Tongtol, Solusi Praktis Bayar Tol Pakai Tongkat

Rabu, 13 September 2017 14:02 Penulis: Tyssa Madelina
Tongtol, Solusi Praktis Bayar Tol Pakai Tongkat
Sumber: Tokopedia

Kapanlagi Plus - Sejak diberlakukan peraturan baru Oktober mendatang dimana seluruh pembayaran di gerbang tol akan diganti menggunakan Gerbang Tol Otomatis (GTO), otomatis pengguna kendaraan harus mempersiapkan kebutuhan agar dapat berpergian dengan lancar.

Selain Kartu Elektronik Toll (e-Toll), yang dapat diperoleh di beberapa tempat seperti situs jual beli online dan juga toko waralaba terdekat, pengguna kendaraan juga 'wajib' menyiapkan satu kebutuhan penting dalam proses pembayaran tol. Perkenalkan, alat ini disebut tongkat tol atau yang biasa disingkat 'tongtol'.

Bagi pengemudi yang merasa kesulitan menggapai alat pemindai e-Toll, alat ini bisa berguna. Berbentuk panjang layaknya tongkat selfie, pengemudi cukup mengeluarkan tongkat ini untuk membantu menjangkau alat pemindai.

Mirip spatula (Sumber: Bukalapak)Mirip spatula (Sumber: Bukalapak)

Sekilas, bentuk tongtol menyerupai spatula atau centong memasak dengan panjang 1 meter. Di ujungnya terdapat tempat penyimpanan kartu yang menyerupai ID card perusahaan.

Cara penggunaan tongtol ini nyatanya cukup sederhana, hanya tinggal menyelipkan kartu di ujung tongkat lalu tempelkan pada scanner yang terdapat di gerbang tol. Tongtol diyakini memberi kemudahan pada pengguna mobil sedan atau city car. Pengendara pemula juga kerap kesulitan karena sering tidak dapat mengatur jarak mobil dengan alat pemindai. Wah, membantu banget ya KLovers!

Aditya, salah seorang distributor tongtol mengungkapkan harga tongtol cukup bervariasi, tergantung pada jenis bahan yang dipakai. Dari yang termurah dijual per buahnya Rp 15.000 sampai Rp 70.000. "Harganya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 70.000. Harga yang semakin mahal memiliki bahan dan kualitasnya yang semakin bagus," jelas Aditya seperti yang dilansir oleh berbagai media.

Tertarik membelinya, KLovers?

(kpl/TMD)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI