Wortel dan 8 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Wortel dan 8 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Mata menjadi bagian penting dari indra penglihatan yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, seringkali masalah kesehatan mata dapat membuat penderitanya mengalami gangguan aktivitas harian hingga berefek pada kesehatannya. Untuk itu ada sejumlah makanan terbaik yang diklaim mampu menjaga kesehatan mata agar dapat meningkatkan produktivitasnya.

Tentunya semua orang sependapat bahwa mata merupakan indra penglihatan yang miliki peran penting dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Namun sayangnya, kondisi beberapa organ tubuh sering mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Bukan hanya itu, sejumlah faktor turunnya sistem kesehatan tubuh juga dapat berasal dari gaya hidup tak sehat salah satunya adalah asupan makanan. Dimana asupan makanan ini miliki peran besar memengaruhi kondisi kesehatan tubuh di luar faktor usia yang semakin bertambah.

Diantara bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya adalah mata. Mata sendiri termasuk bagian indra penglihatan yang juga dapat menurun karena faktor usia dan gaya hidup tak sehat. Sejumlah makanan sehat rupanya diklaim mampu menjaga kesehatan mata agar sistem penglihatan tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit mata.

Lalu apa saja makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata?

Adapun makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata tersebut dapat menjadi rekomendasi tepat pilihan asupan sehat harian. Berikut 8 makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata bersumber dari honestdocs.id, healthline.com, dan medicalnewstoday.com.

 

1. Wortel

Tentunya wortel sudah menjadi salah satu makanan yang tidak diragukan lagi memberikan manfaat baik bagi kesehatan mata. Sebab wortel mengandung sejumlah nutrisi sehat seperti vitamin A dan beta karoten yang mendukung kesehatan mata tetap baik serta terjaga.

Mengutip dari honestdocs.id, satu buah wortel berukuran sedang rupanya dapat memberikan asupan vitamin A sebesar 5.000 IU. Sehingga kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata dan terhindar dari sejumlah masalah kesehatan seperti katarak ataupun penglihatan kabur. Wortel ini dapat kalian buat dengan berbagai resep sehat mulai dari jus, salad, hingga sup.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ikan Salmon

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya juga dapat ditemukan dari ikan. Diantaranya seperti ikan salmon yang miliki sejumlah nutrisi sehat hingga bermanfaat bagi berbagai organ tubuh, salah satunya adalah mata.

Sebab dalam ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang memiliki peran penting bagi kesehatan mata terutama bagian retina. Selain itu kandungan lemak omega-3 ini juga dapat mencegah mata kering yang turut serta menjadi bagian masalah kesehatan mata yang kerap muncul. Sejumlah resep seperti panggang sangat cocok untuk menikmati ikan salmon tersebut.

3. Kacang-Kacangan

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata lainnya berasal dari kacang-kacangan. Aneka kacang-kacangan tersebut terdiri dari kacang almond, kacang mete, kacang kenari, kacang tanah dan lain sebagainya.

Sebab dalam kacang-kacangan mengandung sederet vitamin dan nutrisi seperti vitamin E dan asam lemak omega-3 yang juga baik bagi kesehatan mata.  Vitamin E sendiri diketahui dapat membantu mencegah degenerasi makula yang terkait dengan faktor usia termasuk risiko terkena penyakit katarak. Aneka kacang-kacangan ini dapat dikonsumsi sebagai camilan ataupun olahan resep lainnya seperti oatmeal.

4. Telur

Telur juga termasuk makanan baik untuk menjaga kesehatan mata. Sebab, dalam telur diketahui mengandung nutrisi seperti lutein, vitamin A, zeaxanthin, dan seng yang semuanya dapat mendukung kesehatan mata tetap terjaga dan terjamin.

Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada kuning telur yang miliki kandungan senyawa baik bagi kornea dan retina. Sehingga konsumsi telur untuk menjaga kesehatan mata bisa menjadi pilihan tepat melindungi mata dari masalah kesehatan seperti katarak.

5. Daging Sapi

Tentunya kenikmatan daging sapi dalam berbagai olahan resep seperti steak dan gule begitu menggugah selera. Namun di balik kenikmatan tersebut, daging sapi menawarkan sejumlah manfaat tak terduga yang diketahui bisa menjaga kesehatan mata.

Sebab, dalam daging sapi mengandung zat nutrisi seng yang erat kaitannya dengan indra penglihatan termasuk mencegah degenerasi makula. Sehingga konsumsi daging sapi tentunya bisa menjadi pilihan tepat lainnya untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan mata.

6. Jeruk

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata juga dapat ditemukan dalam buah jeruk. Jeruk sendiri merupakan sumber vitamin C tinggi. Dimana vitamin C ini miliki manfaat yang hampir serupa dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan mata karena kandungan antioksidan tinggi. Terutama mengatasi masalah degenerasi makula yang erat kaitannya dengan faktor usia hingga berpengaruh pada indra penglihatan.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Berbagai macam buah dan sayur tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk sayuran berdaun hijau yang diklaim juga mampu membantu menjaga kesehatan mata. Dimana sayuran hijau miliki nutrisi lutein, zeaxanthin, serta vitamin C yang baik bagi indra penglihatan. Diantara sayuran hijau tersebut seperti bayam, kubis, kale, dan brokoli.

8. Kentang

Sama halnya dengan sejumlah makanan lainnya di atas, kentang juga termasuk salah satu jenis makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Dimana kentang mengandung beberapa nutrisi seperti beta karoten serta vitamin E dan nutrisi lainnya yang baik bagi indra penglihatan.

Nah itulah 8 makanan baik untuk menjaga kesehatan mata yang bisa menjadi pilihan tepat mencegah sejumlah masalah kesehatan pada indra penglihatan. Namun selain menjaga asupannya, tentunya gaya hidup sehat lainnya juga penting diterapkan agar mendapat hasil maksimal.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending