11 Cara Mengatasi Sembelit Secara Cepat dan Ampuh, BAB Kembali Lancar

Jum'at, 20 November 2020 11:11 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Mengatasi Sembelit Secara Cepat dan Ampuh, BAB Kembali Lancar
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara mengatasi sembelit memang menjadi solusi yang tepat bagi seseorang yang mengalami masalah pencernaan ini. Sembelit atau istilah lainnya konstipasi ini di tandai dengan susahnya ketika buang air besar. Selain itu, seseorang juga akan mengalami BAB yang keras dan terasa panas ketika dipaksa keluar. Bahkan, perut juga terasa kaku, nyeri, dan tak nyaman akibat menumpuknya kotoran di dalam usus. Meski kondisi ini sering kali disepelekan, namun jika dibiarkan bisa mendatangkan risiko kesehatan yang lebih besar.

 Umumnya, seseorang yang mengalami sembelit merupakan kondisi dimana BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kondisi ini juga diakibatkan gerakan usus yang melambat atau fungsi usus yang bermasalah. Pada dasarnya, sembelit merupakan kondisi yang terjadi akibat kurangnya asupan serat dan cairan di dalam tubuh serta akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Namun, kalian nggak perlu merasa khawatir ya, sebelum menggunakan obat pelancar BAB, ada baiknya kalian mencoba cara mengatasi sembelit menggunakan cara alami seperti berikut ini.

 

1. Pisang

Cara mengatasi sembelit yang pertama yaitu kalian bisa rutin mengonsumsi buah pisang. Buah berwarna kuning ini mempunyai kandungan serat yang berguna melancarkan pencernaan. Di samping itu, pisang juga kaya akan mineral yang juga tak kalah berguna untuk pencernaan. Itulah sebabnya, pisang jadi salah satu buah yang sering diberikan pada bayi. Salah satu tujuannya, agar nutrisi dan pencernaan bayi bisa terjaga.

 

2. Oatmeal

Oatmeal sering kali jadi menu sarapan sehat andalan banyak orang. Oatmeal memang termasuk karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Tak hanya mengenyangkan, oatmeal juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Bahkan, tak hanya menyehatkan pencernaan, oatmeal juga bisa menjaga kesehatan jantung.

 

3. Yogurt

Cara mengatasi sembelit selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi yogurt. Produk olahan susu ini mempunyai khasiat yang luar biasa bagi pencernaan. Dalam yogurt terkandung mikroorganisme probiotik yang baik untuk pencernaan, khususnya kesehatan usus. Bakteri probiotik dalam yogurt dipercaya bisa berkhasiat dalam melunakkan kotoran. Dengan begitu, BAB akan lebih lancar karena kotoran lebih mudah keluar.

 

4. Air Kelapa

Air kelapa memang sudah bukan jadi rahasia umum untuk mengatasi sembelit. Air kelapa juga dipercaya memiliki banyak manfaat sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar. Kandungan elektrolit pada air kelapa dapat membantu memperlancar sembelit yang sedang kalian alami. Oleh sebab itu, jika mengalami sembelit, konsumsi rutin air kelapa supaya pencernaan kembali lancar.

 

5. Sayuran Hijau

Sudah bukan rahasia umum jika sayuran hijau merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan serat dan rendah kalori. Sayuran yang terbukti ampuh mengatasi sembelit yaitu brokoli. Bahkan, mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah sebenarnya akan lebih banyak mendapatkan serat daripada memasaknya terlebih dahulu. Meski begitu, kalian juga harus memenuhi asupan makan lainnya.

 

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

cara mengatasi sembelit selanjutnya dengan cara yang paling mudah yaitu untuk tidak meninggalkan mengonsumsi air putih. Sebab, cairan sangat diperlukan oleh usus besar untuk mengolah sisa makanan menjadi feses. Oleh sebab itu, kalian dianjurkan untuk mengonsumsi air pitih sebanyak 8 gelas perharinya. Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi jus maupun makanan berkuah lainnya.

 

7. Air Lemon

Selain air putih, cara mengatasi sembelit selanjutnya yaitu dengan air lemon. Kalian bisa mengonsumsi segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon di pagi hari. Hal ini lantaran kandungan asam sitrat dalam lemon dapat menstimulasi saluran pencernaan agar lebih lancar. Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan sisa racun dalam tubuh.

 

8. Minum Kopi

Saat mengalami sembelit, kalian bisa mengatasinya dengan minum kopi. Secangkir kopi yang diminum ketika masih hangat atau panas dapat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu, panas dari kopi dapat merangsang gerakan, sementara kafein dalam kopi dapat merangsang otot-otot usus besar. Perlu kalian ketahui pula jika kopi mengandung sedikit serat larut yang mampu membantu mengatasi sembelit.

 

9. Olahraga

Tahukah kalian jika kebiasaan meninggalkan aktivitas olahraga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya sembelit. Supaya pencernaan kembali lancar, mulai sekarang olahraga secara teratur. Dengan begitu, akan merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu pergerakan makanan agar lebih cepat melalui usus.

 

10. Jangan Memaksa BAB Keluar

Seringkali apabila BAB susah keluar, kebanyakan orang berusaha untuk memaksanya keluar. Padahal cara ini tidak akan meringankan sembelit dan justru membuatnya semakin buruk. Bahkan, jika terus dilakukan akan berisiko terkena wasir. Jadi, jika kalian tetap duduk dengan posisi tenang dan tetap tidak bisa mengeluarkannya setelah 15 menit, maka hentikan dan tinggalkan toilet.

 

11. Jangan Menahan BAB

jika kalian mempunyai kebiasaan menahan buang air besar, sebaiknya hal ini segera dihindari. Sebab, menahan BAB bisa menjadi salah satu penyebab sembelit. Oleh karena itu, jika kalian merasa ingin buang air besar, segeralah pergi ke toilet dan jangan menahannya.

Itulah sederet cara mengatasi sembelit sebagai solusi ketika susah buang air besar. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI