13 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Menyehatkan Tulang - Baik Dikonsumsi saat Hamil

Rabu, 27 Januari 2021 17:44 Penulis: Puput Saputro
13 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Menyehatkan Tulang - Baik Dikonsumsi saat Hamil
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mengonsumsi sayuran jadi salah satu hal yang sangat dianjurkan. Pasalnya, setiap jenis sayur mengandung nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Sayang pada kenyataannya, tak semua orang menyukai sayuran. Dari sekian banyak jenis sayur, pare jadi salah satu yang paling banyak orang tidak suka karena rasanya yang pahit. Padahal di balik rasanya yang pahit, ada segudang manfaat pare untuk kesehatan.

Sebagai jenis sayuran, pare sebenarnya terbilang cukup populer. Terbukti, sayuran berwarna hijau ini mudah sekali ditemui di pasaran. Di keseharian, pare juga sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Dengan cara pengolahan yang tepat, pare juga bisa jadi sajian yang lezat dan sehat. Kandungan nutrisi dalam pare diyakini memberi sejumlah manfaat bagi tubuh.

Lantas, apa sajakah manfaat pare untuk kesehatan? Dihimpun dari berbagai sumber, simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang jadi salah satu bagian tubuh yang punya kedudukan penting untuk menyangga tubuh. Untuk bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, kita perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Pare memiliki kandungan vitamin K yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang cukup akan membantu proses penyebaran kalsium ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kesehatan dan kepadatan tulang jadi lebih terjaga.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sudah jadi rahasia umum bahwa daya tahan tubuh yang terjaga akan membuat kita sulit terjangkit penyakit. Siapa sangka, salah manfaat pare adalah bisa menjaga daya tahan tubuh tetap terjahga. Pasalnya, pare merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Selain vitamin K, pare kaya akan vutamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

3. Berpotensi Mencegah Kanker

Manfaat pare untuk kesehatan memang tidak bisa dianggap sepele. Sifat antioksidan yang dibawa kandungan vitamin C pada pare diyakini mampu mencegah penyakit mematikan, seperti kanker. Dilansir dari merdeka.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa pare terbukti mempunyai sifat antikanker. Kandungan dalam pare berpotensi sebagai agen pembasmi kanker, khususnya untuk beberapa jenis seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

4. Mengatasi Sembelit

Siapa yang tak pernah mengalami sembelit? Hampir setiap orang pasti pernah mengalami gangguan pencernaan yang satu ini. Gangguan pencernaan ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Sembelit tidak bisa dianggap sepele, sebab jika dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan masalah baru seperti ambeien, hingga kanker perut.

Tapi jangan khawatir, ternyata sembelit bisa diatasi hanya dengan pare. Hal ini dikarenakan pare kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat yang tinggi pada pare akan membantu memperbaiki sistem pencernaan.

5. Mencegah Diabetes

Sampai saat ini diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti, lantaran bisa menyebabkan komplikasi dan sangat mematikan. Diabetes umumnya disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Untungnya, pare yang mempunyai rasa pahit disinyalir sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga, secara tidak langsung salah satu manfaat pare adalah mencegah terjadinya diabetes. Hal ini ditambah pare yang mempunyai sifat seperti insulin dalam membawa glukosa ke dalam sel untuk energi.

6. Baik Dikonsumsi saat Hamil

Manfaat pare secara khusus ternyata juga bisa dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Sebagaimana yang kita tahu, wanita hamil harus menjaga asupan makanan untuk dirinya dan janin yang dikandung. Pare jadi salah satu jenis sayur yang disarankan dikonsumsi saat hamil, karena mengandung tinggi folat. Pada masa kehamilan awal, kandungan folat dibutuhkan untuk membantu mengurangi risiko cacat syaraf pada bayi.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting. Tapi siapa sangka, ternyata wortel bukanlah satu-satunya jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Ya, pare juga mempunyai khasiat yang sama dalam hal menyehatkan mata. Pare mengandung flavonoid seperti alpa karoten, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan-kandungan inilah yang kemudian membuat pare dipercaya mampu memperlambat degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

8. Kesehatan Kulit

Siapa yang tak ingin mempunyai kulit sehat dan terawat? Setiap orang tentu menginginkannya. Sebab kulit yang terawat tidak saja tampak sehat, tapi juga semakin menambah daya tarik penampilan. Pare merupakan salah satu jenis makanan yang perlu kalian konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam pare dipercaya dapat membantu produksi kolagen. Selain itu, kandungan dalam pare juga dipercaya bisa membantu mengobati ruam hingga sengatan sinar ultraviolet. 

9. Meredakan Asma

Manfaat pare berikutnya yaitu bisa meredakan asma. Ya, siapa sangka sayuran dengan rasa pahit ini bisa meredakan serangan gangguan pernapasan akut seperti asma? Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dalam pare mempunyai sifat antihistamin, antiinflamasi, dan anti virus. Sifat-sifat ini berdampak baik terhadap kesehatan sistem pernapasan, termasuk terhindar dari gangguan asma. 

10. Membantu Mengobati Herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang tidak bisa dianggap remeh. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk dan pola hidup yang tidak sehat. Secara umum, herpes bisa disebabkan oleh virus. Tapi ternyata, pare dapat menjadi salah satu cara mencegah dan mengobati herpes. Dalam pare, terdapat komposisi fitokimia yang dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency.

11. Menurunkan Berat Badan

Punya berat badan ideal jadi keinginan banyak orang. Untuk mendapatkannya, berbagai upaya dilakukan mulai dari olahraga hingga melakukan diet. Padahal, berat badan ideal bisa didapat dengan asupan makanan yang tepat. Pare disebut-sebut sebagai salah satu jenis makanan yang diyakini dapat membantu proses penurunan berat badan.

Kandungan antioksidandalam pare, akan membantu meningkatkan sistem metabolisme dan pencernaan dalam tubuh. Dengan begitu, berat badan akan lebih cepat turun. Selain itu, pare juga dipercaya dapat mengontrol kalori dalam tubuh, dengan meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen dan mengurangi sel-sel lemak.

12. Menutrisi Rambut

Satu lagi manfaat pare yang jarang orang tahu, yaitu bisa jadi nutrisi yang baik untuk rambut. Dalam pare terkandung antioksidan, vitamin, dengan sifat antijamur dan antibakteri. Sehingga, pare dipercaya dapat memecahkan berbagai permasalahan rambut seperti  ketombe, rambut rontok, rambut kering, rambut rusak, dan sebagainya. 

13. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin K dalam pare ternyata tidak saja baik untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang dapat membantu penyebaran kalsium, ternyata juga berguna dalam proses penyembuhan luka. Vitamin K yang terpenuhi, akan membuat proses penyembuhan luka semakin cepat.

Itulah di antaranya 13 manfaat pare untuk kesehatan. Bagaimana apakah kalian tertarik mencobanya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI