Tak Cukup dengan Dicuci Biasa, Ini 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Pakaian dengan Mudah

Senin, 19 Oktober 2020 18:44 Penulis: Puput Saputro
Tak Cukup dengan Dicuci Biasa, Ini 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Pakaian dengan Mudah
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Noda tinta dari spidol atau pena di pakaian tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika noda tinta tersebut menempel di pakaian kesayangan. Pasalnya noda jenis ini tergolong jenis noda membandel yang sulit dihilangkan. Menghilangkan noda tinta tidak bisa dilakukan sembarangan. Cara menghilangkan noda tinta di pakaian harus dilakukan dengan telaten.

Noda tinta sering kali menempel di pakaian tanpa disengaja, lewat coretan pena atau spidol. Padahal noda tinta yang tergolong membandel tidak bisa dihilangkan hanya dengan dicuci biasa. Diperlukan bahan dan teknik khusus agar noda tersebut bisa hilang dengan sempurna. Dengan bantuan beberapa bahan tambahan noda tinta juga bisa dihilangkan dengan lebih mudah.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda tinta di pakaian? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Pasta Gigi

Salah satu bahan yang bisa dipakai sebagai cara menghilangkan noda tinta di pakaian ialah pasta gigi. Cara ini akan sangat cocok untuk diaplikasikan pada pakaian berwarna putih. Sebab seperti yang kita tahu, kebanyakan pasta gigi mengandung zat pemutih sehingga cocok untuk pakaian warna putih.

Untuk melakukannya sangatlah mudah. Pertama-tama, oleskan pasta gigi pada pakaian yang terkena noda tinta. Setelah itu gosok atau sikat secara perlahan. Jangan menggosok atau menyikat terlalu keras karena bisa merusak serat pakaian. Sebagai gantinya, sebaiknya lakukan berulang hingga noda tinta menghilang. Jika sudah, kalian tinggal membilasnya dengan air bersih, kemudian keringkan.

2. Cuka

Selain untuk memasak, cuka sering dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membersihkan noda di pakaian. Hal ini dikarenakan cuka mempunyai kandungan asam yang cukup untuk menghilangkan noda tinta.

Cara menghilangkan noda tinta dengan cuka juga tak kalah mudah. Tuangkan cuka secukupnya pada pakaian yang terkena noda tinta. Setelah itu, ratakan lalu diamkan kurang lebih 10 menit.

Jika sudah, tambahkan tuangkan 1 atau 2 tetes sabun cuci piring pada pakaian yang terkena noda tinta. Setelah itu, gosok noda secara lembut menggunakan sikat gigi. Lakukan berulang sampai noda tinta menghilang. Apabila noda sudah hilang, selanjutnya kalian bisa mencuci pakaian itu seperti biasanya.

3. Alkohol

Jika di rumah kalian ada alkohol, kalian juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan noda tinta di pakaian. Malahan, cara menghilangkan noda tinta dengan alkohol terbilang cepat dan praktis. Caranya tak kalah mudah dengan menggunakan cuka.

Kalian hanya perlu meneteskan alkohol di pakaian yang terkena noda. Kemudian, diamkan beberapa saat lalu rendam di air larutan deterjen. Lalu, cuci seperti mencuci pakaian biasanya. Hanya saja, pastikan kalian mengucek bagian yang terkena tinta secara lebih telaten. Pastikan, kalian menguceknya secara efektif agar nodanya bisa menghilang dengan sempurna.

4. Aseton

Aseton atau cairan yang biasa dipakai untuk membersihkan kuku juga bisa dipakai untuk mengatasi noda tinta di pakaian. Caranya sangatlah mudah. Cukup tuangkan setetes cairan aseton pada noda di pakaian. Setelah itu usapkan hingga cairan merata ke permukaan noda tinta.

Pastikan cairan aseton meresap ke serat-serat pakaian. Agar yakin, kalian bisa mengusap sekaligus menekan-nekan kain yang terkena noda. Jika sudah selanjutnya, kalian tinggal merendam pakaian di campuran air hangat dan deterjen. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian, cuci seperti biasa.

5. Garam

Cara menghilangkan noda tinta di pakaian lainnya juga bisa dilakukan dengan memakai garam. Cara ini akan maksimal apabila dilakukan pada noda tinta yang masih baru dan basah. Hal ini dikarenakan garam diyakini bisa membantu menyerap noda tinta yang masih basah.

Taburkan garam ke noda tinta di pakaian. Setelah itu, diamkan beberapa saat kemudian gosok garam di atas noda tinta menggunakan kain basah. Lakukan secara berulang untuk hasil yang maksimal.

6. Tepung Maizena

Bahan lainnya yang bisa dipakai untuk menghapus noda tinta di pakaian adalah tepung maizena. Cara ini terbilang praktis dilakukan mengingat, maizena merupakan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Cara melakukannya juga sangatlah mudah.

Campurkan sedikit susu dan tepung maizena. Kemudian aduk sampai didapat tekstur seperti pasta. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut ke pakaian yang terkena noda tinta. Diamkan beberapa saat hingga pasta menempel dan mengering di pakaian. Jika sudah, bersihkan dengan cara membilas dan menggosoknya sampai bersih. Lakukan berulang demi hasil yang maksimal.

Itulah di antaranya beberapa cara menghilangkan noda tinta di pakaian. Mudah, bukan? Kalian bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI