15 Manfaat Kunyit yang Nggak Bisa Dianggap Remeh, Bikin Sehat dan Bahagia

Selasa, 29 Januari 2019 14:06 Penulis: Wuri Anggarini
15 Manfaat Kunyit yang Nggak Bisa Dianggap Remeh, Bikin Sehat dan Bahagia
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Di dunia masak-memasak, manfaat kunyit sebagai bumbu dapur sangat populer. Fungsinya adalah pemberi warna alami pada banyak kuliner. Mulai dari nasi tumpeng dan nasi kuning, gulai, rendang, kare, dan masih banyak lagi masakan yang membutuhkan rempah tersebut sebagai bumbu dasarnya.

Bukan cuma terkenal di arena kuliner, manfaat kunyit ternyata juga sampai ke dunia medis juga, lho. Saudara dekat si jahe ini ternyata punya banyak kegunaan positif untuk menjaga kesehatan serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Makanya, mulai sekarang kamu harus kenal dengan kunyit, si rimpang nan imut dengan warna daging kuning yang bakal jadi sahabat terbaikmu untuk memiliki hidup yang sehat dan bahagia. Yuk, intip 15 manfaat kunyit bagi kesehatan manusia.

1. Meredakan Radang Sendi

©Shutterstock©Shutterstock

Coba tanya ke ayah atau ibu yang pernah menderita radang sendi, gimana rasanya saat rasa sakit datang? Beruntung Tuhan menghadirkan si kunyit, akar tanaman dengan sejuta kegunaan. Salah satu manfaat kunyit adalah meredakan radang sendi. Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2012 silam, ditemukan bahwa kunyit ternyata punya efek lebih kuat ketimbang obat-obatan diklofenak yang biasa dipakai untuk meredakan nyeri sendi. Kalau orang tua atau kamu sendiri mengalami masalah radang sendi, nggak ada salahnya mencoba redakan gejala tersebut dengan khasiat kunyit.

2. Obat Luka

Begitu besar manfaat kunyit bagi manusia. Nggak cuma sebagai obat-obatan untuk sakit di bagian dalam tubuh, seiris kunyit juga bisa kamu gunakan sebagai obat luka karena memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Manfaat kunyit tersebuti bisa dipakai untuk membantu untuk mengatasi masalah luka biasa atau luka bakar.

3. Diabetes Tipe 2

©Shutterstock©Shutterstock

Makin hari, diabetes jadi penyakit yang menyeramkan. Dulunya cuma identik dengan penyakit usia lanjut. Tapi semakin hari, penderita berusia muda jua makin banyak. Faktor keturunan, gaya hidup yang nggak sehat, terutama karena pola makan yang buruk dan kebanyakan gula mempercepat timbulnya diabetes ini.

Tapi nggak ada penyakit yang nggak punya obatnya. Ternyata salah satu manfaat kunyit adalah memerangi diabetes, khususnya untuk diabetes tipe 2. Hal ini ditemukan dalam penelitian medis yang dilakukan oleh Auburn University, yang kemudian diterbitkan Biochemistry and Biophysical Research Communications di tahun 2009. Para peneliti menyimpulkan bahwa kunyit terbukti mampu memberikan dampak positif dalam menghadapi penyakit gula ini.

4. Sebagai Anti-Inflamasi Alami

Jangan anggap remeh kalau kamu mengalami peradangan. Ternyata dari radang biasa bisa berlanjut menjadi momok yang menakutkan buat kesehatan. Mulai dari penyakit ringan hingga berat bisa muncul sebagai akibat dari peradangan. Beberapa penyakit yang bakal bikin keder adalah jantung, kanker, alzheimer, hingga penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Manfaat kunyit adalah memiliki sifat anti inflamasi yang bisa kamu andalkan untuk menyembuhkannya, bahkan konon lebih manjur ketimbang obat kimia.

5. Pencernaan Jadi Lebih Lancar dan Sehat

Gaya hidup milenial yang kadang kurang sehat, terutama soal makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, harus buat kamu perhatian dengan kondisi kesehatan pencernaan. Meminum air kunyit hangat secara rutin ternyata bisa membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Manfaat kunyit juga dipercaya dapat membantu merangsang pelepasan empedu di dalam tubuh.

6. Redakan Asam Lambung

©Shutterstock©Shutterstock

Makin sering kamu sertakan kunyit dalam setiap masakan, makin besar pula peluang dirimu memiliki pencernaan yang sehat. Sebuah penelitian yang tertulis dalam Systematic Reviews menyebutkan bahwa orang yang gemar mengonsumsi masakan mengandung kunyit akan memiliki lambung dan usus besar yang sehat.
Sebagai catatan, nggak semua masakan yang ada di dunia ini sehat buat kamu.

Beberapa di antaranya memiliki kandungan kimia yang bisa membahayakan kesehatan lambung sekaligus mengikis dinding usus. Nah, manfaat kunyit adalah menjadi perisai lambung dengan zat yang dimilikinya. Senyawa tersebut meningkatkan produksi lendir yang akan melindungi dinding lambung.

7. Usir Begah

Manfaat kunyit untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh itu banyak sekali. Selain bikin lambung dan usus sehat, kunyit juga berguna untuk mengusir begah. Sistem pencernaan bisa bermasalah dengan tanda-tanda seperti rasa nggak enak dan buang gas yang berlebihan. Nah, senyawa pada kunyit memiliki fungsi mengurangi asam berlebih yang juga bisa bikin perut terasa kembung. Untuk mengobatinya, gunakan satu sendok bubuk kunyit dan larutkan dalam satu gelas air hangat. Minum secara rutin selama dua minggu dan rasakan khasiatnya.

8. Sang Pelindung Hati

Ini bukan judul lagu, sinetron, atau FTV karena salah satu manfaat kunyit adalah untuk menjaga kondisi organ hati supaya tetap prima. Konsumsi kunyit secara rutin membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel, sekaligus melindunginya dari kerusakan yang bisa berbuntut panjang pada kesehatan.

Kunyit juga berfungsi untuk merangsang kinerja empedu agar lebih maksimal. Rempah ini berkhasiat membuatnya tetap energik, produktif, berfungsi dengan baik, sekaligus meminimalisir pembesaran pada saluran hati.

9. Redakan Diare

©Shutterstock©Shutterstock

Diare bisa terjadi akibat virus yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan, efek alergi, atau akibat penggunaan obat. Sangat menyebalkan ketika harus berkali-kali keluar-masuk kamar mandi dengan perut yang sangat melilit.

Segera hadapi diare dengan menggunakan manfaat kunyit. Cukup minum ramuan air dan kunyit untuk meredakan sakit perut terus menerus. Zat kalium dan magnesium pada tanaman rimpang ini bakal siap membantu menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare, sekaligus menghindarkan kamu dari dehidrasi.

10. Pelihara Kesehatan Otak

Otak adalah ‘harta yang paling berharga' bagi manusia. Dari organ inilah kinerja seluruh tubuh digerakkan. Karena itu, wajib buat kamu untuk selalu menjaga kesehatan otak, apa pun caranya.

Daripada pakai cara kimiawi, mending jaga kondisi otak secara alami saja. Nah, salah satu manfaat kunyit adalah memelihara kesehatan otak. Hal ini didukung oleh banyak penelitian yang menyebutkan adanya hubungan kuat antara gangguan kognitif, seperti demensia dan alzheimer dengan adanya penurunan hormon pertumbuhan jenis tertentu. Gangguan ini disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor.

Kondisi tersebut bisa ditekan dengan zat kurkumin yang bisa kamu temukan pada kunyit. Menurut para peneliti, kurkumin memberi dampak positif pada hormon pertumbuhan tersebut sehingga menjauhkan orang dari penyakit otak, khususnya yang dikarenakan penuaan usia.

11. Sebagai Anti Alergi

©Shutterstock©Shutterstock

Kalau terserang alergi kulit, pakai manfaat kunyit putih dengan senyawa curcuminoid-nya. Kunyit putih akan bereaksi menghambat aktivitas protein yang  menyebabkan peradangan, sekaligus menahan pelepasan histamin yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh.

12. Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular

Buat petualang yang sering menjelajahi alam liar, ada banyak risiko perjalanan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah terserang gigitan ular berbisa yang bahayanya bisa merenggut nyawa. Karena itu, sedia selalu ekstrak kunyit putih yang bisa bekerja sebagai pertolongan pertama untuk menawar racun gigitan ular. Ekstraknya mampu menghambat reaksi bisa ular sambil menunggu bantuan datang. Makanya, bawa terus ekstrak kunyit di dalam tas selama menjelajah!

13. Bikin Jantung Lebih Sehat

Nggak hanya diabetes yang mulai menjangkiti generasi muda. Entah berapa banyak kaum milenial yang nggak beruntung harus berurusan dengan jantung yang bermasalah. Supaya tetap bisa mengejar impian hingga usia senja, wajib jaga kesehatan organ vital ini mulai sekarang. Caranya mudah, kok. Hanya dengan konsumsi kunyit secara rutin. Kurkumin yang dimiliki kunyit akan membantu saluran darah supaya tetap bersih, bebas pembekuan dan plak yang menempek di dinding-dindingnya.

14. Tangkal Pertumbuhan Kanker

Selain penyakit jantung, kanker juga menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan manusia. Makin hari, makin banyak penderita kanker dengan beragam jenis dan penyebabnya.

Sebelum mendengar kabar buruk bahwa kanker menggerogoti bagian dalam tubuh, mending mulai sekarang rajin-rajin konsumsi kunyit. Disebutkan bahwa manfaat kunyit memiliki kandungan basa tinggi yang memberi dampak baik pada tubuh, salah satunya adalah mencegah berkembangnya kanker.

15. Awet Muda dan Panjang Umur

©Shutterstock©Shutterstock

Siapa yang nggak pengen berusia panjang? Apalagi kalau dibarengi dengan wajah awet muda, bikin mudah dikenali teman-teman dan jadi tamu populer saat reunian.

Bagaimana cara mendapatkannya? Manfaat kunyit dengan kandungan kurkuminnya adalah menangkal dan menghambat pembengkakan dan radikal bebas. Karena punya dampak besar pada proses penuaan, bila keduanya dihambat dengan kunyit akan membuat wajah terlihat selalu segar dan bercahaya.

Kesimpulannya, semakin rutin mengonsumsi kunyit, wajah akan terasa lebih cerah dan awet muda, serta jauh dari berbagai penyakit yang membuatmu panjang umur.

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI