Punya Aroma Khas, Ternyata Ini 8 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Punya Aroma Khas, Ternyata Ini 8 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan
Manfaat kayu manis (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Aroma wangi dan segar kayu manis cukup sering ditambahkan dalam sejumlah hidangan makanan. Saat ditambahkan sebagai bahan dasar hidangan tertentu, aroma kayu manis dapat membuat makanan terasa lebih menggugah selera. Namun ternyata di balik aroma wangi tersebut, ada sejumlah manfaat kayu manis bagi kesehatan.

Selain jahe dan kunyit, kayu manis menjadi bagian dari rempah-rempah yang cukup familiar bagi masyarakat tanah air. Secara ilmiah, bahan ini dikenal dengan nama Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum. Rempah beraroma wangi tersebut sering ditambahkan dalam sejumlah hidangan populer seperti kue hingga minuman. Tak jarang kayu manis juga digunakan untuk pengobatan tradisional yang baik bagi kesehatan tubuh.

Sebab kandungan dalam kayu manis diyakini menawarkan banyak manfaat bagi tubuh termasuk mencegah penyakit tertentu. Tak heran jika kayu manis tersebut jadi salah satu bahan alami pengobatan tradisional.

Lalu apa saja manfaat kayu manis bagi kesehatan?

Adapun manfaat kayu manis bagi kesehatan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Manfaat kayu manis tersebut bisa diperoleh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut 8manfaat kayu manis bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kaya Kandungan Antioksidan

Manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat diperoleh karena mengandung antioksidan cukup tinggi. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang membantu mempertahankan tubuh dari berbagai jenis penyakit dan virus akibat paparan radikal bebas. Hal ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan radikal bebas tersebut. Lemahnya imunitas secara tidak langsung bisa menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan virus.

Dalam hal ini kayu manis rupanya mengandung antioksidan tinggi yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Melansir dari healthline.com, berdasarkan penelitian kayu manis termasuk rempah-rempah yang paling tinggi kandungan antioksidan bahkan dibanding dengan bawang putih dan oregano.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Redakan Nyeri Haid

Manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri haid. Bagi sejumlah perempuan datang bulan sering kali menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas. Namun ternyata kayu manis termasuk salah satu bahan rempah yang bisa membantu meredakan rasa nyeri haid.

Untuk mendapat manfaat dari kayu manis tersebut kalian bisa membuat bahan alami ini menjadi minuman hangat. Melansir dari merdeka.com, kayu manis bisa membantu meredakan rasa nyeri serta menenangkan perut dari kontraksi yang terjadi saat haid. Sejumlah gejala lain ketika datang bulan seperti mual juga bisa diredakan secara alami.

3. Mencegah Peradangan

Manfaat kayu manis lainnya yakni dapat mencegah peradangan. Sebab kandungan antioksidan tinggi dalam kayu manis diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga kayu manis bisa membantu tubuh untuk melawan paparan radikal bebas. Termasuk memperbaiki kerusakan jaringan pada tubuh secara alami. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mengandung antioksidan tinggi dan bersifat anti inflamasi.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya yakni dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan senyawa kayu manis diketahui dapat menurunkan kadar gula darah yang berkaitan dengan penyakit diabetes. Tak hanya itu saja, kayu manis juga memiliki efek anti diabetes yang mampu membantu meringankan gangguan kesehatan tersebut.

Bersumber dari sebuah penelitian kayu manis memiliki efek anti diabetes yang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29 persen seperti melansir dari healthline.com. Untuk mendapat manfaat tersebut jumlah konsumsi kayu manis berkisar antara 1-6 gram per hari.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kayu manis bagi kesehatan juga dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti diketahui penyakit jantung termasuk salah satu penyakit berisiko tinggi yang perlu diwaspadai. Selain menerapkan gaya hidup sehat menjaga asupan makanan dan minuman sehat perlu dipertimbangkan.

Terlepas dari hal tersebut, kayu manis rupanya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab rempah tersebut memiliki senyawa yang bisa mengontrol kadar gula darah, tekanan darah hingga mencegah kolesterol jahat (LDL). Dimana kadar kolesterol yang baik tersebut bisa meningkatkan sistem kerja jantung seperti melansir dari merdeka.com. Kandungan kumarin dalam kayu manis juga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah hingga penggumpalan darah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

6. Mencegah Kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan menghasilkan data bahwa kayu manis adalah aktivator enzim detoksifikasi yang kuat di usus besar termasuk mencegah pertumbuhan kanker. Meski begitu manfaat tersebut perlu dilakukan lebih lanjut untuk melihat efeknya pada manusia.

7. Menangkal Bakteri dan Jamur

Manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menangkal bakteri dan jamur yang menyerang tubuh. Kandungan senyawa dalam kayu manis menawarkan manfaat tersebut untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur. Melansir dari healhtline.com, minyak kayu manis terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan akibat jamur. Termasuk bahan rempah satu ini juga memiliki efek anti mikroba yang mencegah kerusakan gigi serta bau mulut.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis bagi kesehatan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sehingga bagi kalian yang memiliki berat badan berlebih mungkin bisa menjadikan rempah ini sebagai referensi. Kayu manis tersebut bisa membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada tubuh penyebab berat badan berlebih. Membuat minuman hangat dari kayu manis tersebut cukup mudah dilakukan serta dapat jadi pilihan.

Nah itulah 8 manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diketahui sebelum menggunakan rempah alami tersebut pastikan untuk konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kesehatan agar mendapat rekomendasi tepat. Selain itu disarankan agar konsumsi kayu manis secara tidak berlebihan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending