Tak Banyak yang Tahu! Ini 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Bisa Jaga Tekanan Darah

Jum'at, 31 Juli 2020 10:11 Penulis: Puput Saputro
Tak Banyak yang Tahu! Ini 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Bisa Jaga Tekanan Darah
Manfaat buah nangka (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kalian tentu sudah tak asing dengan buah nangka. Buah berukuran besar ini memang tergolong buah tropis yang bisa dengan mudah dijumpai. Selain itu, buah nangka juga termasuk salah satu buah-buahan yang banyak penggemarnya. Di balik rasanya yang manis dan legit, terdapat banyak manfaat buah nangka untuk kesehatan yang tidak banyak orang tahu.

Sama halnya buah-buahan lainnya, nangka juga mengandung vitamin dan sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat nutrisi-nutrisi tersebut, kita bisa memakan buah nangka secara langsung, atau bisa juga mengolahnya menjadi kudapan, seperti kolak, keripik, bahkan gorengan. Bahkan, di beberapa daerah terdapat masyarakat yang mengonsumsi bagian bijinya.

Lantas, apa sajakah manfaat buah nangka untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu kandungan vitamin yang melimpah pada buah nangka adalah vitamin A dan C. Dalam tubuh manusia, kedua vitamin ini bisa berperan sebagai antioksidan yang bertugas menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Itulah mengapa nangka mempunyai khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak sampai di situ, dilansir dari healthline.com, mengonsumsi buah nangka juga diyakini bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi virus atau bakteri.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang melimpah pada nangka juga dipercaya berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung.

Terlebih, tidak hanya antioksidan, dalam nangka juga terdapat nutrisi yang dibutuhkan jantung seperti potasium dan juga serat. Oleh karena itu, mengonsumsi buah nangka secara rutin dalam jumlah yang tepat diyakini akan menjauhkan kita dari risiko serangan jantung.

3. Menyehatkan Mata

Manfaat buah nangka yang ketiga berhubungan dengan mata dan penglihatan. Ya, seperti yang kita tahu vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan mata agar tetap sehat dan tajam. Maka, dengan mengonsumsi buah nangka yang kaya akan vitamin A kesehatan dan ketajaman mata akan lebih terjaga. Bahkan, konsumsi secara rutin diyakini bisa menjauhkan kita dari risiko rabun dan degenerasi makula yang kerap terjadi seiring pertambahan usia.

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit jadi salah satu masalah pencernaan yang paling umum dan sering diderita oleh banyak orang. Untungnya buah nangka mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam tubuh, serat akan sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.

Apabila kebutuhan serat di pencernaan terpenuhi, maka akan terhindar dari sembelit. Tak hanya mengatasi sembelit, serat dari buah nangka juga dipercaya bisa menjaga kesehatan usus. Sebab, serat tersebut juga dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan luka di dalam usus.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak stabil tentu bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Terlebih, tekanan darah tinggi atau yang juga biasa disebut dengan hipertensi. Tekanan darah tinggi kerap menjadi momok, karena bisa memicu penyakit lain yang mematikan seperti serangan jantung. Tapi kalian tak perlu khawatir, sebab salah satu manfaat buah nangka ialah menstabilkan tekanan darah.

Hal ini dikarenakan buah nangka mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Dalam tubuh, kalium berfungsi menstabilkan tekanan darah agar kembali normal. Dengan begitu, secara jangka panjang konsumsi buah nangka dengan rutin akan mampu menjaga kestabilan tekanan darah sekaligus menjauhkan risiko serangan jantung.

6. Baik untuk Tulang

Manfaat buah nangka berikutnya yaitu baik untuk kesehatan tulang. Buah nangka mengandung kalium dan magnesium yang sangat dibutuhkan tulang. Kedua kandungan tersebut dipercaya berkhasiat dalam menjaga kesehatan sekaligus kekuatan tulang. Konsumsi buah nangka secara cukup dan rutin sejak masih anak-anak dipercaya akan membuat tulang tetap padat dan terhindar dari tulang kropos atau osteoporosis. 

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan serta vitamin C dalam buah nangka juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam krim atau produk vitamin C dipercaya sebagai salah satu zat yang bisa mencerahkan kulit. Dalam buah nangka, kombinasi kandungan vitamin A dan C dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah dan lembut. Bahkan, ada yang menyebut mengonsumsi buah nangka juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

8. Mencegah Anemia

Mengonsumsi buah nangka dipercaya dapat mencegah anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Dampaknya, penderitanya akan merasa lemas dan lesu. Untungnya, dalam buah nangka terkandung zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, nangka jadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita anemia.

Itulah di antaranya beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan. Meski punya banyak manfaat, sebaiknya tetap perhatikan jumlah konsumsi. Jangan sampai terlalu berlebihan, sebab dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI