10 Cara Memutihkan Ketiak yang Menghitam Secara Alami, Mudah dan Aman

Selasa, 03 November 2020 11:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Memutihkan Ketiak yang Menghitam Secara Alami, Mudah dan Aman
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai warna kulit ketiak yang menghitam memang menjadi masalah besar khususnya bagi para kaum hawa. Apalagi bagi kalian yang suka menggunakan busana tanpa lengan pasti akan menurunkan tingkat kepercayaan diri kalian. Karena itu, banyak orang yang berusaha mencari cara memutihkan ketiak yang menghitam.

Sebenarnya, ada sederet faktor penyebab ketiak menjadi menghitam. Faktor tersebut seperti, seringnya mencukur rambut pada ketiak, penggunaan krim penghilang rambut secara teratur, keringat yang berlebihan, ventilasi pada ketiak yang buruk, akumulasi sel-sel kulit mati, dan penggunaan deodoran berbasis alkohol dan antiperspirant. Nah, ketiak sendiri merupakan bagian yang sensitif dan rentan terhadap iritasi.

Meskipun sudah banyak berbagai cara memutihkan ketiak menggunakan bahan-bahan kimia, namun kalian nggak ada salahnya lho mencoba cara memutihkan ketiak dengan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Yogurt

Cara memutihkan ketiak yang pertama yaitu bisa menggunakan yogurt. Memiliki tekstur yang lembut dan dingin, yogurt dapat menghilangkan iritasi pada kulit ketiak yang mengakibatkan kulit ketiak menjadi hitam. Di dalam yogurt juga memiliki kandungan asam laktat yang berfungsi sebagai pemutih dan penghalus alami kulit, termasuk kulit ketiak. 

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan yogurt pada kulit ketiak dan biarkan selama 50 menit, dan membilasnya menggunakan air hangat.

 

2. Kentang

Kentang yang sering dikonsumsi ini rupanya juga memiliki manfaat untuk memutihkan ketiak secara alami lho. Kandungan sifat anti iritasi yang terdapat pada kentang juga dapat mengurangi rasa sakit serta gatal akibat sering mencukur.

Cara menggunakannya, kalian dapat parut kentang dan peras airnya. Lalu kalian dapat langsung mengoleskan perasan air kentang tersebut pada ketiak. Diamkan selama 7 hingga 10 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini tiga kali dalam seminggu.

 

3. Air Mawar

Cara memutihkan kulit ketiak secara alami lainnya yaitu dengan memanfaatkan air mawar. Bahan yang sering digunakan untuk produk kecantikan ini memang memiliki banyak khasiat, salah satunya mencerahkan wajah. Bukan itu saja, kandungan anti inflamasi juga dapat mengatasi peradangan dan iritasi pada kulit. Tentu saja hal ini pun berlaku pada kulit ketiak.

Cara melakukannya pun sangat mudah, Kalian dapat membasahi ketiak menggunakan air mawar, lalu diamkan selama 5 hingga 7 menit. Bila telah selesai dapat kalian bilas dengan air dingin.

 

4. Baking Soda

Selanjutnya, bahan yang digunakan untuk memutihkan ketiak yaitu baking soda. Sifat scrub dalam baking soda mampu mengelupaskan sel kulit mati yang ada pada ketiak. Cara menggunakannya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan air hangat secukupnya. Lalu, aplikasikan pada area kulit ketiak kalian. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air.

 

5. Pasta Gigi

Siapa sangka nih kalau ternyata pasta gigi bisa membantu memutihkan ketiak. Selain bahannya yang mudah ditemukan, cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu pasta giginya. Setelah itu, oleskan pada area kulit ketiak yang berwarna hitam sampai merata. Lalu, gosokkan pada kulit ketiak kurang lebih 15 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

 

6. Mentimun dan Kunyit

Mentimun dan kunyit merupakan kedua bahan yang terbukti ampuh sebagai cara memutihkan ketiak. Hal ini lantaran mentimun bersifat menyegarkan dan mampu memutihkan. Sedangkan kunyit berfungsi sebagai pemutih alami. Cara menggunakannya, campurkan mentimun dan bubuk kunyit untuk dijadikan jus. Setelah itu, oleskan pada ketiak kalian. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

 

7. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya langsung dibuang ini ternyata mempunyai manfaat memutihkan ketiak lho. Cara memutihkan ketiak menggunakan kulit jeruk pun sangat mudah. Pertama, siapkan kulit jeruk dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Jika sudah, parut kulit jeruk yang sudah mengering tadi. Campurkan sedikit susu dan air mawar pada bubuk kulit jeruk. Setelah tercampur merata, oleskan dan usap-usap pada ketiak selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

 

8. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan yang digunakan untuk cara memutihkan ketiak yang sangat ampuh. Hal ini lantaran kandungan aloesin pada lidah buaya dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya dapat mencerahkan ketiak yang gelap. Lidah buaya bersifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit yang meradang atau iritasi. Kalian cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit ketiak. Biarkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

 

9. Minyak Zaitun

Selanjutnya, cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun adalah dengan mencampurkannya bersama gula pasir. Campuran minyak zaitun dan gula akan mengangkat sel kulit mati yang telah menumpuk dan membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Cara menggunakannya, basahi kulit ketiak, lalu oleskan campuran tersebut pada ketiak. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

 

10. Tomat

Terakhir, cara memutihkan ketiak bisa memanfaatkan tomat. Hal ini lantaran tomat mengandung pencerah yang cukup baik untuk kulit. Jadi kalian bisa mengaplikasikan tomat untuk mencerahkan kulit ketiakmu. Cara penggunaannya cukup mudah, kalian cukup menggosokkan potongan tomat ke bagian ketiakmu. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah sederet cara memutihkan ketiak secara alami. Oleh sebab itu, lakukan cara diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI