Meski Pahit, Ini 8 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Tak Terduga

Kamis, 21 Mei 2020 11:55 Penulis: Dita Tamara
Meski Pahit, Ini 8 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Tak Terduga
Pare (credit: via dream.com)


Kapanlagi Plus - Pare salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Namun, rasanya yang pahit membuat sebagian orang tidak menyukainya. Padahal ada berbagai manfaat pare yang baik untuk kesehatan dan kecantikan sang sayang sekali untuk dilewatkan.

Meskipun pahit, pare mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

Banyaknya kebaikan pare untuk tubuh, alangkah baiknya untuk mengonsumsi tumbuhan yang merambat ini. Berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kalian ketahui.

 

1. Manfaat Pare Untuk Meredakan Asma

Pare sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita asma. Hal ini lantaran pare mampu membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat tumbuhan ijo ini menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

2. Manfaat Pare Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat pare berikutnya adalah untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Hal ini disebabkan pare mengandung vitamin-vitamin yang terkandung di dalam pare dapat membantu kulit dalam pemulihan dari penyakit seperti eczema dan psoriasis. Oleh sebabnya, hal inilah yang membuat wajah nampak sehat bercahaya dan bebas dari bruntusan maupun jerawat.

3. Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tulang

Selanjutnya, apabila kalian gemar mengonsumsi pare, maka hal ini akan membantu kesehatan tulang. Mengapa demikian? Pare mengandung vitamin K yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Selain itu, vitamin K juga mampu membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

4. Manfaat Pare Untuk Daya Tahan Tubuh

Untuk memperoleh daya tahan tubuh yang kuat, ada baiknya untuk mengonsumsi pare. Hal ini lantaran pare mengandung antioksidan yang berlimpah. Selain itu, antioksidan dapat membentuk ketahanan tubuh terhadap benda asing penyebab virus. Dengan adanya antioksidan, dapat menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan dari berbagai macam penyakit.

5. Manfaat Pare Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sangat baik mengonsumsi pare untuk menurunkan kadar gula darah. Pare berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan proses dicernanya gula dalam tubuh. Pare juga dapat menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh, sehingga mampu mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang.

6. Manfaat Pare Untuk Berpotensi Mengatasi Kanker

Selanjutnya, pare dipercaya untuk mencegah penyakit kanker. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, namun pare diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, perut, dan paru-paru. Pare juga dipercaya mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

7. Manfaat Pare Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika kalian termasuk orang yang program diet, mengonsumsi pare juga bisa menjadi langkah yang tepat. Kandungan anti-oksidan dalam jumlah banyak yang ada di dalam pare, mampu meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan berat badan kalian. Selain itu, pare dapat mengontrol kalori dalam tubuh yang bisa membantu menurunkan berat badan secara alami.

8. Manfaat Pare Untuk Membantu Mengobati HIV dan Herpes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktifitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati penyakit herpes.

Itulah beberapa manfaat pare yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Jika kalian tidak menyukai rasa pahit dari pare, kalian bisa melakukan pengolahannya secara tepat dengan membersihkan pare dengan benar sebelum mengolahnya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI