7 Cara Mengatasi Stres Selama 14 Hari Karantina Mandiri, agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Stres Selama 14 Hari Karantina Mandiri, agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Untuk menekan penyebaran wabah virus corona covid-19, setiap orang dianjurkan melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Berdiam diri di rumah selama 14 hari tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Hal ini tentu membuat banyak orang mencari cara mengatasi stres selama berdiam di rumah.

Apalagi untuk orang-orang dengan kehidupan dinamis, yang biasa beraktivitas di luar rumah. Rasa bosan yang pasti dengan mudah muncul. Akibatnya, jika tidak ditanggulangi rasa bosan bisa berubah menjadi stres.

Tapi, sebenarnya ada berbagai cara mengatasi stres yang bisa dilakukan saat menjalani karantina mandiri. Apa saja cara-cara itu? Berikut 7 cara mengatasi stres selama 14 hari menjalani karantina mandiri.

 

 

1. Lakukan Aktivitas Harian Secara Terjadwal

Sebenarnya, ada banyak aktivitas harian yang bisa kalian lakukan selama berdiam diri di rumah, seperti beres-beres, mencuci baju, menyapu, memasak, dan sebagainya. Jadi, untuk mengatasi rasa bosan yang bisa berujung stres, kalian bisa membuat daftar atau jadwal harian terkait aktivitas harian tersebut.

Dengan mengatur aktivitas sesuai dengan jadwal, maka aktivitas kalian akan bisa lebih terarah dan bervariasi. Sehingga, kalian tidak akan mudah merasa bosan walaupun hanya di rumah saja dan melakukan aktivitas yang itu-itu saja.

2. Berolahraga

Meski ruang gerak selama karantina mandiri sangat terbatas, kalian tetap bisa berolahraga. Kalian bisa melakukan olahraga-olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Contohnya, push up, sit up, yoga, dan sebagainya. Selain menjadi salah satu cara mencegah stres, berolahraga juga bisa membuat kalian jadi lebih sehat.

Apabila tempat tinggal kalian berada di lingkungan yang tidak padat penduduk, kalian bisa berolahraga di halaman rumah di bawah paparan sinar matahari pagi. Sebab, seperti yang kalian ketahui paparan sinar matahari pagi bisa menambah daya tahan tubuh. Dengan begitu, kalian akan lebih terhindar dari virus corona covid-19.

3. Melakukan Hobi

Setiap orang pasti mempunyai hobi berupa kegiatan yang disukai. Nah, kalian bisa menggunakan hobi kalian ini sebagai cara mengatasi stres saat sudah mulai bosan di rumah.

Tentunya, sebaiknya hobi yang dikerjakan adalah jenis kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah, seperti memasak, membaca, melukis, dan sebagainya. Hal ini karena, kalian akan mendapatkan energi yang positif dan perasaan gembira saat mengerjakan sesuatu yang memang kalian senangi.

4. Menikmati Hiburan

Sama seperti hobi, setiap orang pasti mempunyai preferensi hiburannya masing-masing. Namun ada beberapa contoh hiburan yang bisa dilakukan selama berada di rumah, seperti bermain games, menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Terlebih di zaman sekarang yang berbagai hiburan seperti film dan musik bisa diakses secara digital. Jadi kalian tidak perlu khawatir bakal merasa bosan, apalagi stres.

5. Memakan Makanan Kesukaan

Makanan kesukaan bisa jadi sumber kebahagiaan. Pasalnya memakan makanan kesukaan terbukti bisa membangkitkan perasaan bahagia. Dengan begitu, artinya dengan memakan makanan kesukaan kalian bisa lebih terhindar dari stres.

Ada baiknya kalian memasak makanan kesukaan tersebut sendiri. Selain bisa mengatur dari segi rasa, kalian juga bisa lebih memperhatikan kandungan gizi dan kebersihan bahan yang digunakan. Jadi selain terhindar dari stres kalian juga akan jadi lebih sehat.

6. Mencari Informasi

Kalian juga bisa menggunakan waktu senggang selama diam di rumah selama lockdown untuk selalu mengikuti informasi terbaru seputar perkembangan penyebaran virus corona covid-19.

Namun, sebaiknya kalian tidak hanya berkutat pada informasi seputar virus corona covid-19 saja. Sebab, hal ini justru bisa membuatmu semakin stres karena tertekan dan terlalu memikirkan keadaan di luar sana. Imbangi asupan informasi kalian dengan informasi-informasi yang lebih bersifat umum dan menghibur.

7. Menjalin Komunikasi dengan Orang Terdekat

Saat menjalani karantina mandiri selama 14 hari, kalian pasti akan jarang bertemu dan berbincang dengan orang lain. Mungkin, hal inilah yang akan menjadi salah satu pemicu stres selama berdiam diri di rumah.

Untuk mengatasi itu, kalian bisa menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga, kerabat, atau teman. Kalian bisa menjalin komunikasi dengan melakukan chatting, telepon, bahkan video call.

Maksimalkan akses teknologi tersebut untuk saling mengabarkan keadaan. Selain itu, kalian juga bisa bertukar cerita dan saling menghibur lewat dunia maya.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI