12 Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Sepelekan

Kamis, 05 November 2020 11:33 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Sepelekan
Manfaat Pare (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pare merupakan salah satu tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah tropis. Tumbuhan dengan warna hijau ini memiliki rasa pahit yang luar biasa, namun nyatanya manfaat pare juga sangat banyak loh bagi tubuh. Hal ini karena kandungan dari pare begitu luar biasa, sehingga tidak heran bila manfaat pare untuk kesehatan hingga kecantikan juga luar biasa.

Meskipun pahit, pare mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik bagi kesehatan. Di dalam pare juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

Banyaknya kebaikan pare untuk tubuh, kira-kira apa saja ya manfaat pare? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kalian ketahui.

 

1. Meredakan Asma

Manfaat pare yang pertama untuk kesehatan yaitu dapat meredakan asma dengan efektif. Asma memang menjadi salah satu penyakit yang cukup membuat penderitanya menderita, karena akan merasakan sesah napas yang luar biasa bila sedang kambuh.

Tidak hanya pengobatan medis saja, nyatanya asma juga bisa diobati secara alami loh KLovers dengan menggunakan pare. Yup! Manfaat pare ini memang sangat luar biasa loh. Karena di dalam pare terdapat kandungan bersifat antihistamin, antiinflamasi, dan anti virus, yang membuat tumbuhan ijo ini menjadi makanan yang baik dalam menjaga kesehatan pernapasan.

 

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pare yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Memiliki tulang yang sehat memang menjadi hal yang penting bagi kekuatan tubuh. Tidak hanya dengan mengonsumsi susu saja, nyatanya kalian bisa kok menjaga kesehatan tulang dengan menggunakan manfaat pare.

Karena pare memiliki kandungan vitamin K yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Selain itu, vitamin K juga mampu membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya bisa menjaga kesehatan tulang saja, nyatanya pare juga mampu menjaga kesehatan mata loh KLovers. Memiliki mata yang sehat memang idaman setiap orang, karena mata sangat sensitif terhadap berbagai cahaya dan penyakit yang membuat mata akhirnya memiliki berbagai macam masalah.

Dan untuk memberikan kesehatan pada mata, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat pare KLovers. Hal ini karena pare mengandung flavonoid seperti alpa karoten, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata. Sehingga dapat meningkatkan penglihatan terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula.

 

4. Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Karena daya tahan tubuh berperan penting dalam melawan berbagi virus penyebab penyakit. Bila daya tahan tubuh lemah, maka akan lebih mudah bagi kita terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Itulah mengapa menjaga pola hidup sehat, serta mengonsumsi vitamin adalah salah satu hal yang utama dalam mendapatkan tubuh yang sehat. Namun selain vitamin kalian juga bisa kok mendapatkan daya tahan tubuh kuat dengan menggunakan pare. Hal ini karena dengan mengonsumsi 1 buah pare, maka kita telah memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Jenis antioksidan ini membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Sehingga daya tahan tubuh terbentuk, dan tubuh akan tumbuh dengan cepat.

 

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit memang menjadi salah satu hal yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Walaupun tergolong ringan, namun nyatanya sembelit dapat berbahaya loh bagi tubuh. Apalagi bila sering terjadi, karena hal ini dapat menyebabkan wasir, ambeien, hingga kanker perut.

Sebelum mengalami hal yang lebih serius, kalian bisa kok mengatasi sembelit dengan menggunakan manfaat pare. Hal ini karena pare kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan membantu pencernaan yang baik dengan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga manfaat pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

 

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi kalian penderita diabetes, bukan hal yang asing lagi bila pare menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Karena ketika seseorang menderita diabetes, maka kadar gula darah yang meningkat akan membahayakan kesehatan mereka. Sehingga kadar gula ini harus tetap terjaga normal dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang rentan untuk meningkatkan kadar gula darah.

Dan salah satu makanan yang dapat menurunkan dan membuat kadar gula darah stabil yaitu ada pare. Manfaat pare bagi penderita diabetes memang sudah sangat dipercaya efektif. Hal ini karena, pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi.

Manfaat pare ini bisa membantu menurunkan gula darah dengan baik dan efektif. Konsumsi pare dapat membantu sel-sel kamu mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu pare juga mampu mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, serta jaringan lemak.

 

7. Berpotensi Mengatasi Kanker

Manfaat pare lainnya yaitu terkait dengan kemampuan dalam melawan sel-sel kanker. Dilansir dari liputan6.com dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, pare memiliki sifat anti kanker dan berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker. Dan jenis kanker tersebut seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

Namun penelitian tersebut baru sebatas penelitian di laboratorium. Karena efek anti kanker dalam manfaat pare ini belum banyak diteliti secara klinis sehingga khasiatnya sebagai perlawan kanker pada manusia masih perlu dikaji lebih lanjut.

 

8. Membantu Mengobati HIV dan Herpes

Penyakit HIV atau herpes menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Karena penyakit ini datang dari virus yang menyerang sistem imun di dalam tubuh. Sehingga penyakit ini akan menyerang kekuatan tubuh seseorang, bahkan hingga dapat mengakibatkan kematian.

Namun ada beberapa cara mengobati dan mencegah penyakit ini loh. Yup! Kalian bisa menggunakan manfaat pare untuk mengatasi penyakit ini ya KLovers. Hal ini karena dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency.

Pare memberikan efek tambahan dalam pengobatan AIDS. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati pasien herpes simpleks virus-1 (HSV-1). Dan juga mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

 

9. Melindungi Kehamilan

Bagi ibu hamil, ternyata kalian bisa loh menggunakan manfaat pare untuk melindungi kehamilan kalian. Dengan menggunakan pare sebagai air rendaman, maka pare ini sangat baik dalam melindungi kehamilan.

Sebab, pare pahit memiliki kadar folat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan folat ini sangat diutamakan untuk para ibu hamil, apalagi saat awal-awal kehamilan. Karena kandungan folat dapat membantu mengurangi timbulnya cacat saraf pada bayi.

 

10. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal memang menjadi idaman setiap orang. Dan banyak dari para KLovers yang berlomba-lomba dalam menurunkan berat badan, agar mendapatkan berat tubuh yang diinginkan. Selain olahraga, serta pola hidup sehat, nyatanya kalian dapat menurunkan berat badan dengan bantuan makanan. Dan salah satunya yaitu dengan menggunakan manfaat pare.

Dengan mengonsumsi rebusan air pare, atau pare yang sudah dimasak, maka kalian bisa mendapatkan kandungan yang baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan dalam jumlah banyak yang ada di dalam pare, mampu meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga hal ini sangat membantu menurunkan berat badan kalian.

Selain itu, pare juga dapat mengontrol kalori dalam tubuh yang bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Tidak hanya itu saja, kandungan charantin yang tinggi pada pare mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen, yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak.

 

11. Kesehatan Kulit

Tidak hanya memberikan kesehatan pada tubuh saja, nyatanya manfaat pare yang lainnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada kulit. Itu karena di dalam pare terdapat kandungan berupa antifungi dan antibakteri yang bisa melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare juga menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

Selain itu kandungan vitamin C di dalam pare juga mampu menghilangkan radikal bebas, sehingga mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu saja, manfaat pare yang lainnya yaitu dapat mengobati jerawat, noda hitam, dan infeksi kulit.

 

12. Memberikan Nutrisi Rambut

Dan manfaat pare yang terakhir yaitu dapat memberikan nutrisi pada rambut kalian. Banyak orang yang memiliki berbagai macam masalah pada rambut. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok mengatasi banyak masalah pada rambut dengan menggunakan manfaat pare.

Hal ini karena kandungan antioksidan, vitamin, serta antijamur dan antibakteri yang dimiliki oleh pare. Dengan semua kandungan luar biasa tersebut, maka kalian menghilangkan masalah ketombe, membuat rambut lebih berkilau, hingga mengatasi rambut kering dan juga gatal.

Itulah 12 manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kalian. Walaupun memiliki rasa pahit, dan sering dihindari, nyatanya manfaat pare sangat banyak. Bukan hanya manfaat bagi kesehatan tubuh saja, namun juga kecantikan.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI