12 Jenis Sampah Berdasarkan Sifat, Bentuk dan Sumbernya yang Perlu Diketahui

Kamis, 03 Desember 2020 10:44 Penulis: Dita Tamara
12 Jenis Sampah Berdasarkan Sifat, Bentuk dan Sumbernya yang Perlu Diketahui
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Jenis sampah sudah seharusnya kalian ketahui supaya mengetahui cara mencegah pencemaran lingkungan. Sebab, hingga saat ini, sampah masih menjadi persoalan besar khususnya di Indonesia. Meskipun, pada dasarnya mempunyai pasokan sampah merupakan sebuah kesadaran setiap individu terhadap lingkungan sekitar. Bahkan, sejak kecil pun kalian tentu sudah di pupuk pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sebab, apabila dibiarkan, dampak sampah akan memengaruhi kehidupan sehari-hari, termasuk masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah sampah, pengelolaan sampah pun akan sangat penting untuk dilakukan. Nah, Salah satu langkah utama dalam pengelolaan sampah yaitu dengan pemilahan. Inilah yang menjadi alasan mengapa mengetahui jenis sampah sangat penting karena sampah yang dipilah dan dibuang harus dikumpulkan berdasarkan jenisnya supaya pengelolaan sampah lebih mudah. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap jenis sampah berikut ini.

 

 

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, jenis sampah dibagi menjadi tiga yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Sampah Organik

Sampah organik merupakan jenis sampah yang bisa terurai. Jenis sampah ini masih bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kalian nggak perlu bingung lagi ya ketika ingin membuang sampah organik. Sebab, sudah banyak disiapkan tempat sampah jenis organik yang berwarna hijau. Adapun sampah yang masuk kategori organik yaitu dedaunan, hingga sisa makanan yang masih dapat terurai untuk dimanfaatkan kembali dijadikan kompos.

2. Sampah Anorganik

Jenis sampah berdasarkan sifat lainnya yaitu anorganik. Sampah jenis ini merupakan sampah yang tidak mudah membusuk atau jenis sampah yang dibuat melalui proses mesin. Jenis sampah anorganik sangat sulit untuk diuraikan dan membutuhkan pengelolaan lain agar bisa dimanfaatkan. Jenis sampah yang masuk kategori anorganik yaitu seperti plastik, kertas, botol, kayu, bungkus makanan, dan masih banyak lagi. Nantinya, sampah anorganik bisa dimanfaatkan seperti membuat kerajinan maupun hal lain yang bisa dijual kembali.

3. Sampah B3

Selanjutnya, jenis sampah berdasarkan sifatnya yang perlu kalian ketahui yaitu sampah B3. Sampah dengan jenis ini mempunyai kandungan bahan yang berbahaya maupun beracun. Sampah dengan jenis ini membutuhkan pemrosesan yang lebih kompleks dan teliti. Adapun jenis sampah B3 yaitu limbah rumah sakit ataupun limbah pabrik.

2. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Supaya tidak mengganggu kebersihan lingkungan dan dampak yang ditimbulkan, maka dari itu kalian juga harus mengetahui jenis sampah berdasarkan bentuknya. Supaya mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

4. Padat

Jenis sampah berdasarkan bentuknya yang pertama yaitu padat. Sampah dengan jenis padat merupakan sampah yang berbentuk dan tidak akan berubah bentuknya apabila tidak terjadi sebuah proses pengolahan. Adapun yang termasuk jenis sampah padat yaitu semua jenis sampah terkecuali urin, kotoran manusia, dan juga sampah cair lainnya.

5. Cair

Selanjutnya, jenis sampah berdasarkan bentuknya yaitu sampah cair. Sama halnya dengan sampah padat, sampah cair bisa menjadi sangat berbahaya apabila tidak dilakukan pengolahan yang benar. Salah satu contoh sampah cair adalah hasil buangan oli kendaraan bermotor. Oli mesin mempunyai campuran kimiawi yang sangat berbahaya terutama jika terbuang pada saluran air.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

Kalian juga harus mengetahui nih jika jenis sampah dikategorikan berdasarkan sumbernya. Di bawah ini merupakan penjelasan lebih detail jenis sampah berdasarkan sumbernya.

6. Sampah Manusia

Jenis sampah yang berasal dari manusia yaitu limbah kotoran yang dikeluarkan dari tubuh. Limbah tersebut harus diproses secara kimiawi agar bisa dimanfaatkan menjadi pupuk.

7. Sampah Alam

Sampah yang berasal dari alam termasuk salah satu proses yang berlangsung tanpa direncanakan. Salah satu sampah yang dihasilkan oleh alam adalah ketika buah-buahan atau dedaunan yang jatuh ke tanah dan mengalami proses pembusukan.

8. Sampah Hewan

Sama seperti manusia, hewan juga memiliki sampahnya sendiri. Jenis sampah yang berasal dari hewan yaitu saat terjadi pembuangan kotoran. Kotoran dari hewan tersebut umumnya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kandang.

9. Sampah Konsumsi

Jenis sampah konsumsi ini sering kali ditemukan ketika makanan yang nggak habis termakan. Sampah konsumsi ini banyak ditemukan di restoran. Kondisi ini sangatlah mubazir dan bisa dicegah dengan berhenti makan sebelum kalian kenyang.

10. Sampah Limbah Radioaktif

Salah satu jenis sampah yang paling berbahaya dan membutuhkan proses panjang adalah sampah hasil limbah radioaktif. Sampah jenis ini tidak akan bisa hilang dalam waktu yang singkat. Akan sangat berbahaya apabila terjadi kebocoran sampah radioaktif karena akan bisa mematikan lingkungan yang berada di sekitarnya.

11. Sampah Industrial

Sampah industrial merupakan jenis sampah yang berasal dari daerah industri yang terdiri dari sampah umum dan limbah berbahaya cair atau padat. Sampah industrial mempunyai kandungan yang tidak bisa hilang apabila tidak adanya proses pengolahan yang baik.

12. Sampah Tambang

Terakhir, jenis sampah berdasarkan sumbernya yaitu sampah tambang. Pertambangan adalah salah satu bentuk industri yang membutuhkan proses yang panjang. Selain itu sampah hasil tambang akan mengeluarkan sampah yang berbahaya dan perlu diolah dengan proses yang benar agar tidak membahayakan.

Itulah sederet jenis sampah yang sering kali kalian temukan di sekitar. Setelah mengetaui jenis sampah, biasakan untuk bijak membuang sampah sesuai dengan jenisnya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI