6 Kegiatan Menyenangkan dan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Selama Social Distancing

Selasa, 24 Maret 2020 19:45 Penulis: Puput Saputro
6 Kegiatan Menyenangkan dan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Selama Social Distancing
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Karantina mandiri menjadi salah satu cara yang dianjurkan pemerintah untuk ditaati masyarakat agar penyebaran virus corona bisa segera berhenti. Tapi, berdiam diri di rumah, terlebih selama 14 hari tentu bukanlah hal yang mudah. Rasa bosan pasti mudah datang, untuk mengatasinya sebaiknya lakukan kegiatan menyenangkan.

Rasa bosan yang mendera selama melakukan karantina mandiri memang sulit dihindari. Terlebih bagi anak-anak yang biasa menghabiskan waktu dengan bermain di luar. Oleh karena itu, orangtua harus bisa mencarikan kegiatan menyenangkan untuk anak, agar anak merasa betah selama karantina mandiri.

Selain menyenangkan, sebisa mungkin orangtua juga mengajak anak melakukan kegiatan yang bermanfaat. Berikut ini beberapa kegiatan menyenangkan dan bermanfaat yang bisa dilakukan selama social distancing bersama anak di rumah.

 

1. Berolahraga Ringan

Kegiatan menyenangkan pertama yang bisa dilakukan selama melakukan karantina mandiri adalah olahraga ringan. Tentu, pilihan olahraga bisa disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal masing-masing.

Kalian bisa mengajak anak melakukan olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga, misalnya jalan-jalan mengelilingi sudut rumah, lari di tempat, catur, dan sebagainya. Atau jika di rumah kalian terdapat kolam renang, kalian juga bisa mengajak anak berenang.

Jika kalian tinggal di lingkungan tempat tinggal yang tidak padat penduduk, kalian bisa melakukan olahraga di jalanan depan rumah. Atau jika rumah kalian mempunyai halaman yang luas, kalian bisa berolahraga di halaman di bawah paparan sinar matahari pagi. Sebab, seperti yang kita tahu paparan sinar matahari pagi bisa menambah daya tahan tubuh kita.

2. Belajar

Belajar mungkin menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan disukai si kecil. Namun, pada saat sekolah diliburkan seperti ini , orangtua punya peran yang penting agar anak tetap mau dan bisa belajar di rumah. Jadi, untuk kegiatan yang satu ini tinggal bagaimana cara orangtua dalam membimbing.

Belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi di zaman sekarang ini, ada berbagai cara menyenangkan untuk belajar. Misalnya, dengan menonton film atau video. Bahkan, jika kalian termasuk orang tua yang kreatif, kalian pasti juga akan menemukan metode belajar yang tidak hanya menyenangkan tapi juga efektif.

3. Membaca Buku

Membaca jelas merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi anak. Tapi apakah membaca buku juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak? Sebenarnya jawabnya belum tentu juga. Namun, kembali lagi sebenarnya orangtua bisa mengarahkan agar anak lebih senang membaca.

Salah satu cara agar anak bisa merasa bahwa membaca itu menyenangkan adalah dengan memilihkan buku bacaan untuk anak. Pilihkan buku bacaan yang sesuai dengan usia anak. Selain itu, kalian juga bisa mencarikan buku yang sesuai dengan minat sang anak.

Jadi, daripada panic buying dan membeli barang yang tidak begitu perlu, akan lebih bermanfaat jika uangnya dipakai untuk membeli buku yang bagus untuk anak, kan?

4. Bermain

Bermain menjadi kegiatan menyenangkan untuk anak. Sebenarnya bermain juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat. Hal ini tentu tergantung pada jenis permainan yang dipilih untuk dimainkan.

Ada permainan yang baik untuk kesehatan fisik, seperti kejar-kejaran, lompat tali, dan sebagainya. Selain itu, ada pula permainan yang baik untuk daya ingat atau otak, misalnya bermain puzzle atau games.

5. Memasak

Memasak bisa menjadi satu pilihan kegiatan menyenangkan untuk anak lho. Tapi untuk melakukan kegiatan ini, tentunya orang tua harus senantiasa mengawasi anaknya ya. Hal ini karena kegiatan menyenangkan ini bisa menjadi sangat berbahaya jika dilakukan dengan ceroboh.

Orangtua bisa mengajak anak memasak masakan yang simpel. Atau, agar lebih menyenangkan dan anak lebih bersemangat, orang tua bisa mengajak anak memasak makanan favoritnya.

6. Menonton Film

Menonton film merupakan kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Termasuk anak-anak. Setiap anak pasti mempunyai karakter kartun favoritnya. Orangtua bisa mengajak anak menonton film kartun tersebut. Selain itu, banyak juga film-film yang bukan film kartun tapi masih pantas ditonton oleh anak-anak.

Agar lebih berkesan dan bermanfaat, pastikan untuk mengajak anak menonton film yang memberikan pelajaran untuk anak.

Nah, itulah 6 kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan selama menjalani karantina mandiri bersama anak. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan itu, semoga anak-anak akan lebih betah di rumah.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI