13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami, Lebih Aman dan Cepat

Senin, 02 November 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami, Lebih Aman dan Cepat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Berbicara mengenai permasalahan kulit memang seperti tidak ada habisnya. Salah satu masalah kulit yang juga mengganggu penampilan yakni memiliki pori-pori wajah yang besar. Hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat dan wajah berminyak. Oleh sebabnya, cara mengecilkan pori-pori wajah dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut supaya tampil lebih percaya diri, khususnya para kaum hawa.

Selama ini, pori-pori yang membesar kerap ditutupi dengan penggunaan makeup. Hal ini justru bukan solusi yang tepat lantaran make up bisa menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat. Tak heran, berbagai cara mengecilkan pori-pori di kulit wajahnya pun dilakukan, termasuk perawatan ke klinik kecantikan. Padahal, mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan di rumah menggunakan bahan alami yang tentunya nggak menyebabkan efek samping dan justru aman digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya dengan bahan alami? Daripada penasaran, yuk intip ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Kopi dan Gula

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama bisa dilakukan dengan scrub wajah dengan bahan yang mudah. Kopi dan gula merupakan pasangan yang serasi dalam hal scrub wajah untuk mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu, scrub tersebut juga membantu agar kulit wajah tidak kusam. Caranya, campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian gosok-gosokkan pada kulit wajah.

 

 

2. Pisang

Buah berwarna kuning ini ternyata juga memiliki segudang manfaat yang perlu kalian ketahui. Pisang dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Caranya cukup mudah dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Setelah itu campur keduanya dan oleskan pada kulit wajah secara merata.

 

 

3. Tomat

Selain harganya yang murah dan mudah di dapatkan, tomat bisa menjadi solusi untuk cara mengecilkan pori-pori wajah. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga pori-pori wajah mengecil. Cara penggunaannya dengan menumbuk halus tomat, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

 

 

4. Yogurt

Selanjutnya, cara mengecilkan pori-pori wajah bisa menggunakan yogurt. Kandungan akan kalsium dan zinc pada wajah sangat baik untuk mengecilkan pori-pori. Kalsium berfungsi untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berguna untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah.

Yogurt juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan wajah membuatnya bersinar. Caranya, siapkan yogurt segar tanpa rasa. Setelah itu, oleskan langsung pada wajah kalian seperti menggunakan masker. Diamkan beberapa saat lalu bilas bersih.

 

 

5. Alpukat

Selain rasa buahnya yang lezat, alpukat merupakan buah yang mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E inilah yang akan membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan alpukat bisa dengan membelah alpukat terlebih dahulu. Lalu, haluskan buahnya, dan oleskan pada wajah seperti menggunakan masker setelah didiamkan beberapa saat, bilas wajah kalian.

 

 

6. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang paling simpel dan mudah dilakukan yaitu dengan memanfaatkan es batu. Kalian cukup sediakan satu buah es batu ukuran sedang, lalu bungkus dengan kain. Oleskan es batu yang sudah dibungkus ini pada area wajah secara menyeluruh selama 10 menit. Kalian juga nggak perlu melakukannya terlalu lama, yang terpenting adalah konsisten supaya wajah kembali mulus.

 

 

7. Putih Telur

Sejak dulu, putih telur sudah banyak dimanfaatkan sebagai merawat kesehatan kulit. Hal ini lantaran putih telur kaya akan protein tapi lebih rendah lemak. Penggunaan masker putih telur bisa menutrisi kulit dan mempercepat regenerasi sel-selnya.

Caranya, kalian pisahkan kuning telur dan putih telurnya. Setelah itu, oleskan langsung pada wajah kalian hingga kering dan bilas sampai bersih. Kalau nggak tahan dengan bau amisnya, kalian bisa menambahkan beberapa tetes air perasan lemon pada masker putih telur.

 

8. Rendaman Air Beras

Setelah mencuci beras, sebaiknya jangan langsung dibuang ya. Hal ini lantaran rendaman air beras bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang fungsinya bisa melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian bisa langsung menggunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

 

 

9. Mentimun

Selanjutnya, cara mengecilkan pori-pori wajah bisa menggunakan mentimun. Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu sehatkan kulit wajah. Selain bisa mengecilkan pori-pori, mentimun juga memberikan sensasi kesegaran pada wajah.

Cara menggunakannya, kalian iris mentimun terlebih dahulu secara tipis-tipis. Setelah itu, tempelkan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, basuh wajah menggunakan air bersih.

 

10. Strawberry

Cara mengecilkan pori-pori wajah ternyata juga bisa dengan menggunakan strawberry lho. Hal ini karena strawberry mengandung Ellagic yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori mengecil. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

 

11. Lobak Putih

Lobak putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja namun juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kalian. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat.

 

12. Madu

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang mudah dan nggak ribet kalian bisa memanfaatkan madu. Ya, madu terbukti ampuh sebagai pelembab alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan khasiat madu, kalian cukup menyiapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 30 menit terlebih dahulu sebelum kalian membilasnya dengan bersih.

 

 

13. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa anti bakteri dalam jeruk nipis sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Menggunakan masker perasan jeruk nipis mencegah bakteri dan kuman bersarang di pori-pori. Cara mengecilkan pori-pori dengan jeruk nipis bisa dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya. Setelah itu, oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih.

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah, sehingga kulit makin mulus dan terhindar dari jerawat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI