Kenali 8 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Jarang Disadari

Rabu, 19 Agustus 2020 10:11 Penulis: Nurul Wahida
Kenali 8 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Jarang Disadari
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bau mulut menjadi salah satu masalah pada mulut dan gigi yang cukup banyak dialami setiap orang. Kondisi bukan saja dapat memengaruhi kesehatan melainkan juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun rupanya salah satu faktor utama penyebab bau mulut dapat berasal dari makanan yang sering dikonsumsi.

Bau mulut merupakan kondisi saat napas memiliki bau tak sedap yang bisa bersumber dari sejumlah masalah kesehatan sampai faktor gaya hidup tak sehat. Diantaranya seperti mengutip dari hellosehat.com penyebab bau mulut bisa berasal karena makanan dan minuman, merokok, masalah pada gusi, alergi, penyakit liver dan lain sebagainya.

Beberapa kondisi tersebut bisa mengakibatkan bau mulu atau nafas tak sedap misalnya saja saat gaya hidup tak sehat seperti merokok bisa menimbulkan aroma tajam pada mulut, begitu pula saat sisa-sisa makanan menempel pada gigi dan gusi yang bisa menimbulkan bakteri hingga gigi berlubang. Selain itu mengutip dari webmd.com, mulut kering juga menjadi faktor bau mulut sebab produksi air liur di mulut berfungsi untuk menetralkan asam dan membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi dan pipi.

Keadaan ini akan berangsur membaik saat melakukan sikat gigi, meski terkadang sikat gigi tak dapat menghilangkan sepenuhnya bau mulut. Untuk itulah pentingnya mengenali sejumlah makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang agar bisa menghindari masalah kesehatan bau mulut.

Lalu apa saja makanan penyebab bau mulut?

Adapun makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 8 makanan penyebab bau mulut yang bersumber dari cookinglight.com, dan eatthis.com.

 

1. Bawang Putih

Makanan penyebab bau mulut salah satunya dapat berasal dari bawang putih. Seperti diketahui bawang putih memiliki bau tajam yang sangat menyengat hingga bisa meninggalkan bau tak sedap di mulut. Sebab bawang putih rupanya mengandung sulfur yang cukup tinggi hingga sebabkan bau mulut bahkan termasuk bau keringat.

Namun menghindari untuk tak konsumsi bawang putih tentunya sangat sulit dilakukan sebab sebagian besar resep makanan menambahkan bawang sebagai bahan utama agar makanan tetap nikmat. Meski begitu bau bawang putih ini akan memudar setelah beberapa waktu.

2. Kopi

Makanan penyebab bau mulut selanjutnya adalah kopi. Dimana kopi mengandung kafein tinggi yang bisa meninggalkan bau di mulut. Selain itu kopi juga dapat menimbulkan bau keringat hingga urin. Sedangkan mengutip dari health.com kopi kopi bisa mengubah warna gigi menjadi lebih gelap bahkan menguning.

Bukan hanya itu saja, kopi rupanya juga dapat membuat mulut menjadi kering yang menjadi faktor penyebab bau mulut karena produksi air liur akan berkurang. Untuk menghindari minuman tersebut, kalian dapat mengganti alternatif lain dengan konsumsi teh hijau sebagai gantinya.

3. Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki bau tajam yang menyengat hingga menjadi salah satu makanan penyebab bau mulut. Dimana bawang merah juga mengandung sulfur cukup tinggi begitu pula dengan bawang Bombay.

Mengutip dari eatthis.com, seorang pelatih kesehatan holistik bersertifikat bernama Napoli mengungkapkan bahwa saat senyawa sulfur masuk ke aliran darah maka dapat sebabkan bau dua kali lipat pada mulut dan paru-paru.

4. Susu

Sebagian besar orang tentunya menyukai susu sebagai salah satu makanan favorit mereka. Rasa manis dan nikmat susu menjadikannya sering digunakan sebagai bahan tambahan sejumlah resep populer makanan. Diantaranya seperti cake, minuman, atau dessert lainnya.

Namun rupanya susu tergolong makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang. Sebab susu diketahui mengandung asam amino yang juga dapat menghasilkan senyawa sulfur penyebab bau mulut. Selain itu proses pencernaan laktosa, lipid, dan protein pada mulut bisa sebabkan bau asam pada napas yang dapat menjadi faktor bau pada mulut.

5. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang. Tak hanya itu saja minum alkohol juga bisa sebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti asam lambung, kerusakan hati, diabetes, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sebuah penelitian tahun 2007 mengungkapkan bahwa minum alkohol dikaitkan dengan peningkatan halitosis yang bisa sebabkan mulut kering.

6. Tomat

Banyak orang mungkin tak mengira dan menyadari bahwa tomat ternyata menjadi salah satu makanan penyebab bau mulut. Sebab tomat diketahui dapat menyebabkan penumpukan asam di mulut bahkan menumbuhkan bakteri. Konsumsi tomat yang bisa sebabkan bau mulut tersebut lebih sering terjadi pada penderita asam lambung yang tak disarankan untuk dikonsumsi. Sebab saat asam lambung naik kondisi ini menyebabkan napas berbau.

7. Gula

Makanan penyebab bau mulut lainnya juga ditemukan pada gula. Menurut pelatih kesehatan holistik bersertifikat bernama Napoli seperti dikutip dari eatthis.com mengungkapkan bahwa gula dapat menjadi penyebab munculnya bakteri di mulut yang juga jadi faktor gigi berlubang. Untuk itulah sebaiknya perlu dipertimbangkan jumlah konsumsi gula termasuk makanan manis agar tak menjadi masalah pada gigi dan mulut.

8. Ikan Kaleng

Makanan penyebab bau mulut rupanya juga bisa diperoleh dari konsumsi ikan kaleng. Tentunya bagi kalian penggemar ikan kaleng sebaiknya perlu dipertimbangkan lebih jauh saat konsumsi makanan ini agar tak menyebabkan bau mulut.

Salah satu alasan ikan kaleng bisa sebabkan bau mulut lantaran ikan yang dikalengkan akan teroksidasi yang bisa sebabkan bau. Bau ini akan menempel pada mulut sekaligus membuat napas menjadi tak sedap sebab memberi aroma amis yang menyengat.

Nah itulah 8 makanan penyebab bau mulut yang jarang disadari banyak orang. Selain itu untuk menghindari bau mulut atau napas tak sedap dapat menerapkan gaya hidup sehat serta rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Konsultasi disarankan apabila bau mulut tak kunjung hilang sebab dikhawatirkan menjadi gejala penyakit tertentu.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI