan selama beberapa saat hingga rasa panas di tangan dapat mereda.

2. Minyak Sayur

Cara mengatasi tangan panas akibat cabai secara alami selanjutnya dapat menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai bahan alami. Sebab minyak sayur diyakini dapat membantu meredakan rasa panas yang menggigit di tangan ataupun kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah yakni hanya dengan mengoleskan minyak di telapak tangan sebelum menyentuh cabai ataupun saat timbul rasa panas setelah bersentuhan dengan cabai secara langsung. Diamkan selama beberapa saat hingga rasa panas tersebut dapat mereda.

3. Sabun Cuci Piring dan Air

Cara mengatasi tangan panas akibat cabai yang lainnya yakni dengan memakai sabun dan air. Meski cara ini terkadang tak sepenuhnya dapat menghilangkan rasa panas di tangan, namun memakai sabun dan air dapat menjadi pertolongan pertama ketika kulit di tangan merasakan panas terbakar karena cabai. Sebab sepert melansir dari wikihow.com, sabun cuci piring dipercaya lebih efektif melarutkan minyak pada cabai dibanding sabun biasa.

Caranya cukup dengan mencuci tangan menggunakan sabun cuci piring dan menggosok perlahan. Bilas hingga bersih serta lakukan cara ini berulang jika rasa panas di tangan belum mereda.

4. Pakai Hand Sanitizer

Alkohol juga dapat menjadi bahan alami sebagai cara mengatasi tangan panas akibat cabai. Sebab alkohol di yakini mampu meredakan rasa panas karena senyawa capsaicin. Hal ini terjadi karena alkohol akan mudah melarutkan minyak cabai serta capsaicin yang menempel di tangan dibandingkan memakai air biasa. Kalian bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol untuk membantu meredakan rasa panas di tangan akibat cabai secara mudah. Gosokkan secara perlahan di kulit tangan hingga rasa panas tersebut mulai menghilang.

5. Baking Soda

Cara mengatasi tangan panas akibat cabai selanjutnya dapat memakai baking soda sebagai bahan alaminya. Baking soda diyakini dapat meringankan sensasi panas terbakar di kulit tangan akibat senyawa capsaicin. Baking soda tersebut menjadi bahan alami yang dapat membantu menghilangkan minyak capsaicin di tangan. Caranya cukup dengan mengoleskan baking soda yang dibuat dengan pasta. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih.

6. Rendam Air Cucian Beras

Siapa sangka air cucian beras juga bisa digunakan untuk mengatasi tangan panas akibat cabai. Sebab seperti melansir dari cayennediane.com, kandungan pati dalam sejumlah bahan salah satunya air cucian beras mampu mengikat minyak capsaicin penyebab rasa panas. Pati tersebut akan membantu menetralkan dan meredakan rasa panas di kulit tangan.

Tak sulit cukup dengan merendam tangan ke dalam air cucian beras yang berwarna putih sambil menggosok perlahan bisa dilakukan untuk meredakan rasa panas yang membakar kulit akibat cabai. Selanjutnya diamkan selama beberapa saat kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan sepenuhnya rasa panas tersebut.

Nah itulah 6 cara mengatasi tangan panas akibat cabai secara alami dan mudah dipraktikkan. Kalian dapat memilih beberapa cara di atas untuk menghilangkan sensasi panas akibat cabai. Selain itu hentikan penggunaan apabila timbul iritasi pada kulit.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI