Timbulkan Bintik Merah - Muncul Benjolan, Ini 6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Rabu, 14 Oktober 2020 15:44 Penulis: Puput Saputro
Timbulkan Bintik Merah - Muncul Benjolan, Ini 6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Nyamuk jadi binatang yang kehadirannya bisa sangat mengganggu karena sering menggigit. Gigitan nyamuk tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa menimbulkan rasa gatal dan menimbulkan penyakit. Selain itu, gigitan nyamuk juga sering meninggalkan bekas kemerahan hingga benjolan kecil. Itulah mengapa penting untuk tahu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang tepat.

Bekas gigitan nyamuk yang berupa bintik-bintik kemerahan atau benjolan kecil memang cukup sulit dihilangkan. Namun biasanya bekas gigitan tersebut juga bisa hilang dengan sendirinya, meski akan butuh waktu cukup lama. Tapi, dengan cara-cara yang tepat bekas gigitan nyamuk bisa hilang lebih cepat dan mudah. Lantas, bagaimana caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

 

1. Madu

Salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan menggunakan madu. Sudah sejak lama madu tidak hanya dikenal sebagai bahan makanan. Madu telah secara turun temurun dimanfaatkan sebagai obat tradisional, termasuk untuk mengobati luka dan iritasi.

Madu mempunyai kandungan antiseptik alami yang diyakini bisa menghambat proses terjadinya iritasi di kulit. Dengan khasiatnya itu, madu diyakini ampuh dalam memudarkan warna kemerahan akibat bekas gigitan nyamuk. Untuk melakukannya, kalian cukup mengoleskan madu ke area kulit yang digigit nyamuk, kemudian menutupnya dengan kain bersih atau tisu.

2. Bawang Putih

Di Indonesia, bawang putih sudah seolah jadi bumbu masakan yang paling umum dipakai di hampir seluruh jenis masakan. Oleh karena itu, bawang putih pasti mudah ditemukan di dapur setiap rumah. Bawang putih juga sering digunakan sebagai obat beberapa penyakit. Di samping itu, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Hal ini dikarenakan, sama seperti madu bawang putih juga mempunyai kandungan antiseptik. Sehingga bisa meredakan iritasi akibat gigitan nyamuk. Tidak saja menghilangkan bekasnya, bawang putih juga bisa meredakan rasa gatal saat digigit nyamuk.

Menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bawang putih juga tak kalah mudah. Kalian hanya perlu menempelkan irisan bawang putih ke permukaan kulit yang digigit nyamuk. Namun perlu diketahui, cara ini bisa berisiko meninggalkan bau bawang yang menyengat di kulit.

3. Pakai Pelembab

Selain dengan bahan alami, kalian juga bisa mengatasi bekas gigitan nyamuk dengan memakai pelembab. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk ini bisa jadi yang paling praktis. Kalian cukup mengoleskan pelembab di permukaan kulit yang digigit nyamuk. Nutrisi vitamin E dalam pelembab akan sangat membantu dalam kembali memulihkan kulit yang kemerahan.

4. Es Batu

Es batu juga bisa jadi satu pilihan cara untuk mengatasi gigitan nyamuk beserta bekasnya. Sebab seperti yang kita tahu, suhu dingin dari es batu cukup efektif untuk meredakan proses inflamasi. Agar efektif, cara ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Dengan begitu, suhu es batu akan bekerja maksimal dalam meredakan gatal dan mencegah timbulnya bekas kemerahan.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang mempunyai beragam manfaat. Tanaman berduri ini sering dipakai sebagai produk perawatan kulit alami. Selain itu, lidah buaya juga kerap jadi obat untuk beberapa masalah kulit. Dilansir dari healthline.com, lidah buaya punya sifat antiinflamasi yang berguna untuk mengatasi luka dan peradangan.

Itulah sebabnya, tanaman kaya manfaat ini juga bisa menjadi satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Untuk melakukannya, kalian cukup perlu mengoleskan gel atau bagian daging lidah buaya ke permukaan kulit. Lalu diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Sensasi dingin dari gel lidah buaya juga akan berfungsi meredakan gatal.

6. Cuka Apel

Bahan lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk ialah cuka apel. Caranya sangatlah mudah, oleskan cuka apel dengan menggunakan kapas. Oleskan ke kulit yang digigit nyamuk, lalu diamkan. Tidak hanya menghilangkan bekasnya, cuka apel juga berguna untuk mengatasi rasa gatal yang timbul akibat gigitan nyamuk. Jadi akan lebih baik jika cara ini dilakukan sesegera mungkin.

Itulah di antaranya beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Begitu praktis dan mudah, sehingga kalian bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI