Ternyata Ini 10 Manfaat Protein Bagi Tubuh dan Cara Mendapatkannya

Kamis, 26 November 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
Ternyata Ini 10 Manfaat Protein Bagi Tubuh dan Cara Mendapatkannya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Protein merupakan sebuah nutrisi penting bagi tubuh manusia. Protein juga menjadi salah satu jaringan tubuh yang berfungsi sebagai sumber bahan bakar. Sehingga manfaat protein sangat dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein juga menjadi bahan bakar menyediakan kepadatan energi sebanyak karbohidrat.

Sehingga protein sangat penting bagi tubuh manusia untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Protein sendiri terdiri dari asam amino yang diperlukan tubuh agar berfungsi dengan baik. Asam amino dapat dikelompokkan menjadi dua jenis utama, yakni asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Bila asam amino nonesensial dapat dibuat sendiri oleh tubuh, maka asam amino esensial harus didapat dari makanan.

Ada banyak sekali makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, sehingga kalian tidak akan sulit dalam mendapatkan nutrisi protein untuk kesehatan tubuh. Bahkan dengan mendapatkan kandungan protein yang cukup, kita dapat mengkoordinasikan fungsi sel dan organ di dalam tubuh dengan baik.

Kira-kira apa saja ya manfaat protein bagi kesehatan tubuh kita? Dilansir dari berbagai sumber, ini 10 manfaat protein yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pembentukan Enzim Dalam Tubuh

Manfaat protein yang pertama yaitu dapat membentuk enzim di dalam tubuh. Enzim adalah molekul katalis yang dapat mempercepat laju reaksi kimia di dalam sel-sel tubuh. Atas perannya tersebut, enzim berperan vital bagi kehidupan dan diperlukan dalam beragam proses biologis dan kimiawi di dalam tubuh.

Bahkan fungsi enzim juga dibutuhkan dalam proses penyimpanan dan pelepasan energi, reproduksi, pernapasan, bahkan penglihatan. Sehingga tidak heran bila kita butuh asupan enzim, agar tubuh dapat berfungsi dengan semestinya. Dan kalian bisa mendapatkan hal tersebut dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein, sehingga enzim yang ada di dalam tubuh pun bisa tercukupi.

 

2. Antibodi untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat protein yang selanjutnya yaitu untuk menjadi antibodi bagi sistem kekebalan tubuh. Tubuh memang membutuhkan sistem yang kuat agar tidak mudah terserang penyakit. Dan untuk mendapatkan hal tersebut, maka kalian bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kandungan protein.

Itu karena, protein kandungan asam amino yang cukup tinggi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Asam amino sendiri memiliki beragam sekali fungsi, yang salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi protein, maka kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

3. Baik untuk Pembentukan Hormon

Hormon merupakan suatu zat yang mengendalikan fungsi-fungsi tubuh dengan melibatkan interaksi beberapa organ. Seperti insulin, yang merupakan bentuk lain dari protein, adalah contoh hormon yang mengatur gula darah. Dalam prosesnya insulin akan melibatkan interaksi antara organ pankreas dan hati.

Selain itu secretin, adalah contoh lainnya dari hormon yang terbentuk dari protein. Zat ini membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk menciptakan cairan yang diperlukan selama proses pencernaan berlangsung. Sehingga sangat penting dalam meningkatkan nutrisi protein di dalam tubuh dalam pembentukan hormon.

 

4. Meningkatkan Massa Otot

Protein memang menjadi salah satu jenis nutrisi yang selalu dikonsumsi untuk para atlet. Hal ini karena protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang dapat meningkatkan masa otot di tubuh. Bahkan para atlet atau orang-orang yang membentuk tubuh mereka akan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein setiap harinya, demi untuk meningkatkan masa otot tubuh mereka. Jadi tidak perlu diragukan lagi bila manfaat protein mampu meningkatkan masa otot dengan baik dan juga efektif.

 

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya meningkatkan masa otot saja, nyatanya manfaat protein juga sangat baik dalam memberikan kesehatan tulang loh KLovers. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein akan membuat kita terhindar dari risiko osteoporosis dan patah tulang di usia lanjut. Terutama untuk seorang wanita. Sebab, menopause bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Tidak hanya untuk kesehatan tulang saja, dengan mengonsumsi protein maka kita juga akan memperkuat pembentukan otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Sehingga jangan sampai tubuh kekurangan sumber protein ya KLovers.

 

6. Meningkatkan Metabolisme

Bagi kalian yang sedang diet, maka manfaat protein yang satu ini pasti sangat wajib, hal ini karena mengonsumsi protein dapat meningkatkan pembakaran lemak dengan sangat baik. Dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi maka kalian bisa meningkatkan metabolisme dan merangsang pembakaran lemak, loh.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin dapat membakar sekitar 80-100 kalori per harinya. Bahkan, ada riset yang membuktikan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin mampu membakar 260 kalori per hari. Sehingga itu sama saja dengan latihan kardio selama satu jam penuh!

 

7. Menyeimbangkan pH Tubuh

Selain itu protein juga memainkan peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Itu karena jika kondisi cairan tubuh terlalu asam atau terlalu basa, hal ini akan berdampak pada fungsi organ tubuh dan kerja metabolisme tubuh. Sebab, organ-organ tubuh hanya bisa berfungsi pada kondisi pH tertentu saja.

Dan kadar tersebut berkisar dari 0 hingga 14. Dengan rincian 0 yang paling asam, 7 netral dan 14 yang paling basa. Sehingga salah satu cara tubuh mengatur pH dengan baik dan alami adalah menggunakan protein. Dalam arti lain protein bertindak sebagai sistem penyangga, membantu tubuh mempertahankan nilai pH darah yang tepat dan cairan tubuh lainnya.

 

8. Penting untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan

Nyatanya manfaat protein juga sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, hingga wanita hamil dan janin yang dikandungnya loh. Protein mampu memberikan nutrisi yang sehat dalam kebutuhan anak hingga remaja dalam pembentukan tulang dan gigi mereka. Tak hanya itu saja, protein juga sangat penting dalam pembentukan metabolisme, sumber energi, menyeimbangkan pH tubuh, dan kekebalan tubuh bagi anak-anak, remaja, hingga wanita hamil.

Tak hanya itu saja, bagi ibu hamil yang banyak mengonsumsi protein maka akan perkembangan jaringan tubuh janin, termasuk otak. Selain itu protein juga akan membantu ibu dan janin yang dikandungnya dalam kesehatan, pertumbuhan janin yang baik, hingga memperoleh zat besi.

 

9. Sumber Energi

Energi adalah komponen utama yang dibutuhkan agar tubuh dapat terus bergerak dan beraktivitas dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Manfaat protein bagi tubuh yang utama adalah sebagai sumber energi, sama seperti karbohidrat dan lemak.

Dalam hal kelebihan asupan, protein mirip dengan karbohidrat. Jika kalian mengonsumsi lebih banyak protein dalam perawatan jaringan dan fungsi penting lainnya, maka tubuh akan mengalihkan kelebihan protein itu dalam bentuk lemak dan akan menjadi sumber energi cadangan bagi tubuh kalian.

 

10. Perawatan Jaringan Tubuh

Manfaat protein yang terakhir yaitu dapat menjadi perawatan baik dalam jaringan tubuh. Fungsi protein sangat vital dalam pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk pengembangan dan perbaikan. Mulai dari rambut, kulit, mata, otot, dan organ semuanya terbuat dari protein. Inilah sebabnya mengapa anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan orang dewasa.

Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan maka kehadiran protein yang cukup dalam tubuh mereka menjadi sangat dibutuhkan, agar pertumbuhan berjalan dengan baik. Begitu pula pada wanita hamil, mereka perlu meningkatkan asupan protein untuk membantu tumbuh kembang janin serta menjaga kesehatan sang ibu.

 

11. Sumber Protein

Dan inilah beberapa sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa kalian konsumsi dari makanan atau minuman. Dilansir dari healthline, asupan protein harian untuk wanita sekitar 46 gram. Sedangkan untuk pria sebesar 56 gram. Berikut beberapa sumber makanan kaya protein:

- Telur ayam
- Daging ayam dan sapi tanpa lemak
- Keju rendah lemak
- Yogurt dan susu
- Ikan tuna
- Kacang almond
- Gandum
- Lentil
- Brokoli
- Ikan salmon
- Ikan sarden
- Scallop

Itulah 10 manfaat protein bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Protein menjadi salah satu nutrisi harian yang penting bagi tubuh dalam memberikan kesehatan dan mengatur kinerja tubuh dengan baik dan semestinya.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI