10 Manfaat Jagung Rebus Bagi Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Kamis, 12 November 2020 13:55 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Jagung Rebus Bagi Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat
Manfaat Jagung Rebus (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak menghasilkan karbohidrat. Jagung juga menjadi salah satu makanan pokok sama seperti nasi, umbi, serta gandum. Dan tentu saja manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak. Karena kandungan yang terdapat dalam jagung juga sangat luar biasa.

Jagung sendiri ada yang memiliki rasa tawar, ada pula yang memiliki rasa yang manis. Sehingga jagung menjadi salah satu makanan yang begitu populer. Bukan hanya direbus saja, jagung juga bisa dibuat dengan berbagai bentuk sajian yang kekinian. Jagung memiliki kandungan seperti, kalori 96%, air 73%, protein 3,4 gram, karbohidrat 21 gram, gula 4,5 gram, serat 2,4 gram, dan lemak 1,5 gram.

Begitu banyak kandungan yang terdapat dalam jagung, kira-kira apa saja ya manfaat jagung rebus yang baik untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Memberikan Energi Lebih

Manfaat jagung rebus yang pertama yaitu dapat memberikan energi yang lebih. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila jagung menjadi salah satu makanan yang dipilih sebagai makanan pokok, hal ini karena kandungan energi yang dimiliki oleh jagung pada tubuh begitu efektif.

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam jagung rebus bisa memberikan energi pada tubuh. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting, karena dapat memberikan stamina dan metabolisme bagi tubuh. Sehingga tidak heran bila jagung rebus menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi yang sehat.

 

 

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jagung rebus yang selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan mata. Walaupun terlihat sebagai makanan pokok, nyatanya mengonsumsi jagung rebus bisa meningkatkan kesehatan mata loh. Hal ini karena jagung rebus memiliki kandungan berupa betakaroten.

Kandungan betakaroten ini berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, betakaroten merupakan senyawa yang mampu mendukung produksi vitamin A. Sementara, seperti yang kita tahu vitamin A merupakan jenis vitamin yang baik untuk mata. Tak hanya itu saja, jagung juga memiliki kandungan pigmen zeaxanthin yang dipercaya baik untuk mata kita.

 

 

3. Baik untuk Ibu Hamil

Tidak hanya mampu menutrisi mata dengan sangat baik, nyatanya manfaat jagung rebus juga sangat baik bagi ibu hamil loh KLovers. Hal ini karena kandungan asam folat yang terdapat di dalam jagung rebus yang bisa menjaga kesehatan ibu hamil, terutama untuk menjaga kesehatan janin.

Asam folat merupakan kandungan nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang janin. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentukan sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang. Dan bila janin tidak memiliki kandungan asam folat yang baik, maka biasanya akan mengalami gangguan. Salah satunya yaitu cacat lahir pada bayi.

Jadi selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti jagung rebus. Bukan hanya untuk janin saja, kandungan asam folat ini juga bisa membantu ibu hamil mencegah anemia.

 

 

4. Menu Diet yang Tepat

Menjadi pengganti nasi putih, nyatanya banyak orang yang sedang diet memilih jagung rebus sebagai menu diet mereka loh. Bukan hanya manfaat jagung rebus yang baik untuk kesehatan tubuh, namun jagung rebus juga mampu mendukung dalam penurunan berat badan seseorang yang sedang diet.

Selain memiliki kandungan kalori yang rendah, serta karbohidrat yang tinggi, jagung juga kaya akan protein yang baik untuk kalian yang sedang diet. Dengan mengonsumsi jagung rebus, maka kalian akan merasakan kenyang yang cukup lama.

Selain itu kandungan protein dalam jagung mampu mengatur metabolisme tubuh dengan baik. Dengan lancarnya metabolisme, maka kalori di dalam tubuh juga terbakar dengan baik pula. Jagung juga menjadi sumber serat baik yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Bakteri ini menghasilkan asam lemak rantai pendek untuk membantu mencegah kanker usus besar, menghilangkan sembelit, serta perut buncit.

 

 

5. Mencegah Risiko Kanker Paru-Paru

Tidak hanya mampu mencegah risiko terkena kanker usus, nyatanya jagung juga mampu mencegah risiko terkena kanker paru-paru. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan cryptoxanthin yang dimilikinya. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga perkembangan kanker paru menjadi lebih ganas.

Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari liputan6.com mengungkap bahwa, jagung bisa mencegah kanker paru-paru. Terdapat zat kimia alami yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Sehingga untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa mengonsumsi jagung rebus secara rutin.

 

 

6. Mencegah Risiko Kardiovaskular

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu baik untuk kesehatan jantung. Dalam jagung rebus terdapat vitamin B, terutama vitamin B9 atau yang juga sering disebut folat. Selain itu, jagung rebus juga punya kandungan niacin yang sangat baik untuk jantung.

Kandungan-kandungan tersebut diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan begitu, aliran darah akan lebih lancar dan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu saja, kandungan kalium pada jantung juga sangat baik bagi kesehatan terutama jantung. Kandungan kalium dalam jagung rebus ini cocok dikonsumsi penderita diabetes karena rendah gula. Dan mampu menjaga kesehatan jantung, cegah stroke, jaga saraf, tulang, dan otot.

 

 

7. Baik untuk Daya Ingat

Daya ingat memang menjadi salah satu hal yang penting dalam fungsi otak. Walaupun, secara alamiah daya ingat akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun sama seperti daya tahan tubuh, daya ingat juga bisa dipertahankan dengan mengonsumsi jagung rebus loh KLovers.

Jagung rebus mengandung vitamin B1 dan senyawa thiamine. Kedua senyawa itu dipercaya bisa meningkatkan kerja otak dalam menjaga daya ingat. Tidak hanya membuat daya ingat terjaga, mengonsumsi jagung rebus secara tidak langsung juga akan menjauhkan kalian dari risiko alzheimer.

 

 

8. Mengatasi Depresi

Nyatanya manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi depresi. Depresi memang bisa dialami oleh siapa saja. Dan seseorang yang mengalami depresi harus mengatasi hal ini dengan segera. Itu karena, depresi tidak akan baik bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Bahkan depresi bisa memberikan penyakit serius, serta kematian.

Bila kalian mengalami stres atau depresi yang cukup lama, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat jagung rebus. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Dan jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh yang mampu memberikan nutrisi baik dalam memberikan kesehatan mental seseorang. Sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari depresi berlebih.

 

 

9. Meningkatkan Imunitas

Imunitas atau daya tahan tubuh jadi hal terpenting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Imunitas yang stabil akan membuat seseorang tidak mudah terjangkit penyakit. Nah, mengonsumsi jagung rebus bisa jadi salah satu jalan agar daya tahan tetap stabil.

Hal ini dikarenakan dalam jagung rebus terkandung vitamin C dan protein, dua senyawa yang sangat berperan untuk meningkatkan imunitas. Oleh karena itu, jagung rebus baik dikonsumsi saat mengalami gejala flu dan demam.

 

 

10. Memberikan Kesehatan Kulit

Dan manfaat jagung rebus yang terakhir yaitu mampu memberikan kesehatan pada kulit kalian. Antioksidan dan pati jagung disinyalir sebagai bahan alami yang baik untuk mengangkat sel kulit mati. Konsumsi jagung manis secara teratur yang memiliki kandungan antioksidan akan menjadikan kulit awet muda.

Selain itu kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene dalam jagung muda disinyalir bisa membuat kulit lebih halus. Dan kandungan air di dalamnya membantu kulit nampak lebih segar, sehat serta bersih. Sehingga tidak heran bila jagung menjadi salah satu jenis biji-bijian yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Itulah 10 manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Tak hanya baik untuk seseorang yang sedang dalam program diet saja, nyatanya jagung rebus juga memiliki manfaat menutrisi kulit dengan sangat baik. Jadi tidak heran bila jagung rebus banyak dipercaya untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI