Tewaskan 328 Orang, Gempa 7,3 SR Guncang Iran - Irak

Senin, 13 November 2017 18:29 Penulis: Tyssa Madelina
Tewaskan 328 Orang, Gempa 7,3 SR Guncang Iran - Irak
AFP/ISNA/Pouria Pakizeh

Kapanlagi Plus - Gempa berkekuatan 7.3 SR mengguncang Kota Halabja, Irak, Senin (13/11) waktu setempat. Gempa tersebut muncul di dekat perbatasan Irak-Iran. Seperti dilansir Al Jazeera, korban tewas meningkat drastis menjadi 328 orang dan sekitar 2.500 lainnya terluka. Namun sampai saat ini tim penyelamat masih terus mencari puluhan orang yang terperangkap di bawah reruntuhan.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi di Iran, namun provinsi yang paling parah terkena adalah Kermanshah, yang kemudian mengumumkan tiga hari berkabung. Lebih dari 142 korban berada di daerah Sarpol-e Zahab di Kermanshah, sekitar 15 kilometer dari perbatasan Irak.

Mirisnya, salah satu rumah sakit yang terletak di wilayah Sarpol-e Hazab pun rusak karena gempa. Padahal, masih banyak para korban yang menderita luka-luka dan harus mendapatkan perawatan intensif. Tak hanya itu, karena guncangan yang terlalu kuat, listrik di beberapa jalanan pun terputus di kota Iran dan Irak.

Saat ini, para tim masih berusaha mencari korban di antara reruntuhan bangunan. AFP/ISNA/Pouria PakizehSaat ini, para tim masih berusaha mencari korban di antara reruntuhan bangunan. AFP/ISNA/Pouria Pakizeh

Banyaknya gedung dan rumah yang runtuh terjadi akibat kurang kokohnya struktur bangunan. Menurut para pejabat, banyak rumah-rumah di pedesaan terbuat dari lumpur dan batu bata, sehingga mudah ambruk saat terjadi guncangan.

Sampai saat ini, para tim terkait masih menelusuri para korban gempa yang kemungkinan masih terkubur di dalam reruntuhan. Pejabat pemerintahan setempat mengekspektasikan jumlah korban akan terus bertambah sembari tim SAR mulai melakukan operasi di daerah-daerah terpencil Iran yang terdampak gempa.

Sebelumnya, terjadi gempa susulan berkekuatan 4,5 SR tak lama setelah gempa utama terjadi. Karena panik, beberapa warga setempat pun terpaksa harus siaga dengan tetap berada di tanah lapang. Badan Meteorologi dan Seismologi Irak turut memperingatkan bahwa warga harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan adanya gempa susulan dalam waktu dekat.

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI