6 Tips Mengatasi Rasa Cemas dan Takut Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
6 Tips Mengatasi Rasa Cemas dan Takut Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi cara mengatasi rasa cemas dan takut (credit : pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Mengurangi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi adalah salah satu cara terbaik menghadapi krisis ini. Kalian mungkin menjadi salah satu orang yang merasakan rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Jadi, apa yang sebaiknya kalian lakukan?

Banyak orang yang dibuat cemas dan takut terhadap wabah ini. Terutama dengan berbagai pemberitaan yang menginformasikan peningkatan dari pandemi ini.

Rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 mewabah lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah akan menjaga dirinya tetap aman dari virus corona covid-19. Mengingat tubuh mereka rentan terhadap virus dan penyakit.

 

 

 

1. Kalian Tidak Sendiri

Rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi, adalah kondisi yang wajar. Kalian bisa mengungkapkan perasaan kalian untuk menghindari stres berlebihan.

Dalam situasi ini ingatlah jika kalian tidak sendiri. Yakinkan pada diri bahwa bisa menghadapi wabah ini. Berpikir positif dan coba hentikan membaca headline berita yang bisa membuat kalian merasakan rasa cemas dan takut yang berlebihan.

Kalian bisa mencari sumber terpercaya yang bisa mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Bahkan berita tentang semangat sembuh seorang penderita positif corona covid-19 bisa memberi dorongan semangat mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19.

2. Wisata Secara Virtual

Jika kalian merasakan rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 mewabah. Ada 6 tips untuk mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 ini. Berikut tipsnya yang dilansir dari healthline.com.

Kondisi saat ini membuat berbagai tempat wisata dan tempat publik mengalami penutupan. Kalian disarankan untuk tetap berada di rumah agar terhindar dari virus corona covid-19. Anjuran ini membuat kalian tidak dapat keluar rumah dan berpergian.

Namun kalian bisa tetap menikmati tur museum yang menarik dan penuh kenyamanan di rumah sendiri. Lebih dari 500 museum dan galeri di seluruh dunia bekerja sama dengan Google Arts & Culture. Sehingga kalian bisa menggunakan fasilitas ini untuk melihat berbagai koleksi mereka secara online.

Selain itu kalian juga bisa melihat berbagai tempat dan hewan yang belum pernah kalian lihat serta kunjungi. Film dokumenter interaktif dari Google Arts & Culture membuat kalian bisa melakukan tur di taman nasional dunia termasuk wilayah terpencil yang tidak pernah dilihat orang.

Film dokumenter tersebut akan memandu kalian mempelajari fakta yang menyenangkan tentang alam dan hewan. Tips ini bisa membuat rasa cemas dan takut kalian teralihkan.

3. Main dengan Hewan Peliharaan

Melihat tingkah hewan peliharaan di rumah akan meningkatkan mood kalian. Tingkah lucu dan menggemaskan mereka ini dapat seperti kondisi saat ini bisa membuat kalian lebih bahagia.

Buat kalian yang tidak miliki hewan peliharaan juga jangan khawatir. Duduk di teras rumah sambil berjemur di pagi hari juga menyenangkan, apalagi bisa menikmati suasana. Sehingga akan membuatmu yakin jika dunia ini masih tetap hidup dan wabah ini akan berakhir.

4. Dengarkan Instrumen Musik Menenangkan

Situs website do nothing for 2 minutes bisa membuat kalian merasakan rileks selama 2 menit. Dalam situs ini kalian akan disuguhkan suara ombak layaknya di pantai agar membuat pikiran kalian rileks.

Selain itu kalian akan diminta untuk berdiam, tidak melakukan apapun. Suara ombak dalam situs ini akan membuat kalian merasa rileks dan tenang. Cobalah!

5. Memijat Diri Sendiri

Pijatan akan membantu kalian dalam menghindari stress ketika social distancing. Kalian bisa melakukan pijatan pada kaki, lengan, tangan, dan punggung atas. Jika kalian tidak tahu cara tepat memijat. Kalian bisa menggunakan situs YouTube untuk mencari video teknik yang tepat dalam memijat diri.

6. Lakukan Meditasi yang Membuat Bahagia

Terdapat berbagai jenis meditasi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi rasa cemas dan takut. Meditasi termudah yang bisa kalian lakukan seperti meluapkan emosi yang membuat kalian lega. Ini adalah cara praktis yang bisa kalian pilih. Meditasi dengan membaca buku, minum teh, mendengarkan musik juga bisa kalian lakukan.

7. Menarik Napas Panjang dan Dalam

Untuk mengatasi rasa cemas dan takut saat wabah virus corona covid-19 mewabah, kalian bisa menarik napas sedalam-dalamnya. Menarik nafas panjang dan dalam diyakini bisa mengurangi stress akibat cemas dan takut menghadapi sesuatu.

Oksigen yang masuk akan membuat tubuh lebih rileks dan membantu berpikir lebih jernih. Cobalah lakukan cara praktis dan simple ini untuk mengatasi rasa cemas dan takut kalian akibat wabah virus corona covid-19.

Nah itulah 6 tips mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemik virus corona covid-19 mewabah. Sekali lagi tanamkan pada diri sendiri bahwa mampu menghadapi situasi saat ini dan selalu berpikir positif serta menjaga kesehatan.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI