11 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Akurat, Umum Dirasakan Mulai Usia Empat Minggu

Sabtu, 08 Mei 2021 10:44 Penulis: Nurul Wahida
11 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Akurat, Umum Dirasakan Mulai Usia Empat Minggu
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Proses kehamilan di mulai dengan ovulasi yakni pembuahan antara sel telur dan sperma. Namun seorang wanita biasanya akan merasakan ciri-ciri hamil muda ketika mulai memasuki usia minggu keempat. Sebab pada minggu inilah mulai terbentuk embrio yang terus berkembang menjadi janin.

Ada beragam ciri-ciri hamil muda yang sering dirasakan wanita dengan tanda yang berbeda. Namun yang paling umum adalah haid terlambat dan muncul rasa mual ataupun muntah pada minggu pertama kehamilan.

Ketika ciri-ciri hamil muda ini mulai dirasakan, melakukan cek kehamilan dengan menggunakan test pack ataupun memeriksakan diri ke dokter kandungan menjadi pilihan tepat mengetahui keakuratannya. Sebab terlambatnya datang bulan tidak bisa menjadi ciri yang akurat mengetahui telah hamil muda.

Dalam hal ini ada sejumlah ciri-ciri hamil muda yang akurat perlu dipahami perempuan. Adapun ciri-ciri hamil muda yang akurat dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini telah dilansir kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Perasaan Ngidam

Ciri-ciri hamil muda yang akurat yang pertama adalah mengalami perasaan ngidam. Ngidam menjadi salah satu ciri dari hamil muda yang paling umum terjadi. Ini biasanya muncul pada awal-awal kehamilan yang mana tiap perempuan mengalami ngidam berbeda-beda.

Meski ngidam tak selalu bisa mengukur keakuratan ciri-ciri hamil muda, namun ngidam bisa jadi patokan buat calon ibu mengenali dirinya telah hamil muda. Namun biasanya perasaan ngidam karena hamil muda juga dibarengi dengan ciri lainnya seperti lebih sensitif dan suhu tubuh yang meningkat. Untuk mengetahui keakuratannya pemeriksaan ke dokter kandungan bisa segera dilakukan.

 

2. Haid yang Terlambat

Ciri-ciri hamil muda selanjutnya adalah haid atau datang bulan yang terlambat. Terlebih jika kondisi ini terjadi setelah melakukan hubungan intim, maka perlu mengenali lebih dini ciri-ciri hamil muda. Selain itu ciri-ciri ini menjadi salah satu tanda paling umum yang bisa dijadikan patokan mengetahui kehamilan.

Meski begitu untuk mengetahui keakuratannya, pemeriksaan kandungan bisa dilakukan agar memastikan kehamilan ataupun tidak. Sebab ada juga perempuan mengalami telat datang bulan karena faktor ketidakseimbangan hormon ataupun masalah lainnya.

 

3. Lebih Sensitif

Ketika tengah hamil muda, biasanya calon ibu akan lebih sensitif terhadap berbagai jenis bau-bauan ataupun makanan tertentu. Kondisi ini umumnya menimbulkan perasaan ingin muntah, mual bahkan pusing. Perasaan sensitif muncul pada sejumlah makanan, minuman, atau aroma tertentu yang padahal sebelumnya tidak merasa terganggu dengan aroma tersebut.

Inilah yang perlu dikenali lebih dini sebagai tanda hamil muda paling umum terjadi. Selain itu sensitif juga bisa menyebabkan terganggunya emosi atau suasana hati. Namun ciri-ciri ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui keakuratan kehamilan. Sebab ketika mengalami masa haid perempuan terkadang juga merasakan hal serupa.

 

4. Suhu Tubuh Meningkat

Ciri-ciri hamil muda yang akurat lainnya adalah mengalami suhu tubuh yang meningkat. Kenaikan suhu tubuh ini juga dapat disertai dengan ciri lainnya yakni ngidam dan perasaan sensitif. Melansir dari liputan6.com, ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah proses ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat.

Suhu tubuh yang meningkat tersebut dikenal dengan suhu tubuh basal yang mana terjadi lebih dari dua minggu. Akan tetapi untuk mengetahui akurat tidaknya, tes kehamilan dan pemeriksaan kandungan perlu dilakukan.

 

5. Payudara Terasa Nyeri dan Tidak Nyaman

6. Keputihan

Mengalami keputihan juga dapat menjadi pertanda atau ciri-ciri hamil muda yang akurat. Keputihan pada ibu hamil biasanya wajar terjadi. Umumnya keputihan berwarna seperti susu hingga cairan keputihan yang tidak encer.

Sedangkan perbedaan keputihan saat hamil ataupun tidak, bisa dilihat dari jumlah volumenya. Di mana keputihan ketika hamil umumnya muncul lebih banyak bahkan jumlahnya dapat meningkat pada masa-masa akhir menuju persalinan.

 

7. Munculnya Flek

Ciri-ciri hamil muda yang akurat selanjutnya adalah munculnya flek berwarna merah muda kekuningan atau kecoklatan. Bercak darah yang muncul berbeda dari darah menstruasi yang mana hanya terjadi 1-2 tetes flek darah. Biasanya kondisi ini dialami calon ibu karena embrio yang menempel pada dinding rahim yang menyebabkan flek.

Melansir dari hellosehat.com, munculnya flek sebagai ciri-ciri hamil muda dapat muncul kapanpun terutama pada 10-14 hari setelah pembuahan dan berlangsung maksimal 3 hari tidak melebihi 7 hari. Namun untuk mengetahui keakuratannya perlu melakukan pemeriksaan kandungan ataupun cek kehamilan.

 

8. Kram Perut

Kram perut juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang akurat perlu dikenali sedini mungkin oleh calon ibu. Namun harus dipahami perbedaan antara kram perut karena hamil muda ataupun penyebab lainnya. Dalam hal in ikram perut karena hamil biasanya tidak terlalu sakit dan berlangsung singkat.

Selain itu biasanya kram perut hanya terjadi pada satu titik lokasi dan tidak menyeluruh. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh implantasi embrio yang diketahui cenderung ada pada satu titik lokasi saja dengan durasi sakit yang ringan serta singkat.

 

9. Gejala Seperti Meriang

Ciri-ciri hamil muda yang akurat berikutnya adalah munculnya gejala seperti meriang. Gejala meriang biasanya terdiri dari beberapa tanda yakni sakit kepala, perut kembung, bahkan hidung tersumbat. Jika mengalami ciri ini setelah ovulasi terjadi, maka bisa mengenali sedini mungkin sebagai tanda kehamilan.

Melansir dari liputan6.com, perubahan hormon pada calon ibu saat hamil biasanya berpengaruh pada ciri-ciri ini. Meski begitu sekali lagi untuk melakukan cek keakuratannya melalui tes kehamilan atau pemeriksaan kandungan.

 

10. Mengalami Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Mual dan muntah adalah ciri-ciri hamil muda paling umum dan sering terjadi pada ibu hamil. Ini biasanya berpengaruh pada kepekaan indra penciuman terhadap makanan, bau-bauan ataupun minuman tertentu. Biasanya ciri ini akan dirasakan pada minggu keempat atau keenam kehamilan yang menyebabkan calon ibu mengalami morning sickness.

 

11. Mudah Lelah dan Lemas

Ciri-ciri hamil muda selanjutnya adalah mudah lelah dan juga lemas. Meski tidak semua gejala kelelahan dan tubuh lemas adalah tanda kehamilan, namun bagi perempuan setelah cukup aktif melakukan hubungan intim, maka bisa mengenalinya sedini mungkin.

Dalam hal ini tubuh mudah lelah dan lemas karena hamil muda dapat terjadi meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Ciri-ciri ini dapat dirasakan meskipun usia kandungan baru satu minggu. Pengaruh hormon progesterone menjadi salah satu penyebab rasa lelah ataupun lemas muncul pada tubuh yang mempengaruhi metabolisme, kekebalan tubuh bahkan kadar gula darah.

Nah itulah 11 ciri-ciri hamil muda yang akurat, umum dirasakan mulai usia empat minggu. Namun untuk mengetahui secara akurat kehamilan disarankan segera melakukan pemeriksaan kandungan ataupun tes kehamilan.

Sumber: Liputan6.com, hellosehat.com

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI