Wajib Tahu 10 Penyebab Bau Mulut yang Paling Umum, Bikin Percaya Diri Menurun

Rabu, 25 November 2020 10:44 Penulis: Nurul Wahida
Wajib Tahu 10 Penyebab Bau Mulut yang Paling Umum, Bikin Percaya Diri Menurun
Penyebab bau mulut (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Penyebab bau mulut bisa terjadi karena beragam faktor. Umumnya bau mulut yang tak sedap menyebabkan seseorang merasa kurang percaya diri untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Kondisi ini terkadang juga bisa bikin malu dan mengurungkan niat untuk berhadapan langsung dengan seseorang.

Penyebab paling umum dari bau mulut tak sedap dapat terjadi karena tertinggalnya sisa makanan yang menyelip pada sela-sela gigi. Kondisi ini membuat sisa makanan tersebut membusuk hingga sebabkan bau mulut tak sedap. Namun penyebab bau mulut tak hanya rentan karena sisa makanan melainkan juga bisa berasal oleh faktor lainnya.

Bau mulut tak sedap sendiri bukan hanya menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk berkomunikasi tetapi juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Bau mulut tak sedap tersebut dapat berangsur membaik setelah melakukan sikat gigi, meski terkadang sikat gigi tak ]sepenuhnya menghilangkan bau pada mulut.

Untuk itulah pentingnya mengenali penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang hingga menurunkan rasa percaya diri. Terlebih jika kalian sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi namun masih mengalami bau mulut tak sedap bisa jadi akibat adanya riwayat penyakit tertentu.

Lalu apa saja penyebab bau mulut?

Beberapa penyebab bau mulut di bawah ini bisa kalian pahami untuk mencegah bau nafas tak sedap. Berikut penyebab bau mulut yang paling umum terjadi dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mulut Kering

Penyebab bau mulut yang paling umum salah satunya dapat terjadi karena mulut kering. Mulut kering bisa dialami sejumlah orang karena beberapa faktor diantaranya yakni dehidrasi serta efek obat tertentu, sebab kondisi tersebut mungkin berpengaruh pada jumlah produksi air liur yang penting untuk membersihkan mulut dari bakteri dan kuman secara alami.

Akibatnya jika jumlah air liur sedikit bisa memicu mulut kering sampai sebabkan bau mulut tak sedap. Selain bau tak sedap, beberapa masalah kesehatan tertentu mungkin dapat muncul salah satunya bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi mulut kering, kalian bisa mencukupi kebutuhan air dalam tubuh serta mengunyah permen karena bebas gula untuk membantu merangsang kelenjar ludah seperti melansir dari jnj.com.

 

2. Merokok

Penyebab bau mulut paling umum lainnya juga dapat terjadi karena aktivitas merokok. Kandungan senyawa dalam rokok yang tak lain diperoleh dari tembakau ini bisa menyebabkan bau napas tak sedap. Selain itu rokok juga mengandung senyawa yang bisa merusak gigi serta memicu sakit gusi.

Seperti diketahui pada mereka dengan aktivitas merokok berat, terlihat warna gigi yang berubah menjadi agak kekuningan hingga dapat merusak jaringan pada gusi. Untuk itu mulai membatasi bahkan menghentikan aktivitas merokok dapat dipertimbangkan agar mencegah bau mulut tak sedap. Bukan hanya rentan terhadap masalah kesehatan mulut dan gigi, merokok juga berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh lainnya.

 

3. Mengalami Alergi

Penyebab bau mulut juga bisa terjadi karena tubuh mengalami alergi. Alergi tersebut bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang menyerang bagian mulut dan gigi seperti flu. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada tenggorokan termasuk menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Adanya ingus pada rongga hidung dan kerongkongan mungkin menjadi penyebab utama bau mulut tak sedap karena alergi yang terjadi akibat infeksi bakteri ataupun kuman. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengobati bau mulut tak sedap karena alergi.

 

4. Terdapat Sisa Makanan

Penyebab bau mulut juga bisa terjadi karena mulut dan gigi ternyata menyimpan sisa makanan. Sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi inilah menjadi penyebab utama bau mulut yang paling umum dialami. Dalam hal ini kebersihan pada mulut dan gigi berperan besar untuk mencegah bau mulut tak sedap. Terlebih jika kalian menggunakan gigi palsu ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihannya agar dapat memiliki napas yang segar dan meningkatkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan lawan bicara.

 

5. Mengalami Diabetes

Penyebab mulut kering selanjutnya dapat terjadi karena memiliki riwayat penyakit diabetes. Seperti diketahui diabetes merupakan salah satu gangguan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh menyebabkan seseorang rentan terhadap diabetes.

Kondisi ini juga bisa memicu seseorang memiliki bau mulut tak sedap. Sebab saat mengalami diabetes terjadi peningkatan keton yakni produk dari metabolisme lemak yang menyebabkan tubuh mengeluarkannya melalui paru-paru dan urin. Hal inilah yang bisa menyebabkan bau mulut seperti melansir dari liputan6.com.

 

6. Terdapat Candida Albicans di Mulut

Jamur yang dikenal dengan nama candida albicans juga bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Sebab jamur tersebut bisa memicu bau mulut yang dapat terjadi karena beberapa faktor. Diantara faktor berkembangnya jamur tersebut seperti menggunakan tindik pada lidah dan memakai gigi palsu. Melansir dari liputan6.com, ada beragam kondisi yang mungkin dapat dirasakan yakni mulut kering dan bibir pecah-pecah, nyeri saat menelan, bercak putih atau kuning di lidah, gusi, dan bagian rongga mulut lainnya.

 

7. Konsumsi Kopi

Kandungan kafein tinggi dalam kopi juga menyebabkan bau mulut tak sedap. Bagi penggemar berat kopi tentunya menghindari minum secangkir minuman hangat ini di pagi hari jadi aktivitas yang tak dapat dilewatkan. Sayangnya hal tersebut justru bisa jadi penyebab bau mulut tak sedap. Sebab, kopi memiliki bau yang begitu tajam hingga berpengaruh pada bau mulut. Termasuk kandungan kafein juga bisa menurunkan produksi air liur yang berfungsi sebagai pembersih alami bakteri dan kuman di mulut. Dimana air liur yang sedikit justru bisa menyebabkan mulut kering dan bau napas tak sedap.

 

8. Minum Produk Susu

Sebagian besar orang tentunya menyukai susu sebagai salah satu makanan favorit mereka. Rasa manis dan nikmat susu menjadikannya sering digunakan sebagai bahan tambahan sejumlah resep populer makanan. Diantaranya seperti cake, minuman, atau dessert lainnya.

Namun rupanya susu tergolong makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang. Sebab susu diketahui mengandung asam amino yang juga dapat menghasilkan senyawa sulfur penyebab bau mulut. Selain itu proses pencernaan laktosa, lipid, dan protein pada mulut bisa sebabkan bau asam pada napas yang dapat menjadi faktor bau pada mulut.

 

9. Bawang Merah dan Bawang Putih

Aroma yang begitu khas dan tajam bawang merah dan bawang putih juga bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Dalam hal ini bawang putih rupanya mengandung sulfur yang cukup tinggi hingga sebabkan bau mulut bahkan termasuk bau keringat. Begitu pula dengan bawang merah yang ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Mengutip dari eatthis.com, seorang pelatih kesehatan holistik bersertifikat bernama Napoli mengungkapkan bahwa saat senyawa sulfur masuk ke aliran darah maka dapat sebabkan bau dua kali lipat pada mulut dan paru-paru.

 

10. Kondisi Medis Tertentu

Sejumlah kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Diantara masalah kesehatan tersebut seperti kenaikan asam lambung, mengalami kanker, penyakit hati, penyakit ginjal serta penyakit gusi. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan jika mengalami riwayat penyakit tersebut untuk mendapatkan penanganan tepat.

Nah itulah 10 penyebab bau mulut paling umum terjadi sampai sebabkan rasa percaya diri menurun. Untuk mengatasinya kalian dapat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut agar mencegah bau napas tak sedap.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI