12 Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Tak Hanya Sehatkan Mata

Senin, 02 November 2020 13:22 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Tak Hanya Sehatkan Mata
Manfaat wortel (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Wortel menjadi salah satu tumbuhan yang sering dikonsumsi dengan berbagai jenis sajian. Memiliki banyak sekali kandungan, terutama vitamin A, membuat manfaat wortel sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada beberapa manfaat wortel bagi kesehatan yang jarang sekali diketahui loh.

Memiliki warna jingga, tumbuhan satu ini menjadi tanaman budidaya yang hampir ada di seluruh dunia. Wortel memiliki banyak sekali kandungan seperti, vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan beta karoten, alpha karoten, lutein, likopen, sampai antosianin.

Dan kira-kira apa saja ya manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat wortel yang pertama yaitu dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Ternyata wortel dapat meningkatkan metabolisme tubuh kalian dengan sangat baik loh KLovers. Metabolisme memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kalian, karena metabolisme tubuh merupakan proses kimia yang terjadi di dalam sel tubuh untuk mengubah makanan dan minuman yang kalian konsumsi menjadi energi.

Dan energi dibutuhkan oleh tubuh agar sel serta jaringan tubuh tetap sehat, tumbuh berkembang, serta fungsinya berjalan dengan baik. Dan hal ini bisa kalian dapatkan dari mengonsumsi wortel secara rutin. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh. Sehingga hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan sangat baik.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat wortel yang kedua yaitu dapat menjaga kesehatan jantung kalian. Yup! Ternyata tanaman berwarna jingga ini mampu memberikan hal terbaik untuk tubuh kalian, salah satunya jantung. Organ vital yang satu ini memang menjadi penunjang yang sangat penting bagi tubuh.

Saat jantung tetap terjaga dengan baik dan sehat, maka kalian juga memiliki tubuh sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit serius yang akan terjadi pada jantung. Untuk mendapatkan hal itu, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat dari wortel KLovers. Wortel memiliki banyak sekali kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten.

Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel ini dapat menjaga kesehatan jantung dengan sangat baik. Hal ini berkat zat-zat tersebut mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

 

3. Turunkan Kolesterol

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung saja, nyatanya wortel juga mampu menurunkan kolesterol loh KLovers. Kolesterol memang menjadi penunjang proses metabolisme tubuh. Karena kadar kolesterol baik yang normal berguna untuk perlindungan sel, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh.

Namun bila terlalu berlebihan juga sangat tidak baik ya KLovers bagi kesehatan, karena dapat menjadi kolesterol jahat. Itulah mengapa menurunkan kadar kolesterol sangat penting bagi kesehatan tubuh kalian. Dan untuk itu, kalian bisa kok menggunakan manfaat wortel dalam menurunkan metabolisme di tubuh.

Dilansir dari liputan6.com dalam sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa, seseorang yang sedikitnya mengonsumsi enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Itu karena wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori, dan rendah lemak. Dengan serat ini wortel dapat membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

 

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker menjadi salah satu penyakit yang luar biasa, dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Kanker sendiri muncul akibat adanya penumpukan perlahan sel-sel yang telah rusak, dan tak lagi bisa diperbaiki. Setiap kanker yang timbul berasal dari perubahan gen. Jarang sekali kanker diwariskan dari orang tua kepada anak. Sebagian besar penyakit kanker muncul seiring perjalanan hidup seseorang.

Dan untuk mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara, maka kalian bisa kok mengonsumsi wortel. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa, dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu, seperti wortel dalam dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen. Jadi mulai sekarang kalian dapat menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi wortel agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Anti Radang yang Luar Biasa

Ternyata manfaat wortel juga mampu menjadi anti radang yang baik loh KLovers. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam wortel, hal ini mampu menjaga kesehatan yang salah satunya sebagai anti radang di dalam tubuh. Dan mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh kalian.

Itu karena ekstrak wortel mampu mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan mengonsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib. Jadi bila kalian mengalami peradangan di dalam tubuh, maka kalian bisa mengonsumsi wortel ya KLovers.

 

6. Menjaga Kesehatan Otak

Siapa bilang jenis tanaman tidak mampu melindungi dan menjaga kesehatan otak? Nyatanya wortel bisa loh KLovers. Manfaat wortel yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan otak dengan memberi nutrisi yang sangat baik loh. Hal ini karena kandungan beta karoten yang terkandung dalam wortel juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Dengan rutin mengonsumsi beta karoten maka akan mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia. Jadi bila kalian ingin menjaga kesehatan otak, terutama untuk anak yang dalam masa pertumbuhan maka bisa mengonsumsi wortel secara rutin.

 

7. Mencegah Katarak

Bukan hal yang asing lagi bila wortel mampu memberikan kesehatan pada mata. Bukan hanya mampu mengatasi mata minus saja, nyatanya manfaat wortel lainnya juga mampu mencegah katarak loh KLovers. Itu karena kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel tersebut.

Selain beta karoten, wortel juga mengandung lutein yang dapat membantu mencegah terjadinya katarak atau degenerasi makula terkait faktor usia. Dimana hal ini terjadi akibat kondisi penglihatan yang secara bertahap semakin kabur, atau menghilang karena berkurangnya kadar lutein. Jadi selain memberikan kesehatan pada mata minus, mengonsumsi wortel juga mampu mengurangi seseorang terkena risiko katarak.

 

8. Menyembuhkan Luka

Manfaat wortel yang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan luka pada seseorang. Hal ini karena, kandungan beta karoten yang tinggi di dalam wortel dapat bertransformasi menjadi retinol yang dapat menyembuhkan luka. Kandungan zat inilah yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit, sehingga luka lekas sembuh dan bekas lukanya pun cepat hilang.

Selain itu kandungan beta karoten ini bermanfaat mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit. Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu menggunakan jus wortel sebagai masker di kulit kalian yang terluka atau mengalami peradangan secara rutin, dan rasakan manfaat wortel tersebut.

 

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut memang menjadi salah satu penunjang yang sangat penting dalam memberikan rasa percaya diri. Bila kesehatan mulut tidak dijaga, maka akan membuat bakteri di dalam mulut berkembang yang menimbulkan gigi berlubang, plak, hingga bau mulut.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kalian harus menjaga kesehatan mulut dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat tersebut ada wortel. Yup! Nyatanya wortel mampu menjaga kesehatan mulut dengan sangat baik loh. Hal ini karena dengan mengunyah wortel mentah, plak, karang gigi, dan bakteri dalam mulut bisa dibersihkan.

Selain itu dengan mengonsumsi wortel maka dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang, karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi. Sehingga bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut bisa teratasi dengan sangat baik karena mengonsumsi wortel.

 

10. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Bukan hal yang asing lagi bila wortel dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya yaitu mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Ketika seseorang terlalu lama terpapar sinar matahari, maka kulit akan memerah bahkan akan merasa terbakar bila sudah cukup parah.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat wortel. Hal ini lagi-lagi karena kandungan beta karoten yang terdapat dalam wortel mampu melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Dan juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari karena memiliki sifat tabir surya alami.

Caranya juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu rutin menggunakan masker wortel agar iritasi kulit akibat paparan sinar matahari mampu teratasi dengan baik. Lakukan secara perlahan, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bisa kalian bilas dengan air.

 

11. Mengencangkan Kulit

Tak hanya mengatasi kulit yang terkena iritasi saja, nyatanya manfaat wortel selanjutnya untuk kesehatan kulit juga bisa membuat kulit lebih kencang loh KLovers. Vitamin C yang terkandung dalam wortel dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh , sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios yang dilansir dari Liputan6.com, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit.

Berkat kandungan tersebut, manfaat wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen. Sehingga kulit akan tampak lebih sehat, glowing, kencang, dan mengatasi penuaan.

 

12. Memberikan Kesehatan Rambut

Dan manfaat wortel yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan pada rambut kalian. Bila kalian memiliki rambut yang rontok luar biasa, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat dari wortel KLovers. Itu karena wortel sangat kaya akan vitamin A dan beta karoten, yang dapat membantu mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu wortel juga memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu membuat rambut menjadi lebih sehat. Karena kandungan wortel tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala, yang pada nantinya dapat membantu mengurangi masalah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut normal hingga membuat rambut kalian menjadi lebih tebal.

Tidak hanya itu saja kandungan vitamin A dan vitamin E dalam wortel juga mampu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut. Kalian cukup menggunakan jus wortel untuk masker rambut alami, atau mengonsumsi wortel langsung secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 12 manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang jarang sekali diketahui oleh orang-orang. Bukan hanya menjadi makanan sehat dan memberikan nutrisi pada mata saja, nyatanya wortel juga mampu mengatasi kesehatan tubuh yang lainnya dengan sangat baik.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI