Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini 6 Makanan Pemicu Kanker di Tubuh

Minggu, 16 Agustus 2020 11:44 Penulis: Dhia Amira
Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini 6 Makanan Pemicu Kanker di Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kanker memang menjadi sebuah penyakit yang berbahaya di tubuh, bila sudah terkena kanker maka akan sulit untuk menyembuhkannya. Karena itulah sebelum terjadi, kita harus mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit kanker.

Dan salah satu untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memperhatikan makanan yang akan kita makan. Ternyata ada loh beberapa makanan yang hindari apalagi dikonsumsi secara rutin atau berlebihan.

Kira-kira makanan apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 makanan pemicu kanker yang perlu dikurangi bahkan dihindari untuk dikonsumsi. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Daging Olahan

Makanan pemicu kanker yang pertama yaitu ada daging olahan. Di sini yang dimaksud dengan daging olahan yaitu, semua daging yang telah diproses dengan garam, diawetkan, diasap atau ditambahkan bahan tertentu untuk meningkatkan citarasa atau ketahanan daging.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker menyatakan bahwa, daging olahan dapat menjadi pemicu kanker karena kandungan senyawa karsinogen di dalamnya. Dan kandungan inilah yang dapat menjadi penyakit kanker, salah satunya yaitu kanker kolorektal.

2. Makanan Terlalu Matang

Makanan pemicu kanker yang selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan terlalu matang. Ternyata tidak semuanya yang dimasak secara berlebihan aman ya KLovers, karena makanan yang dimasak dengan suhu tinggi dan terlalu matang dapat berbahaya bagi tubuh.

Hal ini karena makanan yang terlalu matang dapat menimbulkan senyawa berbahaya yang berkontribusi pada peradangan, dan berperan lebih dalam perkembangan kanker. Maka dari itu perlu diperhatikan, makanan apa saja yang berbahaya bila dimasak terlalu matang.

Dan makanan tersebut antara lain, daging, susu, keju, telur, mentega, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Hal ini karena semua makanan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi akan menghasilkan senyawa berbahaya jika dimasak dalam suhu terlalu tinggi pula.

Tetapi tidak pula dimasak dengan keadaan setengah matang ya KLovers. Kalian bisa kok memasak daging, telur, dan kacang-kacangan dengan kondisi yang matang tetapi tidak terlalu lama dalam memasak. Serta untuk memperhatikan suhu api agar tidak terlalu tinggi.

3. Gula

Ternyata gula juga dapat menjadi makanan pemicu kanker loh KLovers. Bila kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, maka dapat meningkatkan risiko kanker.

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa, sebuah pola makan yang dilakukan dengan mengonsumsi kandungan gula kadar tinggi dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk di antaranya kanker perut, payudara, dan usus besar. Itulah mengapa mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi sejak dini adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

4. Minuman Beralkohol

Bukan hal yang asing lagi bila alkohol menjadi salah satu jenis makanan pemicu kanker. Hal ini karena alkohol merupakan sebuah minuman yang memiliki sifat karsinogenik. Dan sifat karsinogenik inilah yang menjadi hal penting dalam memberikan penyakit kanker di dalam tubuh.

Semakin tinggi kita mengonsumsi minuman alkohol, maka semakin tinggi pula risiko terkena penyakit kanker. Dan ada pun beberapa tubuh yang dapat terkena kanker seperti, kepala, kerongkongan, hati, payudara, serta usus besar.

5. Makanan dari Microwave

Makanan pemicu kanker yang selanjutnya yaitu makanan dari microwave. Yup! alat elektronik yang bisa digunakan sebagai pemanas makanan ini sangat berbahaya loh bagi tubuh bila dilakukan secara rutin. Hal ini karena microwave dilapisi bahan kimia yang berguna untuk memastikan makanan tetap segar ketika dimakan.

Dan bahan kimia ini dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis, dan pankreas. Itulah mengapa jangan terlalu sering untuk mengonsumsi makanan yang diolah melalui microwave.

6. Makanan Kaleng

Dan makanan pemicu kanker yang terakhir yaitu ada makanan kaleng. Sudah bukan hak yang asing lagi bila makanan kaleng dapat memicu adanya penyakit kanker di dalam tubuh. Hal ini karena lapisan kaleng yang digunakan pada produk makanan kaleng biasanya menggunakan bahan kimia bisphenol-A atau BPA.

Dan bahan kimia ini sangat beracun bagi tubuh manusia, karena akan mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Terutama makanan yang mengandung zat asam tinggi seperti, tomat, buah asam, dan yang lainnya. Karena makanan yang tinggi asam dapat menjadi sangat berbahaya bila dijadikan sebagai makanan kaleng.

Itulah 6 makanan pemicu kanker yang harus kalian kurangi atau bahkan hindari untuk kesehatan tubuh. Kalian bisa beralih dengan mengonsumsi makanan sehat, atau makanan yang diolah sendiri secara tepat. Dengan begitu tubuh tetap sehat dan terjauh dari penyakit kanker.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI