10 Cara Melacak No Hp Lewat Google Maps, Biar Secanggih Sherlock Holmes

Selasa, 30 Juli 2019 09:44 Penulis: Wuri Anggarini
10 Cara Melacak No Hp Lewat Google Maps, Biar Secanggih Sherlock Holmes
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Cara melacak no HP jadi salah satu skill yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Bukan cuma demi kepentingan stalking gebetan semata. Tapi ada juga kondisi lain yang bikin kamu mau nggak mau wajib mencari tahu no HP seseorang. Misalnya untuk mencari tahu teman atau keluarga yang sudah lama nggak pernah saling berkabar, atau buat melacak keberadaan teman atau keluarga yang tiba-tiba hilang kabar. Selain itu, melacak no HP juga sering dilakukan buat yang baru saja kehilangan ponsel.

Cara melacak no HP lewat Google Maps ternyata jadi salah satu metode yang paling sering dilakukan. Nggak perlu jadi Sherlock Holmes kok. Perkembangan teknologi yang makin canggih memberikan banyak kemudahan, termasuk buat kepoin no HP seseorang. Kini kamu bisa melacaknya lewat Google Maps dan aplikasi lain yang hasilnya bisa dikatakan akurat. Mau tahu seperti apa caranya?

1. Fitur Google Maps Ternyata Nggak Cuma Peta

©Shutterstock©Shutterstock

Kalau selama ini kamu pikir fitur Google Maps hanya menawarkan peta, salah banget. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC ini punya sederet fitur canggih lainnya yang menawarkan berbagai kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari Driving Direction yang berfungsi memandu perjalanan atau untuk mencapai lokasi tertentu, Street View, Traffic, Business Listing, Latitude, hingga My Location.

2.  Pentingnya Update Google Maps

Langkah pertama yang wajib dilakukan untuk menjalankan cara melacak no HP lewat Google Maps adalah dengan mengunduh aplikasi versi terbarunya terlebih dulu. Hal ini penting agar pencarian yang dilakukan Google Maps lebih akurat sehingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

3. Cara Melacak No Hp Lewat Google Maps untuk Mengetahui Keberadaan Seseorang

Sering bingung melacak keberadaan seseorang dalam keadaan darurat? Parahnya lagi, orang yang dicari susah dihubungi dan bikin panik. Tapi, nggak perlu galau lagi karena kamu bisa melacaknya lewat Google Maps.

Cara melacak no HP lewat Google Maps ini sebenarnya mudah saja. Buka Google Maps yang ada di smartphone, lalu masuk ke menu Option. Setelah itu, masuk ke menu Friend List dan tambahkan kontak yang ingin dilacak dengan cara klik Add Friend. Invite kontak yang dipilih, lalu Google Maps secara otomatis akan melacak keberadaan orang tersebut. Cukup mudah, kan?

4. Cara Melacak Orang Lain Lewat Google Maps dengan Bantuan Email

©Shutterstock©Shutterstock

Email yang digunakan untuk login di smartphone Android ternyata juga bisa dimanfaatkan buat melacak lokasinya, lho. Cara melacak no HP lewat Google Maps yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari seseorang atau mengetahui keberadaan ponselmu yang hilang. Kira-kira begini langkahnya.

Akses gmail.com lewat personal computer alias PC. Login sesuai alamat email dan password yang terpasang di smartphone yang hilang. Setelah itu, pilih ikon klik 9 alias ikon titik yang berjumlah 9. Pilih menu Akun Google, lalu masuk ke opsi Buka Aktivitas Saya. Cari menu strip 3 yang berada di pojok kiri tampilan PC, klik Kontrol Aktivitas Setelah itu, klik pilihan Kelola Aktivitas.

For your information, Google Maps ini menyimpan semua tempat yang sudah pernah dikunjungi dengan peta yang sifatnya personal. Setelah itu akan keluar pilihan Jelajahi Linimasa Anda, klik OK. Maps akan menampilkan peta lokasi dengan lingkaran warna biru bisa ditandai sebagai ponsel yang dicari. Klik untuk menemukan alamat lebih lengkapnya. Taraaa, cara melacak HP dengan Google Maps ternyata gampang banget kan? Nggak perlu bantuan Sherlock Holmes buat melakukannya!

5. Yang Perlu Kamu Tahu Saat Melacak No HP Lewat Google Maps

Jika melacak nomor HP lewat Google Maps ini digunakan untuk mengetahui HP yang hilang, pastikan GPS di ponsel tersebut selalu aktif agar bisa update lokasi terkini. Selain itu, jika ingin share lokasi yang lebih lama, disarankan menggunakan fitur share location yang ada di Google Maps. Selama tidak ada batasan waktu share dan HP tidak dinonaktifkan, proses sharing ini akan terus berlangsung hingga dihentikan.

6. Tips Tambahan Cara Melacak No HP Lewat Google Maps

Ada beberapa tips tambahan supaya cara melacak No HP lewat Google Maps ini semakin membuahkan hasil yang diinginkan. Yang pertama adalah setting GPS yang akurat di ponsel yang ingin dicari. Untuk mengantisipasi kehilangan ponsel, sebaiknya kamu sudah melakukan setting GPS smartphone yang akurat.

Install peta offline juga diperlukan saat proses pelacakan no HP lewat Google Maps berlangsung. Hal ini dapat membantu jika terjadi gangguan koneksi saat proses pelacakan berlangsung, maka peta offline yang akan bekerja. Tapi, jangan lupa untuk menggunakan koneksi internet yang mumpuni agar hasil pencarian yang kamu lakukan membuahkan hasil yang akurat.

7. Cara Melacak No Hp dengan Bantuan GPS

©Shutterstock©Shutterstock

Cara melacak no HP yang satu ini punya keunggulan tersendiri, yaitu nggak memerlukan aplikasi apapun. Kamu cukup memanfaatkan fitur GPS atau Global Positioning System yang tertanam di dalam smartphone untuk menemukan ponsel yang dicari. Caranya juga gampang kok.

Buka situs www.SAT-GPS-Tracker.com. Pilih menu Track A Phone Number Here. Pilih asal, yaitu Indonesia jika memang ponsel yang dicari hilang di Indonesia. Lalu isikan Phone Number Code dengan angka 62. Isi kolom Phone Number dengan nomor lengkap HP yang ingin dicari tanpa menuliskan angka 0 di depannya. Setelah lengkap, tekan Click to Search.

8.  Cara Melacak No HP dengan Aplikasi HLR Lookup

Selain Google Maps, cara melacak no HP juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi smartphone lainnya. Salah satu yang jadi rekomendasi dalam dunia pelacakan ini adalah HLR Lookup karena user friendly dan teruji keakuratannya.
Untuk melacak No HP dengan HLR Lookup, ikuti beberapa langkah mudah ini.

Unduh aplikasi versi terbarunya di Google Play untuk memberikan hasil yang akurat. Jika sudah ada, kamu bisa membuka dan jalankan aplikasi HLR Lookup di smartphone. Buka, masukkan nomor HP yang ingin dicari, klik Check. Nantinya aplikasi akan menampilkan beberapa data, seperti kota tempat tinggal, negara, provider, dan masih banyak lagi.

9. Cara Melacak No HP dengan WhatsApp

Yup, WhatsApp alias WA yang sering digunakan untuk berkirim pesan ternyata juga bisa digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang. Nah, cara melacak no HP dengan WhatsApp sebenarnya mudah saja. Syaratnya, tutorial ini hanya bisa dieksekusi kalau kamu menggunakan WhatsApp Web.

Yang pertama mesti dilakukan adalah mengajak chatting target, setelah itu tekan tombol Ctrl+Alt+Delete untuk membuka fungsi task manager. Hentikan seluruh program yang sedang berjalan kecuali browser dengan cara klik End Task.

Setelah itu, tekan tombol Win+R, ketik CMD dan OK. Pada Command Prompt, silakan ketik netstat-an lalu enter. Catat alamat IP yang tercantum pada command prompt, buka situs www.IP-Address.com/ip_tracer untuk melacak lokasinya.

10. Cara Melacak No HP dengan Aplikasi iSharing

©Shutterstock©Shutterstock

Cara melacak no HP lainnya yang bisa dicoba adalah menggunakan aplikasi iSharing. Caranya juga gampang, download aplikasi iSharing versi terbaru. Setelah itu, login terlebih dulu dengan email atau Facebook, masukkan nomor HP yang digunakan, dan atur jarak lewat menu Pengaturan Alarm Jarak sesuai dengan kebutuhan. Tambahkan teman yang ingin diajak bergabung. Untuk mengetahui posisi teman, cukup tap pada nama mereka, lalu informasi yang dibutuhkan akan muncul di layar smartphone.

Nggak perlu jadi Sherlock Holmes, cara melacak no HP lewat Google Maps ternyata sangat mudah, kan? Selamat mencoba, KLovers!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI