10 Tips Menghilangkan Noda Permen Karet di Pakaian, Efektif dan Tanpa Bekas

Rabu, 25 November 2020 17:11 Penulis: Dhia Amira
10 Tips Menghilangkan Noda Permen Karet di Pakaian, Efektif dan Tanpa Bekas
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Permen karet memang menjadi salah satu jenis permen yang banyak memiliki penggemar. Namun terkadang ada saja orang-orang yang menempelkan permen karet yang mereka makan di sembarang tempat, sehingga bekas permen karet ini tak sengaja menempel di pakaian yang kita kenakan. Dan tentu saja harus ada tips menghilangkan noda permen karet agar dapat bersih dengan baik.

Itu karena, noda bekas permen karet tidak akan mudah hilang begitu saja. Bila salah melakukannya, maka noda tersebut akan menempel pada pakaian yang membuat pakaian kalian menjadi kotor. Namun tenang KLovers, ternyata ada beberapa tips menghilangkan noda permen karet yang ampuh loh.

Bahkan cara ini mampu membersihkan noda permen karet secara efektif dan tidak meninggalkan sisa. Kira-kira apa saja ya tips tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Masukkan Pakaian ke Lemari Pendingin

Tips menghilangkan noda permen karet di pakaian yang pertama yaitu dengan memasukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Kalian bisa memasukkan pakaian yang terkena noda permen karet dengan menyimpan pakaian tersebut sejenak di dalam freezer, sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Caranya cukup mudah, kalian bisa arahkan bagian noda permen karet yang ada di pakaian ke bagian atas agar dapat membeku. Setelah lama disimpan, noda permen karet akan membeku dan akan mudah untuk dilepaskan.

 

2. Setrika Panas

Selain dibekukan dalam lemari pendingin, kalian juga bisa loh melepaskan noda permen karet dengan menggunakan setrika panas. Bila ada noda permen karet pada pakaian, maka jangan langsung ditarik agar tak meninggalkan bekas yang membuat pakaian kalian kotor.

Cara melakukannya cukup mudah kok, kalian hanya perlu melapisi baju yang terkena noda permen karet dengan menggunakan karton. Bila sudah Setrika area yang terkena permen karet, setel setrika dengan panas sedang. Maka dengan begitu permen karet akan berpindah pada karton tersebut. Lakukan hal ini secara berulang ya KLovers, hingga semua permen karet akhirnya berpindah pada karton.

 

3. Gunakan Hair Dryer

Selain menggunakan setrika, tips menghilangkan noda permen karet yang lainnya bisa dengan hair dryer loh. Hair dryer memang berfungsi untuk mengeringkan rambut kalian, namun bila keadaan mendesak maka kalian bisa menggunakan hair dryer untuk melepaskan noda permen karet pada pakaian.

Caranya cukup mudah kok, kalian hanya perlu arahkan hair dryer dengan suhu yang paling panas ke arah noda permen karet. Lakukan hal ini hingga 30 menit ya KLovers, setelah itu kalian bisa melepaskan permen karet pada pakaian.

 

4. Hair Spray

Sama-sama berguna untuk rambut, ternyata hair spray juga menjadi salah satu tips menghilangkan noda permen karet pada pakaian. Hair spray sendiri berguna untuk membuat rambut menjadi kaku saat dibentuk. Kalian bisa menggunakan efek kaku tersebut pada permen karet. Dan cara ini menjadi salah satu cara cepat bila yang bisa kalian lakukan.

Untuk caranya sendiri cukup mudah kok KLovers, kalian cukup semprot daerah pakaian yang terkena permen karet dengan hair spray. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu kalian dapat mengupasnya dengan mudah. Ulangi cara ini sampai semua sisa permen karet terlepas.

 

5. Tempelkan Es Batu

Tidak hanya menggunakan hair spray saja, kalian juga bisa kok membuat permen karet mengeras dengan menggunakan es batu. Bila kalian malas menunggu agar permen karet mengeras di dalam freezer, maka kalian bisa menggunakan cara kilat ini dengan memberikan es batu.

Kalian hanya perlu memasukkan es batu ke dalam sebuah kantung es, atau bila tidak ada bisa menggunakan plastik. Lalu setelah itu kalian bisa tempelkan pada sisi yang terkena noda permen karet tersebut. Hal ini akan membuat noda permen karet mengeras, dan dapat dengan mudah untuk dilepaskan.

 

6. Merebus Pakaian

Kemudian tips menghilangkan noda permen karet yang selanjutnya yaitu dengan merebus pakaian. Namun tidak semua ya KLovers, kalian hanya perlu mencelupkan pakaian yang terkena noda di dalam air yang mendidih. Dan tentu saja tips menghilangkan noda permen karet dengan merebus pakaian ini sangat efektif.

Cara pertama yaitu, celupkan area yang terkena permen karet ke dalam air yang sangat panas. Saat kain tersebut masih terendam, kerik permen karet dengan sikat gigi, atau pisau dapur secara perlahan. Kemudian setelah bersih biarkan pakaiannya kering dan ulangi jika perlu. Namun ingat, tetap hati-hati ya KLovers.

 

7. Gosok dengan Sabun Tangan

Siapa bilang sabun tangan hanya berfungsi sebagai pencuci tangan saja, nyatanya kalian bisa kok menggunakan sabun tangan untuk menghilangkan noda permen karet yang sulit sekali hilang. Dan bahannya hanya cukup dengan sabun cuci tangan saja loh KLovers.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan sabun tersebut pada bagian yang terdapat noda permen karet, lalu menggosoknya menggunakan sikat gigi atau sikat baju. Setelah menggosok pada bagian tersebut kalian dapat menunggu beberapa saat hingga noda tersebut dapat hilang.

 

8. Cuka Panas

Tak hanya menggunakan air panas saja, kalian juga bisa menggunakan tips menghilangkan noda permen karet dengan cuka panas. Cuka memang menjadi salah satu bahan yang memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya membersihkan noda permen karet dengan ampuh dan efektif.

Caranya, kalian hanya perlu meletakkan cuka panas pada sebuah sebuah wadah yang besar. Kemudian celupkan pakaian ke dalam cuka panas tersebut. Lalu setelah itu kalian bisa diamkan sesaat agar noda tersebut bisa lepas dan lanjutkan dengan menggosok pada bagian noda permen karet agar hilang seutuhnya.

 

9. Minyak Jeruk

Tips menghilangkan noda permen karet yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak jeruk. Bila kalian memiliki minyak jeruk di rumah, maka kalian bisa menggunakan ini untuk menghilangkan noda permen karet tersebut. Dan tentu saja caranya cukup mudah kok KLovers.

Pertama, kalian hanya perlu menuangkan sedikit cairan minyak jeruk pada kain bersih atau spons. Setelah itu, sikap permen karet dengan menggunakan kain atau spons yang sudah diberi minyak jeruk. Lalu bila sudah angkat permen karet menggunakan pisau. Kemudian cuci seperti biasa, hingga noda benar-benar hilang.

 

10. Selai Kacang

Dan tips menghilangkan noda permen karet yang terakhir yaitu dengan menggunakan selai kacang. Mungkin kalian akan merasa aneh, namun nyatanya selain kacang mampu mengatasi noda permen karet pada pakaian kalian loh. Bila kalian mempunyai stok selai kacang di rumah, maka kalian bisa menggunakan cara ini.

Caranya juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu tutupi permen karet dengan selai kacang sebanyak mungkin. Kemudian setelah itu korek dan campurkan permen karet dengan selai kacang yang kalian oleskan tadi, hingga permen karet tidak lagi melekat pada kain. Tunggu sampai permen karet melunak dan kehilangan daya rekatnya. Setelah itu oleskan penghilang noda di area yang terkena selai kacang, gosok, dan cucilah seperti biasa.

Itulah 10 tips menghilangkan noda permen karet yang dapat kalian lakukan dengan mudah di rumah. Noda permen karet memang sangat sulit untuk dihilangkan, sehingga kalian bisa melakukan cara tersebut berulang-ulang hingga noda permen karet pada pakaian bisa menghilang. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI